6 Ide Warna Cat Plafon Gypsum Ruang Tamu Nyaman

  • Suriyadi Kolomarsi
  • Feb 19, 2023
warna cat plafon gypsum ruang tamu

Kesalahan memilih warna cat plafon gypsum ruang tamu menimbulkan kesan yang tidak nyaman bagi penghuni dan tamu. Terlebih bila warna cat dinding juga terlalu kontras dan bertabrakan dengan warna plafon sehingga tidak nyaman secara visual.

Mungkin bisa terjadi karena pemilihan warna gelap yang tidak diimbangi sumber cahaya yang cukup, seperti lampu dan jendela. Di sisi lain bisa juga karena tidak mempertimbangkan nuansa yang terbentuk dari perabot dan hiasan ruangan yang ada.

Berikut adalah rekomendasi beberapa warna yang cocok untuk diterapkan pada plafon gypsum supaya ruang tamu terasa lebih nyaman, di antaranya:

1. Warna Krem

Bagi yang ingin nuansa baru karena sudah bosan dengan warna putih, mungkin bisa mempertimbangkan warna krem. Pilihan krem yang masih tergolong sebagai warna cerah dan netral sehingga cocok untuk ruang tamu dengan perabot beragam warna.

Pemilihan warna krem pada plafon bisa menjadi andalan untuk yang memiliki ruang tamu dengan dominan furnitur kayu. Apalagi bila dikombinasikan dengan jenis lampu gantung yang pendar warna kuning yang dapat menambah kesan hangat dan nyaman.

2. Warna Hitam

Salah satu pilihan warna untuk cat plafon yang mungkin paling jarang digunakan untuk ruang tamu adalah warna hitam. Namun, tidak ada salahnya bila merasa penasaran dan sengaja ingin membuat konsep ruangan yang beda dari yang lain.

Warna hitam akan cocok dipadukan dengan interior ruangan yang dominan cerah, seperti berwarna putih sehingga kontras dengan plafon. Ketika memutuskan untuk memilih warna hitam, sebaiknya penghuni perlu mempertimbangkan pula penempatan lampu dan kecerahan lampu.

3. Warna Putih

Rekomendasi warna cat plafon gypsum ruang tamu untuk yang suka konsep klasik tentulah warna putih bersih tanpa ada motif. Warna putih juga akan cocok bila dipadukan dengan berbagai macam warna yang diterapkan pada cat dinding.

Diketahui bahwa penggunaan warna putih mampu meningkatkan efek cerah pada ruangan terutama yang minim jendela dan cahaya. Hal ini juga akan berlaku ketika malam hari agar ruangan terang tanpa perlu banyak lampu terbantu cat plafon.

4. Warna Biru Muda

Warna yang senada dengan langit cocok digunakan sebagai cat plafon untuk menunjukkan kesan cerah dan memberi energi positif. Bisa dikombinasikan dengan cat dinding berbeda yang berwarna pastel, misalnya warna abu, putih, merah muda, dan krem.

Tidak kalah penting perlu disesuaikan pula dengan corak furnitur yang mungkin memiliki warna netral seperti coklat atau krem. Bisa juga bila satu kelompok warna dengan cat dinding atau plafon, tetapi dengan kontras yang lebih menonjol.

5. Warna Emas

Mungkin seseorang pernah menemukan plafon berwarna emas pada toko atau resto yang ingin mengesankan nuansa vintage dan mewah. Dengan warna ini, sebaiknya hindari penggunaan banyak warna lain secara bersamaan karena lebih baik gunakan warna tertentu.

Plafon emas akan semakin bagus kalau dikombinasikan dengan furnitur yang berbahan kayu untuk menambah kesan vintage pada ruang tamu. Sedangkan bagi yang ingin menambah kesan mewah dan elegan, gunakan perabot berwarna emas dan hiasan logam.

6. Warna Hijau Muda

Pemilihan warna hijau muda cocok untuk yang suka mengisi ruang tamu dengan tanaman dan beragam perabot nuansa alam. Terlebih bila terdapat banyak jendela yang langsung menghadap ke area terbuka sehingga menimbulkan kesan asri dan sejuk.

Demikian rekomendasi warna cat plafon gypsum ruang tamu yang mungkin bisa dipertimbangkan untuk diterapkan ketika ingin berganti suasana. Kelak tidak hanya bisa memberikan kenyamanan bagi penghuni, tetapi juga para tamu yang mampir jadi betah.

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *