Begini Cara Pasang Atap Bitumen untuk Rumah Lebih Elegan dan Aman

  • Suriyadi Kolomarsi
  • Aug 26, 2023
pasang atap bitumen

Tidak sedikit pada akhirnya yang pasang atap bitumen untuk dijadikan atap rumah. Jenis atap ini memang memiliki kualitas yang bagus untuk melindungi rumah dari cuaca hujan maupun panas.

Desainnya yang tampak elegan dan unik juga membuat atap ini cukup banyak disukai. Apalagi untuk rumah-rumah modern masa kini. Namun, apa sebenarnya atap bitumen itu serta bagaimana cara pemasangannya? Berikut ulasannya:

Sekilas Tentang Atap Bitumen

Jenis atap memang cukup banyak dan bisa dijadikan pilihan sesuai dengan kebutuhan atau bahkan hanya sekedar dipilih berdasar preferensi desain. Hal ini menjadi satu hal umum yang biasa ditentukan dalam proses pembangunan suatu rumah.

Apalagi di era modern yang rasanya semakin banyak opsi seperti halnya atap bitumen. Namun, bila ingin diteliti lebih dalam sebenarnya atap bitumen sendiri merupakan jenis atap yang sudah digunakan sejak lama.

Bahkan atap ini sudah digunakan sejak tahun 1900 an awal sebagai pilihan atap rumah yang elegan dan tentunya memiliki kualitas yang baik. Hal ini karena pada dasarnya atap bitumen merupakan jenis atap yang dibuat dari bahan aspal.

Adanya campuran fiberglass serta bahan lainnya membuat atap jenis ini memiliki kualitas yang bagus untuk melindungi atas rumah. Jenis atap inipun memiliki beberapa pilihan yang bisa dijadikan opsi.

Desainnya yang timeless juga membuat atap ini menjadi pilihan untuk dijadikan atap rumah-rumah modern. Atap bitumen sendiri cenderung memiliki desain yang rapi sehingga pada saat dipasang pun juga akan tampak rapi dan elegan.

Bagaimana Cara Memasang Atap Bitumen?

Menilik dari penjelasan singkat diatas dapat disimpulkan bahwasannya atap bitumen merupakan atap dari aspal yang memiliki kualitas baik. Campuran fiberglass yang digunakan juga memberikan kualitas terbaik pada atap ini.

Tidak heran bila pada akhirnya informasi terkait cara pasang atap bitumen pun sekarang semakin banyak dicari tahu. Supaya bisa mengetahui bagaimana prosedurnya, maka mari simak ulasan berikut:

1. Persiapan Alat

Hal awal yang perlu dilakukan supaya bisa memasang atap bitumen ini tentu adalah mempersiapkan peralatannya terlebih dahulu. Nantinya akan ada beberapa alat yang dibutuhkan supaya atap bisa dipasang.

Tentunya alat ini juga menjadi bagian kelengkapan peralatan keselamatan supaya pada saat dipasang pun juga aman. Lalu, apa saja peralatannya? Mari simak 4 poin utamanya dibawah:

  • Meteran.
  • Cutter serta gunting.
  • Palu.
  • Gergaji.

2. Cara Pemasangan Atap Bitumen

Apabila sebelumnya telah mengetahui apa saja alat yang dibutuhkan untuk dapat memasang atap bitumen, maka mengetahui cara pemasangannya tentu juga penting. Pada proses pemasangan atap inipun nantinya harus dilakukan dengan hati-hati dan tepat.

Hal ini perlu supaya nantinya atap pun bisa dipasang dengan benar pada atap rumah sehingga bisa melindungi rumah dari hujan juga panas. Namun, agaimana cara pemasangan atap ini? Simak langkah nya dibawah:

  • Langkah awal yang perlu dilakukan adalah memasang seng terlebih dahulu sebagai rangka untuk pemasangan atap bitumen.
  • Tahap berikutnya adalah melapisi seng dengan fiber semen maupun menggunakan kayu triplek.
  • Gunakan flashing sebagai pelindung dari rembesan air supaya nantinya kayu pun bisa lebih awet.
  • Gunakan bahan pelapis anti bocor pada lapisan berikutnya.

Apabila keempat prosedur ini sudah dilakukan, maka barulah atap bitumen dapat dipasang dengan memulainya pada bagian bawah. Nantinya jurai bagian dalam pun juga bisa sekalian dipasang atap bitumen supaya lebih kuat.

Itulah tadi cara pasang atap bitumen yang sebenarnya bisa dilakukan dengan cepat. Namun, tentu untuk bisa memasang atap bitumen ini pun nantinya harus dilakukan oleh ahlinya supaya pemasangan dapat dilakukan dengan aman dan tentunya atap pun aman digunakan tahunan.

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *