Model Ruangan Keluarga Minimalis, Keren dan Fungsional

  • Suriyadi Kolomarsi
  • Aug 27, 2023
model ruangan keluarga minimalis

Berkumpul bersama keluarga merupakan esensi dan fungsi sebuah rumah. Model ruangan keluarga minimalis misalnya, sedang menjadi perbincangan hangat khususnya di kawula muda. Desain minimalis tidak pernah salah, terlebih dikombinasikan dengan gaya tertentu.

1. Ruangan Penuh Koleksi Buku

https://cdn-cms.pgimgs.com/static/2019/07/3.3-Ruang-Keluarga-Penuh-Koleksi-Buku.jpg

Meski era digital menguasai, bagi sebagian orang sensai membuka lembaran kertas tidak akan tergantikan. Bagi pecinta buku yang memiliki rumah minimalis, interior buku bisa diterapkan sebagai interior utama di ruangan tersebut.

Seperti rak buku dimana display buku terlihat jelas dan membuat perasaan lebih nyaman. Ruang keluarga akan terlihat layaknya perpustakaan di rumah sendiri. Menikmati waktu santai sambil menambah sudut pandang baru sangat mengasyikkan.

Bila perlu, bisa ditambahkan benda-benda sesuai selera seperti tanaman hias, bantal, sofa, dan lainnya. Gunakan warna tembok bernuansa pastel sehingga tidak terlalu mencolok namun tetap nyaman dan natural. Pastikan juga pencahayaannya mencukupi untuk membaca.

2. Gaya Vintage

https://cdn-cms.pgimgs.com/static/2019/07/3.5-Gaya-Vintage.jpg

Model ruangan keluarga minimalis juga bisa dipasangkan dengan nuansa etnik. Menghadirkan budaya tertentu untuk ditonjolkan di rumah membawa kesan tersendiri yang khas. Bisa dengan memakai meja antik disandingkan bersama kursi rotan atau kombinasi lainnya.

Tergantung dengan nuansa daerah apa yang ingin ditampilkan. Contohnya dokerasi khas dari daerah tertentu misalnya keris, wayang kulit, sasando rote, dan sebagainya. Waktu bersama keluarga akan terasa sangat etnik dan nyaman untuk sekadar melamun sendirian.

3. Nuansa Scandinavian

https://cdn-cms.pgimgs.com/static/2019/07/Ruang-Keluarga-5.jpg

Rekomendasi berikutnya yang lebih kekinian namun tetap sederhana adalah Scandinavian. Prinsipnya mengedepankan elemen alami sekaligus fungsionalitas. Warna yang identik dalam model Scandinavian adalah putih, menampilkan kesan luas dan bersih.

Skema warna Scandinavian biasanya hitam, putih, serta abu-abu. Untuk perabotnya memakai bahan kayu alami sebagai poin utama yang menekankan kesan alami. Begitu juga penambahan tanaman hijau dalam ruangan yang dapat meningkatkan estetika.

4. Ruangan Tekno

https://cdn-cms.pgimgs.com/static/2019/12/8-Tekno-e1613527112243.jpg

Pecinta teknologi terkini namun ingin tetap minimalis? Gunakan model ruangan keluarga minimalis tekno ini. Konsep ini mulai populer di tahun 2022 sebab menampilkan konsep kreatif dan futuristik.

Dekorasi ruang keluarga ini memakai bahan kaca, besi, atau plastik. Materialnya saling melengkapi. Mulai dari lampu model futuristik, meja hitam dove, hingga tambahan alat elektronik lainnya dengan warna yang senada.

5. Ruangan Galeri

https://cdn-cms.pgimgs.com/static/2019/07/Ruang-Keluarga-8.jpg

Menyukai benda-benda seni seperti foto, benda antik, lukisan, dan sebagainya? Bisa menggunakan model ruangan keluarga minimalis yang disusun layaknya galeri seni. Ruang keluarga dijadikan tempat yang mengutamakan keindahan karya seninya.

DindingĀ  dihias dengan berbagai item misalnya gambar favorit, foto, lukisan, kartu pos, cinderamata, dan sebagainya. Fokus utamanya adalah meletakkan berbagai benda dengan mengacu pada konsep sehingga nampak selaras.

6. Konsep Loft

https://cdn-cms.pgimgs.com/static/2019/07/3.7-Ruang-Keluarga-Konsep-Loft.jpg

Popularitas konsep ini sangat meningkat pada 2022 lalu. Konsep ini memang sudah ramai sebelum industrial, dan sering digunakan di apartemen premium. Meski begitu, hunian minimalis juga cocok menggunakan model ini.

Karakteristik utamanya adalah plafon tinggi, dominasi pemakaian bahan batu serta bata, dan menampilkan kesan luas. Untuk dinding biasanya memakai beton dan memakai warna-warna bumi seperti coklat, krem, putih.

7. Ruang Keluarga Sekaligus Tempat Kerja

https://cdn-cms.pgimgs.com/static/2019/07/11.-Desain-Ruang-Keluarga-Menyatu-dengan-Tempat-Kerja.jpg

Memiliki rumah dengan ukuran yang terbatas sehingga pengaturan ruangan cukup sulit? Ide yang dapat diterapkan adalah menggabungkan ruang keluarga bersama space untuk kerja seperti meja komputer, kursi, printer, dan sebagainya.

Desain menyatu ini bisa dibedakan dengan bantuan motif lantai atau karpet yang berbeda. Sehingga ketika berada di space untuk bekerja, bisa menimbulkan suasana yang akrab dengan bidang pekerjaan. Jika waktunya berkumpul bersama, barulah pindah ke space lainnya.

Itulah berbagai model ruangan keluarga minimalis yang dapat menjawab kebutuhan pemilik rumah. Ada banyak kreasi yang bisa dilakukan dengan nuansa minimalis, sehingga memiliki karakteristik masing-masing.

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *