Cara Menghitung Biaya Cor Dak Manual dan Beberapa Tipsnya

  • Suriyadi Kolomarsi
  • Jun 16, 2023
cara menghitung biaya cor dak manual

Proses pembangunan cor dak manual tentunya membutuhkan banyak bahan dan alat. Bagi pemilik rumah, maka proses pembuatan perhitungan awal harus dilakukan. Metode atau cara menghitung biaya cor dak manual juga harus dipahami dengan baik.

Bagi yang ingin membuat perhitungan awal, maka akan diberikan cara menghitungnya dengan jelas. Selain itu, akan diberikan juga tips untuk melakukannya. Jika ingin tahu penjelasannya, simak detail berikut ini:

Cara Menghitung Biaya Cor Dak Sesuai Prosedur

Tahapan atau cara menghitung biaya cor dak manual sendiri sebenarnya harus diperhitungkan dari berbagai aspek. Baik itu material, luas dak, serta harga materialnya. Semua aspek ini perlu diperhitungkan dengan baik sejak awal.

Jika ingin melakukan perhitungan, maka ada lima tahapan langkah yang wajib untuk dilakukan. Setiap tahapan tidak mudah direalisasikan karena butuh perhitungan matang. Untuk mengetahuinya, simak detail berikut ini:

  • Pertama, hitung dulu kebutuhan semen, batu koral, dan pasir yang perlu dibeli.
  • Hitung juga kebutuhan tambahan seperti triplek.
  • Kemudian lakukan survei harga untuk semua bahan di atas.
  • Setelah itu, hitung luas dak yang akan dicor.
  • Lalu kalikan kebutuhan material, harga, serta luasnya.

Proses perhitungan yang dibuat di atas memang masuk golongan tahapan umum. Perhitungan secara detail akan sulit untuk diperhitungkan karena setiap kondisi bangunan akan berbeda. Selain itu, wilayah pembangunan juga menjadi aspek penentu lainnya.

Namun sebagai bahan pertimbangan, biasanya cor berukuran 6 x 13 meter akan menghabiskan biaya sekitar 16 juta rupiah. Biaya ini akan pas untuk cor dengan ketebalan yang standar yaitu sekitar 12 cm.

Tips dalam Perhitungan Biaya Cor Dak

Selain tahapan cara menghitung biaya cor dak manual, akan dipaparkan juga tips melakukan perhitungannya. Jadi cara di atas bukan satu-satunya pedoman yang harus diikuti. Setidaknya ada tiga tips lain yang akan potensial untuk disesuaikan.

Bagi yang ingin melakukan perhitungan secara akurat dan tepat sasaran, maka akan diberikan tiga tips berbeda. Setiap tips akan dipaparkan satu per satu secara jelas. Simak pemaparannya secara menyeluruh sebagai berikut:

1. Lakukan Konsultasi dengan Tenaga Ahli

Untuk tips pertama, pastikan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli. Hal ini penting untuk dijalankan apalagi bagi orang awam yang belum familiar dengan proses pembangunan. Jika tidak konsultasi, maka perhitungannya akan jauh dari kata akurat.

Sedangkan jika melakukan konsultasi, maka akan lebih mudah menentukan segala detailnya. Bahkan biasanya, tenaga ahli dalam perhitungan pembangunan juga akan memberikan tambahan informasi untuk hal-hal yang mungkin terjadi.

2. Hitung Bagian Dak dengan Tepat

Kemudian untuk tips yang kedua adalah lakukan perhitungan bagian dak dengan. Tepat. Baik itu luas maupun tingkat ketebalan, harus dihitung dengan akurat tanpa ada bagian yang disepelekan sedikitpun.

Jika proses perhitungannya dilakukan dengan detail, maka proses perhitungan material akan lebih mudah. Hal ini juga akan membantu proses perhitungan biayanya akan lebih detail dan akurat tanpa ada hal yang salah.

3. Lakukan Survei Harga Material dengan Detail

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, material menjadi aspek penting dalam proses perhitungan ini. Setiap material tentu memiliki kualifikasi berbeda-beda dengan harga yang beragam. Oleh karenanya, proses survey harga material ini harus dijalankan dengan detail.

Daftar cara menghitung biaya cor dak manual di atas tentu harus dipahami dengan baik. Pastikan juga bagian tips dipahami dengan baik tanpa ada yang terlewat. Dengan demikian, maka proses perhitungannya akan detail.

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *