5 Pemilihan Warna Cat Jendela Kayu yang Bagus untuk Kesan Natural

  • Suriyadi Kolomarsi
  • Mar 17, 2023
warna cat jendela kayu yang bagus

Pemilihan warna hunian tentu dibuat berdasarkan keinginan sang pemilik. Untuk kesan natural, biasanya dipilih material kayu saat pembuatan jendela. Pada pembahasan kali ini, akan dijelaskan beberapa warna cat jendela kayu yang bagus untuk rumah.

Jendela merupakan komponen penting yang dapat dioptimalkan untuk mempercantik tampilan rumah. Kerap kali pemilihan warna jendela kayu terasa membingungkan. Sebagai referensi, berikut beberapa warna cat jendela kayu yang direkomendasikan:

1. Hijau

Pilihan warna cat yang bagus untuk jendela kayu yaitu hijau. Jenis warna tersebut tergolong tone yang netral, terutama untuk shade hijau campuran biru. Jendela kayu warna hijau, akan terlihat epik saat dikombinasikan dengan dinding putih.

Selain itu, cat kayu hijau pastel juga dapat digunakan untuk jendela. Pengaplikasian hijau pastel pada jendela kamar anak mampu menentramkan. Jendela kayu berwarna hijau adalah pilihan warna yang mampu membuat rumah lebih hidup.

2. Kuning

Penyuka warna kuning tidak boleh melewatkan kesempatan untuk memberi akses warna tersebut pada rumah. Salah satunya, diterapkan pada jendela kayu. Warna kuning mudah dikombinasikan dengan beberapa warna lain, salah satunya biru.

Sebagian orang terkadang menghindari penggunaan warna kuning dikarenakan terkesan silau atau norak. Namun, jika diaplikasikan tanpa berlebihan maka hasilnya pun berkesan. Warna kuning akan terlihat cerah, saat terkena cahaya matahari.

Apabila pada siang hari, warna kuning berubah sedikit pucat. Maka pemilik rumah dapat melengkapinya dengan dekorasi. Misalnya, pot bunga yang diletakkan pada bagian bawah jendela dengan warna yang senada untuk mendapatkan kesan natural.

3. Coklat

Apabila tertarik mendapatkan kesan minimalis, maka pemilik rumah tidak perlu terlalu sibuk memikirkan warnanya. Cukup gunakan warna asli dari kayu, yaitu coklat. Jenis warna tersebut mampu menampilkan kesan natural.

Warna coklat sendiri mempunyai banyak gradasi yang dapat digunakan. Ada yang warnanya lebih gelap, coklat cerah, dan sedikit kemerahan. Silahkan gunakan warna coklat, untuk jendela kayu sesuai dengan konsep rumah yang dikehendaki.

4. Navy

Penggunaan navy mampu membuat tampilan jendela terlihat lebih fresh dan modern. Warna jendela dapat dikombinasikan bersama warna yang sama untuk bagian dinding. Bisa juga dipadukan dengan warna dinding putih yang netral.

Pada pengaplikasian yang tepat, warna navy mampu menampilkan spektrum yang berbeda di luar rumah. Dengan catatan jangan gunakan warna navy, sebagai warna tunggal untuk rumah. Kombinasikan cat navy bersama warna lain.

Navy mampu menjadi pemanis, sebab warnanya tidak terlalu mencolok. Meski hanya bagian jendela saja yang memiliki cat navy, sementara bagian dinding berwarna putih polos. Namun, warna navy seolah menjadi tulang punggung fasad rumah yang menarik.

Seperti diketahui, warna navy mampu menyimbolkan sesuatu yang alami. Pengaplikasian warna tersebut tentunya akan membuat perasaan yang nyaman, tentram, dan lebih hidup. Itulah alasannya, navy tergolong warna cat jendela kayu yang bagus dan natural.

5. Hitam

Jika pemilik rumah lebih suka pada warna-warna kontras, maka dapat memilih hitam sebagai warna cat jendela kayu yang bagus dan alami. Adapun tone warna hitam yang bisa dipakai berupa hitam glossy atau doff.

Kontras yang dihasilkan dari warna cat hitam akan semakin terlihat mempesona dengan tambahan pot bunga kecil di depan jendela. Warna hitam secara langsung mampu menyamarkan adanya kerusakan pada kayu. Terutama untuk jendela yang sudah cukup lama.

Jendela hitam mampu menyembunyikan kotoran dan mempertahankan tampilan jendela yang bercahaya, terutama pada cat hitam berkilau. Meski sepele, warna jendela kayu patut diperhatikan agar mampu mengoptimalkan estetika rumah.

Itulah referensi warna cat jendela kayu yang bagus untuk menghasilkan kesan natural. Jika ragu pada beberapa warna, silahkan sesuaikan style rumah dengan kepribadian sang pemilik. Cara ini cukup ampuh untuk mendapatkan warna yang tepat.

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *