Daftar Jenis dan Ukuran Baja Ringan untuk Kanopi Minimalis Sederhana

  • Penulis Kolom
  • Feb 14, 2023
ukuran baja ringan untuk kanopi

Baja ringan menjadi alternatif terbaik untuk keperluan bahan bangunan seperti kanopi, sebab memiliki karakteristik yang mudah diaplikasikan. Ada berbagai macam ukuran baja ringan untuk kanopi yang terbagi atas beberapa bentuk sebelum menjadi rangkaian utuh.

Setiap bentuk memiliki panjang dan ketebalan yang berbeda-beda untuk memberikan efek pertahanan yang kokoh setelah kanopi berhasil dibangun. Adapun informasi dasar mengenai ukuran baja ringan untuk keperluan kanopi ini akan dijelaskan sebagai berikut.

Mengapa Material Baja Ringan Banyak Digunakan Sebagai Bahan Dasar Kanopi?

Dahulu kanopi banyak terbuat dari kayu dan baja biasa. Material ini tentunya memiliki biaya perawatan tinggi. Namun berkat perkembangan di dunia industri besi dan baja, ditemukan jenis baja ringan yang memiliki banyak keunggulan seperti:

  • Awet dan Tahan Lama. Alasan banyak orang memilih menggunakan baja ringan untuk kanopi daripada kayu atau jenis baja lainnya yakni lebih tahan lama. Baja ringan cenderung aman dari kemungkinan lapuk akibat korosi dan rayap.
  • Harga Terjangkau. Baja ringan merupakan material yang cukup bersahabat. Meski begitu kualitas yang ditawarkan tetap baik dengan berbagai macam variasi model untuk kanopi. Material ini sangat cocok bagi pemilik rumah atau bangunan yang ingin mendapatkan harga ekonomis.
  • Aman. Membuat kanopi tidak bisa menggunakan sembarangan material, aspek lain seperti keamanan patut diperhitungkan. Tentunya memilih baja ringan sebagai bahan utama pembuatan kanopi adalah tindakan yang tepat. Material ini mampu meminimalisir resiko, lebih stabil, dan kokoh.

Jenis dan Ukuran Baja Ringan

Umumnya ukuran baja ringan untuk kanopi disesuaikan dengan luas halaman yang akan dipasangkan compartment tersebut. Setelah itu pemasangan kanopi bisa menggunakan berbagai jenis baja ringan yang memiliki ketebalan berbeda seperti di bawah ini.

1. Kanal C Baja Ringan

Baja ringan kanal C merupakan material umum yang digunakan untuk membuat kanopi. Jenis baja satu ini memiliki ukuran standar maksimal mencapai 6 meter dengan lebar 75 hingga 80mm. Ketebalan yang dimiliki berkisar 0,6 sampai 1mm.

2. Reng

Ukuran baja ringan pada bagian atap biasanya menggunakan material yang lebih kuat untuk bisa menahan cuaca. Pilihan paling tepat bisa menggunakan baja ringan jenis reng yang berfungsi sebagai tumpuan penutup atap kanopi.

Material ini memiliki ketebalan 0,45mm dengan tinggi minimum 28 hingga 40mm dengan panjang standar 6 meter. Reng berbentuk simetris yang memiliki kedua sisi miring dan asimetris yang memiliki satu sudut 90 derajat dan sisi miring pada bagian lainnya.

3. Kaso

Baja ringan lainnya untuk rangka kanopi adalah Kaso. Material ini terbuat dari zinc dengan tinggi profil 75cm dan panjang standar 6 meter. Kaso memiliki variasi ketebalan yang beragam mulai dari 0,60mm hingga yang tertinggi mencapai 1mm.

4. Hollow

Hollow merupakan jenis material yang cukup unik berbentuk balok yang bagian dalamnya kosong. Ukuran baja ringan menggunakan hollow biasanya memiliki variasi 2×4 dan 4×4 dengan panjang berkisar 4 meter saja.

Baja ringan hollow terbuat dari zinium yang lebih tahan terhadap karat dan korosi, sehingga cocok digunakan sebagai bahan dasar kanopi rumah atau bangunan. Material ini juga bersifat anti rambatan api sehingga lebih aman digunakan.

5. Bondex

Bondex adalah jenis baja ringan yang berfungsi sebagai penguat langit-langit yang juga digunakan pada struktur utama kanopi. Bentuknya seperti lembaran dengan ketebalan 0.7mm hingga 1mm. Material ini dipilih sebagai atap kanopi karena awet dan mudah diaplikasikan.

Baja ringan masih menjadi yang terbaik karena ekonomis, aman, dan awet sebagai bahan dasar kanopi. Tentunya dengan mengetahui berbagai ukuran baja ringan untuk kanopi perlu dilakukan, agar dapat memilih jenis bahan yang tepat sesuai dengan keinginan.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *