6 Rekomendasi Desain Sekatan Ruang Tamu

  • Suriyadi Kolomarsi
  • Feb 18, 2023
desain sekatan ruang tamu

Desain sekatan ruang tamu banyak dicari pasalnya banyak pemilik rumah yang juga ingin memanfaatkan ruangan yang lega tersebut. Biasanya pemanfaatan ini adalah dengan membuat sebuah ruangan lain dengan memanfaatkan pembuatan dari sekatan yang dipasang.

Sekatan sendiri memang dipasang dan berguna untuk memisahkan satu ruangan dengan ruangan yang lainnya termasuk ruang tamu. Seperti apa saja inspirasi desain untuk interior sebagai sekatan yang dapat dijadikan rekomendasi akan dijelaskan berikut ini.

1. Sekat Menggunakan Tirai

Dengan penggunaan tirai besar yang panjang dapat digunakan sebagai sekat atau pemisah ruangan dari ruang tamu dan ruang lainnya. Biasanya tirai yang digunakan adalah dengan konsep kain yang tidak berwarna pekat dan tidak transparan pula.

Warna yang dipilih juga harus disesuaikan dengan warna cat pada dinding yang dipakai untuk keindahan ruang tamu. Dengan menggunakan tirai yang besar ini akan memberikan kesan modern namun juga dapat membatasi ruangan yang ada.

2. Sekat dengan Konsep Scandinavian

Penggunaan konsep ini adalah merupakan konsep modern dan juga mewah tanpa menampilkan sisi yang berlebihan. Sekat dengan konsep Scandinavian sendiri digunakan sebagai desain sekatan ruang tamu dengan mengandalkan sebuah kayu tipis dengan ukiran yang khas.

Kayu ini berwarna putih dan akan dilapisi dengan laminasi sehingga akan menampilkan kesan yang mengkilap pada setiap permukaannya. Ruang tamu yang terlalu luas dapat menggunakan sekat konsep ini sehingga memberikan kesan yang selalu menarik pengunjungnya.

3. Sekat Berupa Ukiran Hitam Elegan

Sebuah ukiran besar berwarna hitam akan memberikan kesan elegan meskipun harus berwarna dasar yang gelap. Pasalnya hitam yang diberikan merupakan hitam mengkilap yang akan memberikan sentuhan estetik meskipun hanya berupa ukiran dengan pahatan yang biasa.

Tinggi dari ukirannya sendiri akan disesuaikan dengan tinggi ruang tamu dan tidak dibuat hingga mentok sampai ke atas. Melainkan hanya berjarak beberapa centi lagi hingga menyentuh atap sehingga detail ukiran tetap terlihat dengan cantik.

4. Sekat Menggunakan Batu Alam

Jika kebanyakan orang mengira batu alam hanya akan digunakan bagi ruang tertutup saja, namun tidak ada salahnya menggunakannya. Pada kebanyakan konsep yang mengusung sentuhan serba natural akan memilih menggunakan ini meskipun sebagai sekat ruang tamu.

Batu alam akan memberikan kesan yang alami belum lagi jika ruang tamu dilengkapi dengan kaca yang melihat langsung pada taman. Tinggi dari sekat menggunakan batu ini akan dibentuk sampai ke atas sehingga tidak terlihat nanggung.

5. Sekat dengan Tembok

Desain sekatan ruang tamu dengan menggunakan tembok memang menjadi yang sering dilakukan jika tidak ingin merasa ribet. Meskipun dalam penggunaannya sendiri juga harus membangun sebuah dinding tembok menggunakan batu bata atau triplek hingga gypsum.

Sekat dengan tembok juga dapat dilakukan jika ruangan yang akan dibagi dua tersebut sama besarnya. Warna dan aksesoris yang digunakan pada sekat tembok tersebut juga tetap harus senada dengan ruang tamu yang disuguhkan.

6. Sekat Menggunakan Rak Buku dan Aquarium

Jika pemilik rumah memiliki banyak aksesoris yang dapat dijadikan sekat seperti rak buku besar dan aquarium maka dapat dimanfaatkan. Keduanya dapat disejajarkan atau bisa dengan menggunakan salah satunya jika memang dapat menutupi sebagian ruang.

Rak buku sendiri dapat dihadapkan pada ruang tamu sehingga pengunjung tidak mengira jika rak tersebut merupakan sekat ruangan. Aquarium hias juga dapat ditampilkan sebagai suguhan yang menarik bagi pengunjung maupun pemilik rumah itu sendiri.

Demikian penjelasan terkait apa saja rekomendasi dari desain sekatan ruang tamu yang sekiranya dapat dijadikan sebagai opsi pilihan. Pemilik rumah juga dapat menyesuaikan sekatan yang dipilih dengan luas sebenarnya dari ruangan tersebut dan penyesuaian warna.

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *