Simak Cara Membuat Cor Dak Teras Untuk Rumah Minimalis

  • Suriyadi Kolomarsi
  • Aug 11, 2023
cara membuat cor dak teras

Cara membuat cor dak teras terbagi menjadi beberapa bagian. Dak merupakan ruang pembatas yang memisahkan dua fungsi ruang baik teras lantai atas maupun bawah.

Dak bukan hanya difungsikan sebagai pemisah lantai. Fungsi lainnya yang juga bisa dimanfaatkan adalah sebagai kanopi hingga area garasi.

Karena memiliki banyak fungsi, maka rumah yang memakai dak cor akan lebih kokoh dan bernilai tinggi. Oleh karena itu, bagi yang ingin membuatnya perlu memperhatikan cara pembuatannya yang diulas sebagai berikut:

Membuat Perhitungan dan Persiapan Material

Langkah pertama yang perlu diperhatikan pada cara membuat cor dak teras adalah perhitungan materialnya. Tidak mudah mengkalkulasi perlengkapan yang dibutuhkan karena tergantung dari luas rumah.

Bagi yang ingin memakai dak cor pada rumah terkhusus jenis minimalis. Penting untuk mengukur terlebih dahulu rumah yang ditinggali.

Hitung dimensi ruangan yang akan dicor lalu kalkulasi hingga akurat. Kalkulasi komposisi bahan bangunan yang akan digunakan.

Dak beton membutuhkan beberapa campuran bahan baku seperti semen, air, kerikil hingga beton. Komponen-komponen tersebut dibutuhkan untuk memperkokoh bangunan yang akan di dak cor.

Siapkan juga betonmix yang akan berfungsi memperkuat pondasi bangunan. Semakin baik kualitas yang dipakai maka hasil dak cor akan semakin maksimal.

Betonmix tentu saja bisa dihitung berdasar kapasitas semen yang dipakai. Umumnya disaat menggunakan betonmix hanya dihitung dari 1% berat semen.

Seperti contoh ketika diputuskan menggunakan 200 kg semen maka hanya memerlukan beton mix 2 kg saja. Hal ini tentunya cukup hemat dan tidak mengeluarkan banyak biaya. 

Proses Pengadukan Bahan Dasar Dak Cor Teras

Penggunaan dak cor juga perlu memahami prosesnya. Proses pengadukan bahan dasar dak cor teras dapat dilakukan secara manual.

Namun, jika ingin lebih praktis maka bisa saja memakai bantuan molen. Alat ini bisa mengaduk semen atau bahan lainnya menjadi satu dan cepat.

Hasilnya juga terbukti lebih bagus daripada menggunakan cara manual. Hasil adukan digunakan sesuai prosedur terkhusus adukan harus merata.

Adukan yang merata akan membuat dak cor rumah menjadi lebih berkualitas. Oleh karena itu, sangat penting untuk terus fokus dan mengamati proses pengadukan agar hasil sesuai rencana.

Untuk proses pengadukannya memiliki 2 cara yang berbeda. Berikut adalah ilustrasi dari proses pengadukannya antara lain:

1. Pengadukan Manual

Proses pengadukan yang pertama bisa menggunakan cara manual. Langkah ini bisa dilakukan sebagai berikut:

  • Siapkan betonmix dengan kapasitas 1 kg untuk semen dengan total 2-8 sak.
  • Campurkan betonmix menggunakan air dengan kadar 10 hingga 30 persen dari kebutuhan normal.
  • Siapkan pasir, semen hingga kerikil dan campurkan jadi satu. 
  • Tambahkan betonmix kedalam campuran bahan baku tersebut dan aduklah hingga rata.

2. Ready Mix

Cara kedua adalah dengan menggunakan ready mix. Adapun bahan-bahan yang harus dipersiapkan antara lain:

  • Pilihlah beton yang berkualitas dan siapkan slump dengan ukuran sekecil mungkin.
  • Apabila pengecoran sudah siap, maka masukkan campuran betonmix dengan kadar 1% dari semen.
  • Masukkan terlebih dahulu campuran betonmix tersebut ½ dari kapasitas yang ditentukan. 
  • Aduk campuran tersebut menggunakan molen selama 5 menit. 
  • Amati terus daya aliran dari beton tersebut.
  • Tambahkan sisa dari betonmix lalu aduk hingga terlihat plastis namun tidak sampai bleeding.

Proses Pengecoran

Langkah terakhir adalah proses pengecoran. Sebelum mengecor rumah, maka pakailah elemen pendukung seperti balok, kolom hingga bekisting. 

Perhatikan juga tingkat ketebalan cor karena berkaitan dengan gaya tekan. Tuang adukan beton yang sudah disiapkan tadi dan selesaikan dalam kurun waktu kurang dari 1 jam.

Cara membuat cor dak teras bisa dikatakan cukup praktis. Penting sebelum mengecor rumah untuk mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dulu.

Pastikan menggunakan jasa bangunan yang sudah terampil. Tujuannya adalah agar pemilik rumah mendapatkan hasil berkualitas dan sesuai dengan yang diinginkan.

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *