Ide Mendekorasi Kamar Tidur Low Budget

  • Suriyadi Kolomarsi
  • Feb 22, 2023
mendekorasi kamar tidur

Menata atau dekorasi ruangan misalnya kamar tidur memang memerlukan biaya yang tidak sedikit. Namun dengan beberapa ide untuk mendekorasi kamar tidur ini, meskipun dengan biaya yang terbatas dekorasi kamar akan tetap menarik.

Cobalah untuk selalu memikirkan alternatif pengganti barang atau hiasan yang lebih kreatif dan murah. Daripada mengeluarkan uang untuk membeli barang atau furniture yang baru, lebih baik lakukan sedikit sentuhan yang kreatif.

1. Memanfaatkan Koran Bekas Sebagai Penutup Dinding

Untuk mendekorasi kamar tidur dengan biaya yang murah dapat diawali dengan memanfaatkan koran bekas. Pemilik kamar bisa mendaftarkan koran bekas ini dari rumah maupun membelinya dengan harga yang sangat murah.

  • Kertas koran yang sudah tidak terpakai tersebut bisa ditempel-tempelkan di dinding sebagai alternatif pembelian cat yang mahal.
  • Furniture dengan tampilan yang sudah membosankan juga bisa diperbarui dengan melakukan hal yang sama yaitu dengan menempelkan kertas koran tersebut.
  • Koran bekas juga dapat digunakan sebagai alas lemari.

Pengaplikasian koran ini bisa dilakukan sebagai trik menutupi dinding dengan warna yang telah memudar atau bahkan mengelupas. Seolah menjadi wallpaper yang estetik warna abu-abu yang khas pada kertas tersebut juga akan memberikan kesan adem.

2. Menggunakan Washi Tape Sebagai Bingkai Foto

Selotip dengan berbagai jenis ukuran, warna, bahan, dan motif sangat menarik untuk dijadikan hiasan. Misalnya untuk bingkai foto, pemilik kamar hanya perlu menempelkan washi tape pada pinggiran foto yang ditempelkan di tembok kamar.

Gunakan foto dengan ukuran yang sama atau bisa juga ukuran yang berbeda namun ditata dengan penataan yang rapi. Selain itu kombinasikan ukuran dan warna selotipnya agar terlihat semakin menarik namun tidak terkesan berantakan.

3. Menggunakan Sticky Notes  Sebagai Hiasan

Dinding kamar yang masih kosong dan monoton bisa diakali dengan menempelkan kertas catatan warna warni sebagai hiasan. Tuliskan catatan tentang tugas harian, pencapaian yang ingin dicapai, dan juga kata yang inspiratif pada kertasnya.

Gunakan warna yang senada atau bisa juga dikombinasikan kemudian dibentuk menjadi pola tertentu sesuai selera. Suasana kamar yang tadinya terasa kosong dan membosankan pun tiba-tiba akan menjadi berwarna dengan penggunaan sticky notes tersebut.

4. Membuat Hiasan Origami 3 Dimensi

Inspirasi hiasan ruangan dengan kertas origami memang bukanlah sesuatu yang baru namun, penggunaannya masih sangat relevan. Kertas origami yang  telah dibentuk objek 3 dimensi misalnya bangau dapat menjadi sebuah dekorasi yang cantik.

Hasil kerajinan tersebut dapat digunakan sebagai hiasan dengan cara ditempelkan di beberapa bagian dinding maupun dijadikan gantungan. Warna kertas origami tersebut dapat disesuaikan agar senada dengan tema ruangan agar lebih menyatu.

5. Washi Tape dengan Bentuk Geometris

Tidak hanya dijadikan sebagai bingkai foto jenis selotip ini juga dapat dikreasikan untuk dibentuk menjadi geometris. Biasanya bentuk geometris dari washi tape ini ditempelkan di dinding yang polos agar menjadi sebuah dekorasi.

Berbeda dengan sebelumnya, kali ini sebaiknya washi tape yang digunakan adalah yang polos dan tebal. Buatlah bentuk seperti permata, abstrak, atau bahkan siluet pemandangan untuk menghias bidang yang kosong tersebut.

6. Menambahkan Wall Grid 

Pada umumnya wall grid terbuat dari plastik maupun kawat ringan yang dibentuk dan disusun membentuk sebuah grid. Meskipun harganya tidak terlalu mahal namun jika dibuat sendiri tentu akan lebih hemat.

  • Gunting kertas hvs atau kertas koran menjadi bentuk kotak memanjang.
  • Apabila panjang kertas terasa kurang maka bisa disiasati dengan menggabungkan dua potongan kertas sekaligus.
  • Setelah itu gulunglah kertas tersebut dengan gulungan yang rapat dan rapi dan beri lem agar tidak lepas.
  • Buatlah setidaknya 15 gulungan yang sama panjang, setelah itu susun menjadi wall grid dan satukan dengan lem yang kuat.
  • Wall grid buatan sendiri ini pun siap digunakan sebagai hiasan dinding.

Itulah beberapa ide atau inspirasi untuk mendekorasi kamar tidur dengan low budget yang akan merangsang sisi kreatif pemilik kamar. Menata kamar tidur pribadi dengan memanfaatkan  barang dan bahan yang murah tentu menjadi sebuah kepuasan tersendiri.

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *