Pelajari Yuk, Cara Pemasangan Genteng Aspal Kekinian!

  • Suriyadi Kolomarsi
  • Jan 23, 2023
Cara Pemasangan Genteng Aspal

Pemilihan genteng aspal sebagai rekomendasi atap rumah, sekarang banyak diminati. Namun bagaimanakah kira-kira cara pemasangan genteng aspal yang benar? Nah, untuk dapat mengetahui informasi lebih lanjut, simak berikut ini ulasannya yaitu:

Cara Pemasangan Genteng Aspal

Berbeda dengan jenis genteng lainnya, genteng aspal terdiri dari beberapa kandungan serta serat yang kuat. 

Memungkinkan pemasangannya sendiri dibutuhkan teknik dengan mengandalkan papan multipleks. Simak berikut ini cara untuk memasang genteng aspal di antaranya yaitu:

  • Langkah pertama, susun rangka atap dengan memasang reng terlebih dahulu.
  • Selanjutnya pasang multipleks di bagian atas reng dengan memanfaatkan sekrup atau paku.
  • Kemudian, gunakan pelapis underlayer pada papan multipleks. Namun perlu diingat dalam pemasangannya, underlayer geotextile harus dalam kemiringan sekitar 15 hingga 90 derajat.
  • Lanjutkan dengan memasang starter genteng yang bertujuan untuk menutupi celah yang ada.
  • Jika starter sudah terpasang dengan baik, mulai lah untuk memasang genteng aspal satu per satu.
  • Untuk bagian bubungan, potong genteng menjadi tiga bagian yaitu dari atas hingga bawah.
  • Terakhir, susun dan pasang genteng yang disesuaikan dengan desain atap. Begitulah tahapan pemasangan genteng aspal yang dapat dilakukan dengan mudah.

Jika dilihat dari cara pemasangannya, sebenarnya pemasangan genteng hampir sama dengan yang lainnya. Intinya terletak pada ketelitian dalam pemasangan agar atap tertutupi dengan baik.

Kelebihan Memasang Genteng Aspal

Penggunaan genteng aspal saat ini sudah makin populer dan banyak diaplikasikan pada atap rumah. Hal ini tentu dikarenakan beberapa keunggulan yang ditonjolkan dari genteng tersebut, ingin tahu apa saja itu? Berikut ulasannya yaitu:

1. Fleksibel

Selain pertanyaan tentang cara pemasangan genteng aspal yang benar, banyak juga yang ingin mengetahui kelebihannya. Genteng yang satu ini dikenal fleksibel dan dapat dipakai untuk semua bentuk atap. Hal inilah yang membuatnya banyak diminati.

Mengingat konsep rumah modern saat ini memiliki desain unik yang cukup sulit untuk disesuaikan dengan genteng biasanya. Berbeda dengan genteng aspal yang lentur dan mudah untuk dipasang. Menariknya, atap dengan kemiringan curam pun bisa menggunakannya.

2. Ringan dan Mudah Dipasang

Selanjutnya kelebihan dari genteng aspal yaitu ringan dan mudah untuk dipasang. Mengingat aspal keluaran sebelumnya yang terbuat dari keramik, beton hingga tanah liat cukup berat. Berbeda jauh dengan genteng aspal yang ringan.

Hal inilah yang membuat genteng aspal mudah dan sangat cepat untuk dipasang. Pasalnya untuk dapat memasang genteng tersebut tidak dibutuhkan keterampilan khusus. Setiap orang dapat mencobanya berdasarkan panduan pemasangan yang ada.

3. Tahan Terhadap Perubahan Cuaca

Penyebab genteng aspal banyak diminati salah satunya yaitu karena tahan terhadap berbagai cuaca, bagaimana tidak? Mempunyai sifat waterproof, membuatnya mampu melindungi rumah dari cuaca ekstrem. Terik matahari hingga sinar UV pun mampu ditangkal dengan mudah.

4. Anti Korosi, Jamur dan Api

Dilapisi dengan berbagai bahan khusus membuat genteng aspal tahan akan korosi atau karat. Namun, bukan hanya itu saja, genteng ini juga tahan akan jamur dan api. Membuatnya atap rumah aman dan minim akan kerusakan yang berarti.

5. Terlihat Indah dengan Variasi Dekoratif

Hadir dalam berbagai warna dan bentuk membuat genteng aspal terlihat menarik. Warna yang tersedia pun cukup banyak yaitu ada merah, hitam, hijau dan masih banyak lainnya. Membuatnya mudah diatur dan disesuaikan dengan dekorasi rumah yang akan diciptakan.

Nah, itulah ulasan terkait cara pemasangan genteng aspal serta dengan kelebihannya. Untuk pemasangannya sendiri, jenis genteng ini termasuk yang paling mudah dan simpel. Mengingat panduan dalam pemasangannya cukup sederhana untuk diikuti.

 

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *