Begini Cara Menghitung Keramik Lantai 40×40, Tidak Ribet Sama Sekali!

  • Suriyadi Kolomarsi
  • Jan 17, 2023
cara menghitung keramik lantai 40x40

Keramik merupakan bahan bangunan yang memiliki berbagai ukuran, dan salah satu ukuran besarnya adalah keramik 40×40. Cara menghitung keramik lantai 40×40 tentu penting dipahami agar jumlah keramik yang diperlukan diketahui.

Alasan banyak orang menggunakan keramik untuk bangunannya adalah karena harganya yang relatif murah. Material ini dilapisi oleh suatu cairan yang dinamakan glazur yang membuat permukaannya terlihat mengkilap namun mudah dibersihkan.

Mengetahui Isi Satu Dus Keramik Ukuran 40×40

Agar dapat memahami cara menghitung keramik lantai 40×40, sebelumnya perlu diketahui berapa jumlah keramik setiap dusnya. Pada umumnya dalam 1 dus keramik yang dijual di toko isinya adalah 6 keping keramik.

Dimana 1 buah keramik tersebut luas permukaannya yaitu 1.600 cm persegi atau dalam ukuran meter persegi adalah 0.16. Apabila 1 keramik bisa menutup 0,16 meter persegi maka setiap 1 dusnya adalah 1 meter luasan lantai atau dinding.

Mendapatkan keramik yang tepat dan terbaik sebenarnya tidaklah sulit, pemilik bangunan hanya perlu mempraktekkan tipsnya saja. Tips dalam memilih material keramik ini juga bisa diterapkan pada semua jenis dan ukuran keramik.

  • Pilihlah keramik yang bahan dasarnya tahan lama dan tidak gampang pecah terutama pada proses pemasangannya.
  • Pertimbangkan terlebih dahulu anggaran yang dapat dipenuhi ketika memilih jenis lantai keramik.
  • Pilihlah keramik yang menawarkan garansi.
  • Sesuaikan warna dan juga motif yang sekiranya cocok dengan konsep atau model bangunan.

Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Lantai 40×40

Pada dasarnya bahan bangunan jenis ini bisa diaplikasikan di seluruh ruangan karena strukturnya yang sangat kuat. Ketika merencanakan proses pengeramikan pemilik bangunan harus mengetahui berapa jumlah keramik yang akan diperlukan.

Dengan mengetahui jumlah yang dibutuhkan maka  pemilik bangunan dapat memperkirakan berapa biaya yang harus disiapkan. Perhitungan kebutuhan keramik 40×40 ini bisa dihitung oleh siapa saja dengan memperhatikan pembahasan berikut ini.

Secara umum perhitungan ini melibatkan luas dari ruangan yang akan di keramik dan juga luas keramik itu sendiri. Begini rumusnya:

  • Luas dari ruangan disimbolkan dengan huruf B.
  • Untuk luas keramiknya digantikan huruf C.
  • Huruf N memiliki nilai tambahan 3% untuk bidang horizontal dan sebesar 7% untuk bidang diagonal.
  • Rumus jumlah kebutuhan keramiknya yaitu = (B+C) + (N X (B-C))

Setelah mengetahui jumlah keramik dalam setiap dus dan rumus yang bisa digunakan, maka selanjutnya pemilik bangunan perlu mengetahui volume pekerjaannya atau luas dari ruangan yang dingin di keramik.

Misalnya panjang ruangnya adalah 7 meter kemudian lebarnya adalah 4 meter maka luasnya adalah 7×4 yaitu 28 meter. Karena ukuran keramiknya menggunakan satuan centi, maka luas ruangan diubah menjadi 280.000 cm2.

Tahap selanjutnya yaitu menghitung total dari kebutuhan keramik yang ukurannya adalah 40×40 cm. Karena luas ruangannya 7 meter x 4 meter adalah bidang horizontal yang memanjang, maka harus ditambah 3%, berikut detail perhitungannya.

  • Luas ruangan telah diketahui yaitu 280.000 cm2.
  • Luas 1 permukaan keramik adalah 1.600 cm2.
  • Bidang horizontal adalah 3%
  • Masukkan angka-angka tersebut ke dalam rumus menghitung keramik maka jika dituliskan yaitu (280.000 ÷ 1.600) + (3% x (280.000 ÷ 1.600)), hasilnya adalah 180,25.
  • Jumlah keramik yang diperlukan dibulatkan menjadi 181 keping.
  • Secara satuan dus maka yang perlu dibeli adalah 181 ÷ 6 = 31 dus.

Biaya Pembelian Keramik

Setelah berhasil mengetahui berapa dus keramik yang diperlukan untuk mengeramik satu buah ruangan dalam rumah. Maka selanjutnya yaitu melakukan perhitungan untuk mengetahui jumlah anggaran yang perlu disiapkan untuk membeli kebutuhan keramik tersebut.

Harga keramik 40×40 saat ini dimisalkan adalah Rp 75.000 per dus. Kebutuhannya adalah 31 dus maka 31 dus dikalikan dengan Rp 75.000 hasilnya adalah Rp 2.325.000

Selesai sudah pembahasan bagaimana cara menghitung keramik lantai 40×40 agar mengetahui uang yang perlu disiapkan. Hasil perhitungan dengan cara-cara di atas dijamin akurat jika memang perhitungannya dilakukan dengan tepat dan juga benar.

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *