Warna Keramik Lantai yang Bagus untuk Rumah Minimalis dan Gaya Arsitektur Lainnya

  • Suriyadi Kolomarsi
  • Jun 20, 2023
warna keramik lantai yang bagus untuk rumah minimalis

Memilih keramik rumah bukan hal yang sederhana, karena terdapat ribuan bahkan jutaan jenis warna dan motif keramik yang ada di pasaran. Inilah daftar warna keramik lantai yang bagus untuk rumah minimalis, serta banyak gaya arsitektur lainnya.

Menentukan warna dan motif keramik berdasarkan gaya arsitektur rumah merupakan pilihan yang bagus. Kesesuaian antara gaya arsitektur rumah, color palette rumah, dan warna keramik akan menimbulkan harmoni. Harmoni mendukung kenyamanan penghuni rumah.

Keuntungan Menyesuaikan Warna Keramik dengan Gaya Arsitektur Rumah

Sebelum mengetahui apa saja warna keramik lantai yang bagus untuk rumah minimalis maupun gaya arsitektur lainnya, penting diketahui mengapa keramik perlu disesuaikan dengan gaya rumah. Hal ini karena keramik adalah salah satu elemen pendukung harmoni rumah.   

Sebuah rumah akan membentuk impresi yang bagus bagi siapapun, terutama penghuninya, jika memiliki unsur harmoni. Harmoni berarti kesesuaian. Kesesuaian yang dimaksud adalah kesesuaian antara unsur desain di dalamnya, yaitu warna, furniture, layout, dan lain-lain.

Keramik adalah bagian dari unsur desain rumah, yaitu warna. Akan sangat tidak enak dilihat jika keramik tidak sesuai dengan gaya arsitektur rumah. Karena gaya arsitektur rumah menentukan warna apa yang sesuai dipakai.

Warna Keramik Lantai yang Bagus untuk Berbagai Gaya Arsitektur

Gaya arsitektur rumah tertentu memiliki pelengkapnya masing-masing, seperti material dan keramik. Untuk melengkapi desain rumah, berikut berbagai warna keramik lantai yang bagus untuk rumah minimalis dan berbagai gaya arsitektur lainnya.

1. Warna Keramik Lantai Rumah Minimalis

Di dalam rumah minimalis, diperlukan furnitur dan keramik yang minimalis juga. Pada gaya rumah ini, hanya barang-barang penting yang dimasukkan. Rumah minimalis menghindari objek, warna, dan motif yang berlebihan dan tidak penting.

Rumah bergaya minimalis biasanya menggunakan color palette yang monokrom, netral, putih, dan abu-abu. Dengan begitu, warna keramik yang sesuai untuk gaya rumah minimalis di antaranya adalah coklat muda, abu-abu, putih, dan krem.

Desain minimalis juga biasanya memaksimalkan ruang, sehingga menggunakan desain yang dapat memberikan kesan ruang lebih luas. Untuk mencapai tujuan ini biasanya dipakai keramik berukuran besar dan tidak bermotif, atau sedikit motif kayu.

2. Warna Keramik Lantai Rumah Boho/Bohemian

Selain warna keramik lantai yang bagus untuk rumah minimalis, ada juga macam-macam warna keramik yang bisa dipakai di rumah gaya boho/bohemian. Rumah bohemian dikenal khas dengan pencampuran berbagai warna dan tekstur.

Dengan begitu, warna keramik untuk lantai rumah gaya bohemian adalah keramik berwarna terang dan vibrant namun tidak mencolok. Contohnya seperti biru teal, hijau sage, coklat tua, merah tua.

Selain itu, keramik untuk rumah bergaya bohemian direkomendasikan memiliki tekstur yang ramai. Walaupun perlu diperhatikan, tidak perlu menggunakan keramik bermotif ramai di semua ruangan. Gunakan kombinasi tekstur, motif, dan warna yang pas.

3. Warna Keramik Lantai Rumah Skandinavian

Rumah scandinavian identik dengan gaya hangat, minimalis, namun tetap fungsionalis. Dengan begitu, dibutuhkan warna lantai yang merupakan kombinasi antara warna terang dan gelap. Kombinasi ini penting karena warna gelap memberikan kesan hangat serta dramatis.

Kombinasi warna yang direkomendasikan adalah abu-abu-putih, biru tua-putih, biru tua-krem, coral-putih-coklat. Untuk motif, rumah skandinavian cocok menggunakan motif-motif berbasis alam, seperti motif kayu, namun tidak terlalu mencolok.

4. Warna Keramik Lantai Rumah Rustic

Rumah bergaya rustic identik dengan penggunaan material natural. Keramik yang cocok dengan rumah seperti ini berwarna krem, putih, abu-abu muda, hijau daun, hijau laut, biru laut, biru langit.

Untuk menambah kesan natural, gunakan keramik bermotif batu-batu alam seperti granit, marble, dan porselen. Bisa juga digunakan keramik motif kayu dengan warna cerah.

Demikian berbagai warna keramik lantai yang bagus untuk rumah minimalis, serta banyak gaya arsitektur lainnya. Setelah membaca rekomendasi ini, tidak perlu bingung lagi menentukan keramik seperti apa yang akan dipasang di rumah.

Di samping menyesuaikan keramik dengan gaya rumah, bisa gunakan penyesuaian keramik dengan color palette rumah. Selain itu memilih keramik yang timeless dan tidak termakan zaman serta cocok digabung dengan desain apapun juga dapat dilakukan.

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *