Daftar Rumah Joglo Modern Sederhana dengan Beragam Konsep

  • Suriyadi Kolomarsi
  • Aug 24, 2023
rumah joglo modern sederhana

Tidak sedikit orang yang menyukai gaya rumah joglo modern sederhana, karena mempunyai kesan tersendiri bagi orang tersebut. Yang mana rumah joglo merupakan rumah adat yang khas bangunan Jawa, dengan mayoritas material yang dipakai adalah kayu.

Sementara itu bagian atasnya biasanya memakai genteng dari bahan tanah liat. Hingga saat ini keberadaan dari rumah joglo masih digemari, meskipun ada di beberapa bagian yang mengalami modifikasi. Berikut inspirasi rumah joglo dengan konsep modern:

1. Rumah Joglo Modern Sederhana dengan Aksen Batu Alam

Dari segi tampilan yang disuguhkan jenis rumah joglo modern sederhana satu ini cukup estetik dengan mengedepankan kesan seimbang. Dimana bentuk yang ditampilkan pada bagian atap yang dipakai masih khas rumah joglo karena sebagai focal point.

Penampilan yang diperlihatkan semakin mempunyai kesan seimbang dengan tambahan adanya batu alam yang diposisikan pada bagian dindingnya. Rumah Joglo ini, semakin menarik dengan tambahan taman bergaya minimalis yang mampu menambah kesan asri dan alami.

2. Rumah Joglo Modern Sederhana Minimalis

Untuk bangunan rumah joglo dengan konsep minimalis ini menggunakan atap yang masih khas dengan rumah tradisional. Akan tetapi yang membedakan rumah ini dengan rumah joglo secara umum, yaitu bagian tubuh dari rumah yang telah menggunakan gaya minimalis.

Bentuk bangunan rumah ini masih memakai material kayu, namun hampir tidak terdapat pelengkap ornamen rumit sehingga kesan sederhana begitu terpancar. Meskipun begitu, rumah joglo ini mempunyai bukaan kaca yang berjumlah banyak serta berukuran besar.

Entah itu bukan dalam bentuk pintu maupun dalam bentuk jendela. Keberadaan dari bukaan tersebut bisa membuat sirkulasi udara yang ada bertambah lancar. Jika diperlukan untuk menjaga privasi, mungkin bisa ditambah gorden di sejumlah bagian.

3. Rumah Joglo Modern Sederhana Oriental

Pilihan bangunan rumah joglo satu ini memang mengadopsi arsitektur khas oriental. Hal ini bisa dilihat dari bagian depan rumah yang dilengkapi dengan susunan kayu. Dimana yang kebanyakan rumah joglo yang masih tradisional hanya memakai budaya lokal saja.

Selain itu, bangunan rumah joglo oriental ini semakin menarik dengan adanya tambahan dinding yang terbuat dari aksen batu alam. Selain itu, nantinya juga ada tambahan berupa taman kecil di bagian depan rumah yang semakin mempercantik tampilan rumah.

4. Rumah Joglo Modern Sederhana dengan Atap Putih

Secara umum, rumah joglo yang masih otentik memang menggunakan atap yang berwarna coklat dari tanah liat. Oleh sebab itu, untuk memberikan kesan baru pada rumah joglo yang dibuat bisa memakai atap dengan warna putih.

Begitu juga dengan bagian dinding rumah joglo yang juga menggunakan cat yang mayoritas berwarna putih. Dengan begitu, orang yang baru pertama kali memasuki rumah ini akan terkesan unik apalagi bingkai jendela serta daun pintu warnanya hijau tosca.

5. Rumah Joglo Modern Sederhana Dengan Konsep Open Roof

Ketika dipandang pada bagian atapnya memang rumah ini masih mengedepankan konsep rumah joglo. Namun jika dilihat dari keseluruhan rumah ini, sudah memperoleh cukup banyak modifikasi.

Contohnya seperti pemakaian kaca fiber di bagian atasnya yang ternyata dikombinasi dengan bahan kayu. Dari segi bangunan, rumah ini juga cukup menarik karena telah mengusung konsep kekinian, contohnya seperti pemakaian roster beton, taman minimalis dan lainnya.

Demikian sekilas penjabaran dari inspirasi rumah joglo modern sederhana dengan beragam konsep. Dari ulasan di atas diketahui bahwa rumah joglo saat ini ada yang dilakukan modifikasi. Sehingga mempunyai kesan kekinian dan modern dengan tambahan beberapa aksen menarik.

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *