Inspirasi Tatanan Ruang Tamu Minimalis Ini Bikin Betah dan Nyaman

  • Suriyadi Kolomarsi
  • Feb 16, 2023
tatanan ruang tamu minimalis

Menata ruang tamu untuk memberikan kesan indah, cantik, dan membuat betah sebenarnya bukan hal susah. Sebab bisa menggunakan tatanan ruang tamu minimalis jika tidak ingin terlalu banyak ornamen atau furniture di dalamnya.

Tidak hanya memberikan kesan indah dan cantik, ruang tamu minimalis juga membuat lebih lega dan luas. Agar tidak kebingungan dalam menata ruang tamu bergaya minimalis, berikut beberapa inspirasi yang bisa diterapkan.

1. Nuansa Putih

Meskipun dinilai lebih cepat kotor, namun warna putih tetap menjadi andalan para pemilik rumah. Bahkan bisa dikatakan hampir 80% rumah-rumah menggunakan cat warna putih untuk tembok dan plafon.

Ruang tamu dengan nuansa warna putih akan memberikan kesan bersih, indah, dan elegan. Untuk lebih semarak bisa ditambahkan kaca dan frame, dengan begitu ruang tamu tidak akan tampak polos saja.

2. Warna Senada

Kemudian bisa menggunakan warna-warna yang senada untuk membuat ruang tamu jadi lebih hidup dan bernilai keindahan. Contohnya dengan menggunakan meja warna hitam, sofa putih dan hitam, menambahkan lukisan di dinding, dan lainnya.

Untuk mendapatkan ruang tamu minimalis memang bukan hal mudah, tetapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Pemilik rumah hanya harus memperhatikan pemilihan warna dan furniture yang harus diletakkan pada ruang tamu tersebut.

3. Tema Bumi

Gaya minimalis earth tone untuk ruang tamu selalu menjadi incaran pemilik rumah baru. Pasalnya warna-warna seperti ini memberikan kesan yang adem dan menenangkan, sehingga tamu atau penghuni rumah akan merasa betah.

Agar lebih memaksimalkan tatanan ruang tamu minimalis bisa ditambahkan stool dan sofa warna putih. Bisa juga ditambahkan beberapa tanaman hias kering untuk memberikan kesan lebih membumi.

4. Monochrome

Hampir semua orang merasa jika warna monokrom memberikan kesan lebih elegan dan sedikit misterius. Terlebih lagi banyak ruang tamu minimalis menggunakan konsep monochrome ini dan merasakan kepuasan tersendiri.

Pemilik rumah dapat meletakkan meletakkan sofa atau kursi warna abu, selain itu bisa menambahkan karpet untuk memberikan kesan menawan. Untuk cat dinding bisa menggunakan warna gelap supaya memberikan kesan monochrome lebih jelas.

5. Kontemporer

Gaya ruang tamu minimalis ini titik fokusnya adalah pada lukisan yang ada di dinding untuk mendapatkan kesan lebih cantik dan menarik. Sebaiknya memilih lukisan kontemporer modern agar dapat menyesuaikan dengan furniture dalam ruang tamu.

Agar lebih terlihat memiliki seni kontemporer, maka bisa menambahkan karpet bermotif. Selain memberikan gaya desain kontemporer yang kuat, pemakaian karpet ini juga membuat ruang tamu jadi lebih indah.

6. Focal Point Sofa

Berikutnya ada gaya tata ruang tamu minimalis dengan focal point sofa. Dimana artinya titik fokus atau utama dari ruang tamu ini adalah pemakaian sofa, entah dari warna atau modelnya.

Contohnya bisa meletakkan sofa warna kuning di ruang tamu, dengan begitu tamu atau penghuni rumah akan fokus di titik tersebut. Tata ruang tamu minimalis ini identik warna earth tone atau monochrome, sehingga tidak sulit untuk mengaturnya.

7. Minimalis Tanaman Hias

Terakhir adalah dengan menggunakan tanaman hias untuk membuat ruang tamu jadi lebih indah dan tidak meninggalkan tema minimalis. Usahakan untuk tidak meletakkan tanaman hias yang berukuran besar, karena akan membuat tampak sumpek.

Selain itu, pemilik rumah juga bisa menambahkan hiasan dinding berupa kaca bulat. Nantinya ruang tamu jadi terlihat memiliki dimensi dan lebih hidup.

Demikianlah ketujuh inspirasi tatanan ruang tamu minimalis yang dapat dicoba diterapkan. Kunci dari gaya minimalis adalah tidak meletakkan terlalu banyak furniture dan memaksimalkan warna-warna yang senada.

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *