Cek Kelebihan dan Kekurangan Atap Alderon yang Harus Diketahui

  • Suriyadi Kolomarsi
  • Jun 10, 2023
kekurangan atap alderon

Atap Alderon banyak dipakai untuk kebutuhan rumah, dikarenakan banyak kelebihan yang dimiliki. Salah satunya material yang kokoh, sehingga dapat bertahan lama. Meski demikian, kekurangan atap alderon patut diketahui sebelum memutuskan untuk memasangnya.

Salah satu aspek yang membuat rumah terasa nyaman adalah menentukan jenis atap yang tepat. Alderon merupakan jenis atap premium yang dapat digunakan. Berikut kelebihan dan kekurangan alderon yang perlu diketahui:

Kelebihan Atap Alderon

Tipe alderon hadir dengan beberapa jenis, sehingga pemilik rumah dapat menyesuaikan dengan budget dan tipe atap yang diinginkan. Adapun jenis atap alderon tersebut meliputi alderon RS single wall dan alderon jenis thin wall corrugated.

Ciri khas dari atap alderon mempunyai tampilan bergelombang. Jenis atap tersebut dibuat dari bahan UPVC dengan kualitas terbaik, yang membuatnya menjadi pilihan utama pada proyek pembangunan rumah. Alderon awalnya lebih sering dipakai sebagai kanopi rumah.

Saat ini banyak variasi atap rumah yang dapat ditemukan dengan mudah. Namun, tidak jarang kualitasnya justru meragukan untuk pemakaian jangka panjang. Sementara atap alderon hadir dengan bentuk gelombang unik yang cocok untuk rumah minimalis.

Penerapan alderon biasanya dipakai pada penutup garasi rumah atau kanopi rooftop. Sebab, material alderon mampu menahan suhu ekstrem dari hujan dan panas tanpa adanya kerusakan. Berikut kelebihan pemasangan atap alderon yang perlu disimak:

  • Struktur dinding unik dengan rongga padat, membuat atap alderon lebih kuat dan kokoh.
  • Tidak bisa berkarat atau luntur, sebab atap alderon tahan terhadap lingkungan ekstrim.
  • Mampu meredam panas dengan sangat efektif karena adanya lapisan insulasi di bagian bawah metal.
  • Dibuat dari bahan UPVC yang ramah lingkungan dan mudah dibentuk.
  • Bersifat non-combustible yang berarti tidak mudah tersulut api.
  • Meredam suara dari luar, terutama saat hujan deras.
  • Perawatan yang murah, di mana atap bisa dibersihkan hanya dengan menyemprotkan air saja.

Saat pemasangan atap alderon, material ini sangat mudah dipotong. Bahkan tidak membutuhkan alat khusus untuk memotongnya sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Tukang dapat mengaturnya hanya dengan menggunakan gergaji saja.

Kekurangan Atap Alderon

Selain kelebihan yang dimiliki, penggunaan atap alderon juga mempunyai beberapa kelemahan. Untuk itu, pemilik rumah bisa mempertimbangkannya terlebih dahulu agar tidak salah menentukan jenis atap rumah. Berikut kekurangan atap alderon yang perlu diketahui:

1. Harga Jual Cenderung Mahal

Meski ada banyak kelebihannya, harga atap alderon relatif lebih mahal dibandingkan jenis atap pada umumnya. Tingginya harga tersebut dikarenakan kualitas material yang baik dan kokoh, sehingga tidak mudah rusak. Wajar, apabila harga yang ditawarkan sebanding.

Saat ini sudah banyak rumah yang memakai atap alderon sebagai pilihan utama. Daripada memilih atap yang harganya murah, namun kualitasnya masih diragukan. Adapun harga atap alderon per meter, dimulai dari Rp50 ribu sampai Rp 200 ribu.

2. Warna Atap yang Kurang Variatif

Alderon tidak terlalu banyak menampilkan pilihan warna, sehingga terkesan sedikit monoton. Jika memutuskan untuk menggunakan atap alderon, pemilik rumah hanya dapat memilih beberapa warna saja dan terbatas. Berikut pilihan warna atap alderon tersebut:

  • Putih translucent
  • Biru translucent
  • Putih opaque
  • Biru matt/doff
  • Putih matt/doff
  • Abu-abu terang
  • Biru muda

Jenis warna matt dan transluent pada atap alderon termasuk warna solid yang tidak tembus cahaya. Penggunaan warna atap tersebut hanya cocok dipadukan bagi pemilik rumah yang menginginkan kesan terang pada rumah.

Saat menentukan pilihan warna atap alderon, maka pemilik rumah harus pandai menyesuaikan warna cat tembok. Ini perlu dipertimbangkan agar tidak bertabrakan, sehingga menampilkan kesan norak. Itulah sebabnya, warna paling aman adalah warna-warna netral.

Itulah penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan atap alderon yang dapat diketahui lebih awal. Meski ada beberapa kekurangannya, tidak dapat dipungkiri jika jenis atap tersebut memang mempunyai banyak kelebihan. Silahkan pertimbangkan berbagai aspek sebelum menggunakannya.

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *