5 Model Jendela Kamar Samping Agar Lebih Indah dan Nyaman

  • Suriyadi Kolomarsi
  • Mar 31, 2023
model jendela kamar samping

Adanya jendela pada kamar berperan penting untuk mengatur cahaya masuk beserta aliran udara. Supaya sesuai dengan tema hunian, maka sang pemilik rumah perlu menentukan model jendela kamar samping yang tepat.

Banyak aspek yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan model jendela kamar, misalnya bahan dan ukuran. Selain itu, bentuk jendela juga perlu diperhatikan. Sebagai referensi, inilah beberapa model jendela untuk bagian samping kamar:

1. Jendela Kamar Jungkit

Tipe jendela ini mampu membuka bagian daun jendela ke atas. Bentuk jendela jungkit adalah melebar atau horizontal. Saat dibuka, jendela jungkit menyerupai kanopi yang mampu memberikan perlindungan dari hujan.

Model jendela jungkit sangat tepat bagi penghuni rumah yang menerapkan konsep minimalis. Namun, udara yang dihasilkan kurang maksimal. Sebab, bukaan ke atas mampu menghasilkan sirkulasi udara yang tidak besar.

2. Jendela Kamar Geser

Sliding window atau jendela geser mampu digerakkan ke kanan atau kiri secara horizontal. Jika digeser maksimal, maka sirkulasi udara yang terbentuk akan semakin baik. Begitu pun dengan cahaya yang masuk ke kamar.

Jika berminat memasang model jendela kamar samping ini, maka pastikan dinding kamar cukup lebar. Sebab, diperlukan pemasangan dua panel jendela. Tipe jendela kamar geser memiliki perawatan yang tergolong mudah.

3. Jendela Kamar Tingkap

Model jendela kamar ini memang lebih sering digunakan pada beberapa bagian rumah. Ini dikarenakan jendela tingkap memiliki desain dan ukuran yang berbeda-beda, sehingga lebih mudah disesuaikan dengan karakteristik kamar.

Beberapa desain jendela tingkap yang dapat dipakai untuk kamar bagian samping yaitu top hung dan side hung. Pada rumah tradisional umumnya memasang jendela tingkap berupa panel ganda dengan daun jendela dari bahan kayu.

Jendela tingkap memungkinkan penghuni kamar mendapatkan sirkulasi udara yang maksimal. Selain itu, penggunaan kaca membuat pemandangan tidak terhalang. Cocok untuk kamar yang berada di samping taman atau kolam renang.

4. Jendela Kupu Tarung

Ciri khas model jendela kamar samping ini adalah penggunaan dua daun jendela. Umumnya dibuka ke arah yang saling berlawanan, seperti pada pintu kupu tarung. Jika dibuka maksimal, maka sirkulasi udara yang diperoleh akan semakin baik.

Pembuatan jendela kamar kupu tarung berasal dari material kaca, alumunium, dan kayu. Pemasangan jendela tersebut sangat tepat bagi penghuni rumah yang menginginkan ruangan kedap suara. Susunan kaca yang rapat akan meredam suara bising dari luar.

Setiap bahan yang digunakan pada jendela kupu tarung tentu mempunyai kelebihan masing-masing. Namun, untuk jendela yang lebih kuat, anti rayap, dan tahan lama, maka bahan terbaik menggunakan alumunium.

Sementara untuk menyesuaikan dengan ukuran kamar, jendela kupu tarung terdiri dari beberapa ukuran. Ada yang bentuknya kotak minimalis, jendela kupu tarung yang lebih besar, dan ada juga jendela tanpa tiang tengah.

5. Jendela Kamar Single Hung

Model jendela ini ditandai dengan adanya dua bagian, yaitu atas dan bawah. Single hung memungkinkan untuk digeser ke atas, namun hanya bagian bawah saja yang dapat dibuka dan ditutup. Sementara bagian atas tergolong paten.

Saat jendela dibuka, maka kedua bingkai akan tumpang tindih. Ini membuat jendela tidak membutuhkan ruang tambahan sebagai ventilasi. Pemasangan jendela single hung tergolong aman dan harganya relatif murah.

Beberapa produk single hung memiliki bingkai bawah yang dapat dimiringkan, sehingga praktis saat membersihkannya. Hanya terdapat satu bingkai yang dapat digerakkan, sehingga single hung cocok bagi pemilik rumah yang ingin menghemat biaya potensial.

Memikirkan bagaimana membuat kamar terasa nyaman, salah satunya dengan memasang model jendela kamar samping yang tepat. Desain yang sesuai juga akan membuat ruangan terlihat lebih rapi dan indah, sehingga penghuni rumah betah menempatinya.

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *