Ternyata Ada 3 Ukuran Kamar Tidur Ideal yang Digunakan untuk Rumah Minimalis

  • Suriyadi Kolomarsi
  • Feb 23, 2023
ukuran kamar tidur ideal

Terkadang ada saja orang yang kebingungan menentukan ukuran kamar tidur ideal untuk rumah yang akan dibangun. Hal itu dikarenakan seseorang tidak mengetahui ukuran ideal untuk rumah minimalis yang saat ini lagi banyak digunakan atau diimpikan.

Oleh karenanya, pada kesempatan kali ini akan membahas ukuran ideal dari kamar tidur untuk rumah yang minimalis. Tujuannya agar seseorang bisa menjadikan referensi ketika ingin membangun rumah yang minimalis. Penjelasan lebih lanjut simak dibawah ini.

Ukuran Kamar Tidur Ideal

Jika seseorang ingin membangun hunian yang minimalis, maka harus mengetahui ukuran kamar yang ideal. Hal itu dikarenakan ruang tersebut merupakan tempat yang privasi, sehingga harus dibuat senyaman mungkin.

Sebenarnya ukuran yang ideal itu ada 3. Dimana ukuran tersebut pastinya akan mempengaruhi jumlah dan besarnya perabotan yang ada di dalamnya. Adapun ukuran yang ideal kamar tidur untuk hunian minimalis yaitu:

1. Ukuran 3 x 3,5 Meter

Di Tengah masyarakat, kebanyakan kamar tidur memiliki ukuran 3 x 3,5 meter. Namun tak jarang juga ukurannya 9 meter persegi. Sebenarnya ukuran ini terbilang kecil, namun untuk hunian minimalis sudah sangat cocok atau ideal.

Kamar yang memiliki ukuran tersebut biasanya akan diisi dengan kasur kecil yang memiliki skala 120×200 atau bisa juga 100×200. Serta akan dilengkapi dengan perabotan yang multifungsi. Tujuannya agar kamar terlihat luas dan tidak memakan tempat.

2. Ukuran 3 x 5 Meter

Pada hunian minimalis juga bisa menggunakan ukuran 3×5 meter. Dimana skala ini juga termasuk ideal untuk rumah minimalis. Namun jika memakai dimensi ini, maka harus menggunakan beberapa perabotan multifungsi didalamnya agar terlihat luas.

Biasanya kamar yang memiliki ukuran ini, memakai skala kasur yang 160×200. Sebenarnya juga dapat menggunakan yang dimensi 180×200, tetapi pastinya akan lebih sempit kelihatannya. Hal itu dikarenakan kasur yang lebih lebar membuat ruang gerak terbatas.

3. Ukuran 4 x 6 Meter

Sebenarnya ukuran yang satu ini kurang sesuai untuk rumah minimalis. Akan tetapi, ada juga yang menggunakan ukuran 4×6 meter ini untuk kamar tidur. Jika menggunakan dimensi ini, maka ada bisa menggabung sebagian keruangan menjadi satu.

Contohnya saja seperti dapur dan ruang makan. Bisa juga menggabung ruang tamu dan keluarga. Jadi, bisa menghemat tempat. Serta ukuran kamar ini, membuat penghuninya bisa menempatkan perabotan yang diinginkan tanpa harus memikirkan besarnya.

Solusi Menghadapi Kamar Tidur yang Tidak Proporsional

Setelah tadi pembaca mengetahui ukuran kamar tidur ideal untuk rumah yang minimalis, maka sekarang pahami cara mengatasi ruangan tidak proporsional. Hal ini biasanya terjadi karena keterbatasan luas lahan yang dimiliki. Adapun cara mengatasinya yaitu:

1. Pilih Warna yang Tepat

Jika memiliki kamar tidur yang ukurannya tidak proporsional, dan terlihat sempit, maka bisa diatasi dengan pemilihan warna yang sesuai. Contohnya saja memilih warna putih atau cream agar terlihat bersih dan luas jika dipandang oleh mata.

Selain dua warna tersebut, bisa juga memilih yang soft atau silver. Bahkan bisa juga dengan membuat kusen jendela di bagian sudut kamar yang dapat membuatnya terlihat banyak space kosong.

2. Pilih Furniture Fungsional

Cara mengatasi ukuran kamar tidur yang tidak proporsional lainnya yaitu dengan pemilihan furniture fungsional. Tujuannya untuk menghemat tempat ketika diletakkan di dalam ruangan tersebut. Contohnya seperti meja kerja yang langsung dengan rak barang

Serta juga dapat ditambahkan dengan lampu-lampu hias di bagian sudut kamar. Selain itu juga bisa memberikan gorden yang kekinian untuk membuat tampilan kamar menjadi cantik dan mempesona.

Demikianlah tadi ukuran kamar tidur ideal yang bisa dijadikan pertimbangan untuk rumah minimalis yang akan dibangun. Pembaca bisa memilih salah satu dari ukuran yang ada diatas. Bahkan telah dijelaskan juga cara agar kamar terlihat luas.

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *