Intip 5 Dekorasi Ruang Tamu Sederhana Tapi Menarik Untuk Ditiru

  • Suriyadi Kolomarsi
  • Mar 30, 2023
dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik

Banyak yang beranggapan bila ruang tamu sederhana kurang berkelas, sehingga menambahkan berbagai perabot yang justru kurang tertata. Padahal banyak ide dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik untuk diterapkan di rumah.

Kembali lagi, semua memang tergantung dari selera sang penghuni rumah. Namun, melalui tampilan ruang tamu yang simpel nyatanya justru sedap dipandang. Berikut beberapa inspirasi dekorasi ruang tamu sederhana yang dapat ditiru:

1. Ruang Tamu Dengan Kursi Bambu

Di daerah pedesaan, sangat umum menjumpai perabot yang berbahan dari bambu. Salah satunya dinding anyaman bambu yang terkesan sederhana. Dengan penataan yang tepat, maka ruang tamu terlihat unik dan menarik.

Ide dekorasi sederhana yang bisa ditiru adalah penggunaan perabot berupa sofa dari bambu atau rotan. Konsep ini memang terkesan berlawanan. Sofa identik dengan tempat duduk empuk dan terkesan modern.

Sementara material bambu atau rotan membuat ruangan terkesan klasik. Dekorasi ruang tamu yang berbeda justru menciptakan harmoni yang indah. Tamu pun akan merasakan pengalaman baru singgah ke rumah tersebut.

2. Ruang Tamu Ala Vintage

Untuk menghasilkan nuansa vintage, maka dalam hal ini lebih ditekankan penggunaan furniture dengan style jadul. Meski demikian, penghuni rumah tidak perlu khawatir akan ketinggalan zaman. Sebab, ruang tamu ala vintage tetap menarik.

Untuk menghasilkan dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik, maka perabot dapat diwarnai ulang. Bisa juga dengan memilih bantalan kursi berwarna cerah, sehingga terlihat kontras. Contohnya bantalan biru yang membuat ruang tamu tampak dinamis.

Dekorasi vintage dapat diperoleh dengan mengeksplorasi benda-benda memorial sebagai hiasan. Misalnya meletakkan kursi lama bersebelahan dengan kursi baru. Tambahkan juga pajangan foto keluarga sebagai hiasan dinding.

Pemilihan warna juga sangat berpengaruh dalam menghadirkan suasana vintage. Warna seperti krem dapat memperkuat kesan vintage jika dikombinasikan dengan furnitur kayu. Krem juga membuat tampilan ruang tamu teras modern.

3. Ruang Tamu Minimalis Dengan Kursi Jati

Penggunaan kursi jati dalam ruang tamu memang tergolong lebih awet dan tahan rayap. Ini menjadi poin lebih jika penghuni rumah menggunakan dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik melalui pemilihan kursi jati.

Setelah itu, untuk dekorasi dinding dapat menggunakan tanaman hias agar suasana lebih hidup. Warna daun yang hijau tersebut sangat cocok saat bertemu dengan kursi jati yang coklat. Ruang tamu minimalis menjadi tampak alami saat dipandang.

Kekurangannya, tanaman hias memerlukan waktu perawatan yang tidak semua orang memahaminya. Jika tidak mau repot, menggunakan tanaman plastik yang tidak memerlukan perawatan dan menyiram yang sulit.

4. Ruang Tamu Serba Coklat

Konsep sederhana dapat ditampilkan dengan memilih warna-warna yang tidak mencolok, salah satunya cokelat. Namun, sebagian orang mungkin merasa dekorasi ini cukup membosankan jika hanya berpusat pada satu warna.

Jika yang terjadi demikian, maka cara mengatasinya yaitu dengan mengecat dinding dengan warna netral. Penghuni rumah bisa memilih warna-warna yang solid. Agar sesuai, sebaiknya perhatikan lagi beberapa perkakas yang dimiliki.

5. Ruang Tamu Dengan Lukisan Dinding

Penggunaan lukisan dinding memang sudah begitu familiar untuk dekorasi ruang tamu. Ini salah satu objek yang bisa dipajang jika penghuni rumah berniat menampilkan karya seni pada ruang tamu sederhana.

Banyak cara untuk memperlihatkan nilai seni pada lukisan, salah satunya dengan mengatur tata letak. Selain menggunakan layouting rapi, cobalah sesekali mengaturnya sedikit chaotic harmony.

Penataan tersebut menghasilkan kesan unik dan estetik. Memajang lukisan abstrak tidak masalah, supaya pengunjung mengingat pengalaman saat bertamu. Selain itu, bisa juga dengan memasang lukisan buatan sendiri.

Menghasilkan dekorasi menarik tidak selalu memerlukan biaya yang mahal. Lewat ide dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik di atas, pembaca dapat mengoperasikannya di rumah. Apalagi suasana nyaman tidak selalu diperoleh dengan membeli perkakas baru.

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *