4 Cara Pasang Keramik Lantai yang Sudah Diplester Agar Lebih Rapi dan Tidak Lembab

  • Suriyadi Kolomarsi
  • Jan 18, 2023
cara pasang keramik lantai yang sudah diplester

Memiliki rumah yang ingin diperbaiki dengan cara pasang keramik lantai yang sudah diplester menjadi tantangan tersendiri. Karena dikhawatirkan keramik tidak akan menempel dengan baik, padahal plester sudah terlanjur dibuat dan jika dibongkar ada biaya lebih.

Pada lantai yang sudah diplester bukan tidak mungkin dipasangi keramik, karena justru semakin mudah karena areanya sudah datar. Cukup dengan dilubangi beberapa sisi saja untuk menanamkan semen agar keramik semakin kuat terpasang dan tidak bergeser.

Tahapan Persiapan Pemasangan Keramik

Lakukan persiapan untuk memulai sesuatu termasuk dengan memasang keramik lantai ini, persiapan ini untuk memudahkan saat membuat adonan perekat. Bahan-bahan penting lainnya seperti keramik juga harus disiapkan dulu di tempat yang dekat agar mudah dijangkau.

Hal tersebut dilakukan agar proses pengerjaan atau pemasangan keramik lantai bisa berjalan lancar tanpa mengalami hambatan. Bahkan selain mudah dijangkau, juga untuk menghemat tenaga dan waktu untuk mengambilnya.

Cara Pasang Keramik Lantai yang Sudah Diplester

Dalam memasang keramik perlu perhitungan untuk menganalisis berapa banyak keramik yang dibutuhkan seluas area lantai. Pastinya ini berkaitan dengan biaya yang akan dikeluarkan, sehingga langkah berikut harus dipahami dengan benar agar tidak terjadi pembengkakan biaya:

1. Melakukan Pengukuran pada Area Lantai

Ketika persiapan bahan-bahan sudah dilakukan selanjutnya dapat dilakukan pengukuran area lantai yang akan ditutup dengan keramik. Pengukuran ini harus tepat karena satu kesalahan berakibat domino bagi pemasangan keramik lainnya, maka dapat dilakukan cara sebagai berikut:

  • Ukur luas area yang akan diberi keramik dengan menggunakan meteran.
  • Kemudian, gunakan pensil untuk memberi tanda.
  • Lalu, bentangkan tali sesuai bekas tanda pensil yang sudah digoreskan.

2. Melakukan Simulasi untuk Pemasangan Keramik

Selesai pengukuran cara pasang keramik lantai yang sudah diplester yang selanjutnya adalah dengan simulasi pemasangan keramik. Karena sifatnya simulasi, maka jangan oleskan dahulu semen di bawahnya. Cukup diletakkan saja, kemudian lakukan pemasangan dengan cara berikut:

  • Letakkan beberapa keramik pada ujung-ujung area di sekeliling area lantai namun hanya bagian pinggir saja.
  • Lalu, berikan jarak di antara tiap keramik.
  • Kemudian pasang kembali tali dan tarik lurus secara horizontal atau vertical.
  • Dari sini akan terlihat seberapa banyak keramik dibutuhkan, namun untuk berjaga-jaga siapkan keramik lebih banyak untuk cadangan jika terjadi kerusakan.

3. Melakukan Perendaman pada Kepingan Keramik

Perendaman keramik perlu dilakukan sebelum ditempelkan pada lantai agar air menyerap pada pori-pori keramik secara baik. Perendaman ini berfungsi memudahkan pemasangan serta membuat keramik lentur dan bersih. Dengan begitu, keramik tidak mudah lepas dengan cara:

  • Siapkan ember yang lebih besar dari ukuran keramik.
  • Lalu tuangkan air secukupnya sampai keramik terendam.
  • Kemudian, masukkan satu atau 2 keramik untuk direndam beberapa waktu.
  • Tidak perlu terlalu lama, asalkan sudah terlihat basah angkat keramik.
  • Setelah itu, ulangi kembali proses ini sampai semua keramik sudah direndam.

4. Melakukan Pemasangan Keramik Sesuai Garis Bantu

Selanjutnya dapat dilakukan pemasangan keramik sesaat setelah perendaman, namun sebelumnya harus sudah disiapkan adonan semen terlebih dahulu. Adonan semen terdiri dari semen, pasir, air lalu dicampur menyesuaikan kebutuhan. Kemudian langkah pemasangannya dapat disimak sebagai berikut:

  • Oleskan semen terlebih dahulu pada daerah yang telah diukur yaitu seukuran keramik dengan melebihkan sedikit di sisi-sisinya.
  • Lalu, tempelkan keramik di atas olesan semen tersebut dengan sedikit ditekan agar semen menancap kuat.
  • Kemudian, diteruskan dengan mengulangi proses sebelumnya sampai semua area tertutup keramik dengan mengikuti garis dari tali yang telah dibuat sebelumnya.
  • Selanjutnya, pada sisi-sisi kecil yang tidak seukuran keramik, dapat menggunakan keramik yang telah dipotong menyesuaikan ukuran.
  • Setelah semua keramik terpasang diamkan beberapa waktu hingga semen mengering.
  • Kemudian, oleskan nat pada sela-sela keramik dengan nat keramik.
  • Lalu, tunggu kembali nat mengering dengan sempurna.

Demikian cara pasang keramik lantai yang sudah diplester untuk mempercantik tampilan dan mengurangi kadar kelembapan di dalam rumah. Proses ini dapat dilakukan sendiri tanpa tukang professional, namun membutuhkan ketelitian dan kesabaran, karena jadi lebih lama.

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *