Cara Menghilangkan Rayap di Lantai Secara Menyeluruh

  • Suriyadi Kolomarsi
  • Jun 14, 2023
cara menghilangkan rayap di lantai

Rayap adalah hewan yang bisa memakan perabotan kayu atau bahan rentan di rumah. Jadi hewan ini sangat merugikan jika dibiarkan hidup di lantai rumah. Oleh karenanya, perlu dipahami cara menghilangkan rayap di lantai secara menyeluruh.

Sebagai bahan referensi, pada artikel ini akan dijelaskan lima cara berbeda yang bisa dijadikan acuan. Setiap cara bisa diikuti dan diterapkan langsung dengan mudah. Berikut daftar caranya yang bisa dijalankan untuk menghilangkan rayap:

1. Pakai Kapur Barus

Untuk cara pertama, yaitu bisa dengan memanfaatkan kapur barus. Jadi dalam kapur barus, ada kandungan yang bernama naftalena. Kandungan ini bisa menghilangkan rayap dengan efektif karena memiliki susunan zat yang kuat.

Langsung saja letakkan kapur barus di spot lantai yang terdapat rayap. Pastikan peletakannya menyeluruh agar rayap tidak memiliki tempat untuk kembali. Hal ini penting untuk dilakukan dengan penuh ketelitian.

Saat kapur barus sudah disebar, maka rayap akan pergi karena baunya. Jika kapur barus habis, maka letakkan lagi yang baru. Setelah itu, segera lakukan proses pembersihan di area yang sering dihinggapi rayap.

2. Memanfaatkan Air Cucian Beras

Opsi kedua adalah dengan memanfaatkan air cucian beras. Untuk keperluan rumah tangga, proses mencuci beras akan sering dilakukan. Nantinya, air cucian beras jangan dibuang karena bisa menghalau rayap dengan mudah.

Masukkan air ini ke dalam semprotan yang dimiliki. Kemudian, semprotkan ke spot-spot lantai yang dihinggapi rayap. Jika proses ini dilakukan dengan detail, maka rayap akan pergi karena tidak suka dengan baunya.

Untuk bagian yang kecil, mungkin rayap masih bisa bersembunyi. Oleh karenanya, lakukan proses penyemprotan secara rutin agar rayap hilang sepenuhnya. Semakin sering prosesnya, maka hasilnya akan semakin cepat.

3. Turunkan Suhu Ruangan

Cara menghilangkan rayap di lantai selanjutnya bisa dilakukan dengan menurunkan suhu ruangan. Suhu yang lembab menjadi tempat kesukaan rayap. Jadi penurunan suhu bisa dijadikan opsi cara yang potensial.

Turunkan saja suhu ruangan dengan nominal yang jauh berbeda. Nantinya, rayap akan mati satu per satu di dalam sarangnya. Setelah mati, tinggal bersihkan rayap dan bekas sarangnya agar tidak ada pertumbuhan di masa mendatang.

Metode ini akan pas diaplikasikan untuk ruangan yang sudah terpasang AC. Bahkan jika rayapnya sudah banyak, metode ini akan tetap potensial dan tidak mengecewakan. Jadi langsung saja manfaatkan caranya dengan baik.

4. Bersihkan Kayu Kering di Sekitar Rumah

Perlu dipahami bahwa proses membersihkan rayap di lantai juga harus dilakukan dari luar rumah. Akan percuma jika lantainya sudah diberi kapur barus dan air cucian beras, namun pemicu dari luar masih ada dan dibiarkan.

Salah satu pemicu yang sangat kuat adalah tumpukan kayu kering. Jika di lingkungan rumah ada tumpukan kayu kering, maka kemungkinan besar rayap akan menjalar ke lantai rumah. Oleh karenanya, segera bersihkan kayu ini.

5. Semprot dengan Air Sabun

Jika dibandingkan dengan cara lainnya di atas, cara ini akan langsung ampuh seketika. Caranya adalah dengan memanfaatkan air sabun untuk disemprotkan di rayap. Semprotkan saja air campuran sabun ke sekitaran rayap.

Dengan proses tersebut, maka rayap akan langsung mati. Jika rayap lainnya muncul, maka semprot lagi secara berkala. Melalui proses ini, maka pembasmian rayap bisa dilakukan dengan mudah sampai selesai.

Demikianlah deretan cara menghilangkan rayap di lantai yang bisa dijalankan. Untuk memulainya, coba salah satu cara dan aplikasikan. Jika masih belum berhasil, maka segera coba cara lain yang sudah dipaparkan tersebut.

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *