7 Bahan Kanopi yang Bagus dan Sangat Direkomendasikan!

  • Suriyadi Kolomarsi
  • Feb 15, 2023
bahan kanopi yang bagus

Selain berfungsi sebagai pelindung halaman, kanopi juga dapat menambah nilai keindahan bangunan dari luar. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, tentu penting memilih bahan kanopi yang bagus agar dapat menunjang desain eksterior bangunan.

Mungkin banyak orang menganggap kanopi hanya terbuat dari kayu dan baja saja, padahal masih banyak jenis bahan lainnya untuk membuat kanopi. Di bawah ini akan dijelaskan beragam bahan material dasar yang bagus untuk dijadikan kanopi.

1. Kanopi UPVC

Jenis kanopi UPVC termasuk material yang cukup tangguh untuk menghadapi segala bentuk cuaca ekstrem, baik terik matahari maupun hujan deras. Bahan ini juga mampu menahan beban seberat 150kg dengan masa pakai kurang lebih selama 15 tahun.

2. Polycarbonate

Rekomendasi bahan kanopi untuk memberikan kesan classy dan aesthetic untuk bangunan bisa menggunakan polycarbonate. Material ini sangat kuat dan ringan dengan harga yang ramah di kantong.

Setidaknya terdapat tiga jenis kanopi polycarbonate yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan seperti twinlite, solarlite, dan solite. Rata-rata masa pakai bahan polycarbonate sebagai kanopi yakni antara lima hingga lima belas tahun sesuai dengan tipe dan grade.

3. Membrane Canopy

Canopy membrane merupakan bahan kanopi yang cukup bagus dan cocok dipakai pada bangunan yang berlokasi di kawasan terbuka karena dimensinya yang besar. Memiliki desain futuristic, membrane canopy dapat menambah kesan modern eksterior bangunan.

Masa pakai kanopi membran terbilang cukup lama, dari 10 hingga 30 tahun, bergaransi pakai maksimal 15 tahun. Namun perlu diingat, untuk memasang kanopi jenis ini harus menggunakan aplikator khusus membrane dan butuh tenaga profesional untuk memasangkannya.

4. Kanopi Kain

Jika ingin memberikan kesan manis pada jendela toko, sekiranya memasang kanopi kain cocok dilakukan. Bukan terbuat dari kain biasa, kanopi jenis ini menggunakan sun umbrella sebagai bahan baku utamanya. Pilihan motif juga sangat banyak yang bisa disesuaikan dengan keinginan.

5. Kanopi Kaca

Kanopi kaca dapat membuat hunian terasa lebih aesthetic. Hanya saja perlu mempertimbangkan kanopi jenis ini, sebab biaya pemasangannya cukup mahal dan rumit. Kanopi kaca sebaiknya dipakai pada lingkungan yang cenderung kondusif dan aman dari bahaya.

6. Fiber

Fiber adalah bahan kanopi yang bagus serta inovatif dan sayang jika sampai terlewatkan. Bahannya ringan, aman, awet serta memiliki harga yang cukup kompatibel. Tampilan rumah juga terlihat lebih fresh dan simple jika menggunakan fiber sebagai atap kanopi di hunian impian.

Keunggulan fiber dari bahan kanopi jenis lainnya terletak pada fungsi yang ditawarkan. Fiber mampu mengabsorbsi panas matahari dan membuat halaman rumah lebih teduh. Fiber juga dapat menghalau sinar UV yang sangat berbahaya bagi kulit manusia.

7. Kanopi Go Green

Mengusung konsep yang jauh berbeda dari jenis kanopi lainnya, bahan kanopi satu ini bisa dipakai untuk mendukung gerakan penghijauan. Meski terbuat dari bahan yang bebas racun, kanopi jenis ini tidak diragukan lagi ketahanannya di cuaca apapun.

Kanopi go green juga memiliki lapisan anti ultraviolet. Yang mana dapat menangkal sinar berbahaya sebanyak 30% agar tidak masuk ke dalam rumah. Hal yang membuat siapapun tertarik memasangnya di rumah adalah harganya yang terjangkau serta mudah didapatkan.

Setiap orang pasti menginginkan bahan kanopi yang bagus dan nantinya akan dipasang di halaman rumah atau bangunan lainnya. Semoga artikel di atas dapat menjadi inspirasi yang tepat dalam memilih kanopi terbaik untuk hunian. Terutama bagi yang ingin mendekorasinya sendiri.

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *