Terapkan 5 Ukuran Dapur Minimalis, Simpel Tapi Berkelas

  • Suriyadi Kolomarsi
  • Aug 23, 2023
ukuran dapur minimalis

Keterbatasan lahan maupun budget kerap kali membuat orang lebih memilih membangun rumah minimalis. Itulah sebabnya, ukuran dapurnya juga dibuat tidak terlalu luas. Lewat inspirasi ukuran dapur minimalis mampu menyulap ruangan tetap berkelas.

Resiko ruang dapur minimalis adalah tidak mampu meletakkan perabot yang banyak. Tetapi, hal tersebut dapat diatasi dengan pengaturan ruangan yang efisien. Supaya tidak ketinggalan zaman, berikut beberapa inspirasi dapur minimalis tersebut:

1. Dapur Minimalis Ukuran 2×2 Meter

Tidak semua orang gemar memasak, terkadang ada yang lebih memilih memesan makanan. Walau memasak, itu pun dilakukan cukup jarang. Jika demikian, maka ukuran dapur minimalis yang dapat diaplikasikan yaitu 2×2 meter.

Ukuran dapur tersebut biasa diterapkan pada apartemen studio yang tidak memerlukan ruangan yang besar. Supaya lebih rapi, sebaiknya gunakan meja bar yang minimalis. Pilih warna putih untuk menampilkan kesan lebih simpel.

Agar kontras, gunakan beberapa furnitur warna hitam. Misalnya pada kursi makan, corong lampu, keran, panci, dan kompor. Penghuni rumah dapat menciptakan suasana ketentraman, dengan menambahkan hiasan pot tanaman kecil di atas meja.

2. Dapur Minimalis Ukuran 3×3 Meter

Jika ruang yang tersedia cukup banyak, cobalah dedikasikan sebagian untuk dapur berukuran 3×3 meter. Dengan dapur seperti ini, maka pemilik rumah dapat menambahkan meja makan berukuran minimalis dengan beberapa kursi kayu.

Supaya dapur terkesan lebih luas, hindari penggunaan partisi atau dinding penghalang. Manfaatkan kitchen island sebagai pembatas antara dapur dengan ruang lainnya. Meski tidak terlalu luas, pastikan dapur mempunyai sirkulasi udara yang baik.

3. Dapur Minimalis Ukuran 2×3 Meter

Pada ukuran dapur seperti ini, pemilik rumah dapat meletakkan lebih banyak perlengkapan memasak. Ukuran 2×3 meter masih muat untuk memasukkan model meja yang panjang. Dengan demikian, desain dapur yang dimiliki bisa berwujud I.

Untuk menghasilkan kesan berkelas, gunakan lampu gantung di atas meja makan. Meski ruangan yang tersedia minimalis, jangan batasi kreatifitas dalam mengatur komposisi warna. Padukan warna favorit dengan warna netral untuk visualisasi yang estetik.

Contohnya warna kuning, merah, atau pink yang dipadukan bersama warna hitam, abu-abu, dan putih. Warna-warna tersebut dapat diaplikasikan sebagai dekorasi dinding, kitchen set, atau peralatan memasak. Dengan demikian, dapur tidak terasa membosankan.

4. Dapur Minimalis Ukuran 4×3 Meter

Memiliki dapur kecil bukan berarti akan terkesan monoton, sebab pemilik rumah bisa berkreasi dalam menentukan desain dan pemilihan warnanya. Dengan ruangan 4×3 meter, maka dapat dibentuk dapur model L dengan kabinet bawah dan atas.

Supaya tidak sempit, gunakan set oven, kompor, dan wastafel tanam. Sementara perlengkapan memasak bisa diletakkan pada kabinet, agar tidak terlalu banyak barang yang berceceran di atas meja. Agar tidak monoton, gunakan wallpaper dinding motif yang simpel.

Salah satu masalah dapur mungil adalah penggunaan meja makan yang terbatas. Meskipun muat, tetapi sangat disayangkan jika ruang gerak saat memasak lebih sempit. Solusinya, ketika makan bersama keluarga besar dapat dilakukan di ruang tamu.

5. Dapur Minimalis Ukuran 6×4 Meter

Pemilihan furniture merupakan salah satu cara mengatur dapur, agar tidak terlihat sempit. Dengan ruang 6×4 meter, pemilik rumah dapat meletakkan kulkas dan meja makan di dapur. Selain itu, bisa ditambahkan rak penyimpanan minimalis.

Sumber pencahayaan juga berpengaruh dalam menentukan dapur yang berkelas. Bukan hanya dari segi lampu, tetapi penempatan dapur harus dipilih pada ruangan yang dekat dengan jendela dan ventilasi udara. Ini membuat suasana dapur terasa lega dan nyaman.

Dapur memang bukanlah perhatian paling utama saat membangun rumah, tetapi untuk kenyamanan maka desainnya juga patut diperhatikan. Melalui ukuran dapur minimalis di atas, pemilik rumah dapat menciptakan suasana dapur yang berkelas dengan budget terbatas.

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *