7 Ide Lahan Sempit Kolam Ikan Depan Rumah yang Menyejukkan Mata

  • Penulis Kolom
  • Mar 07, 2023
lahan sempit kolam ikan depan rumah

Rumah dengan lahan sempit kolam ikan depan rumah bukan lagi angan-angan belaka, karena kolam tetap dapat dibuat menyesuaikan kondisi. Karena hanya dengan memanfaatkan ruang meskipun sempit, kolam ikan nan cantik dapat ditampilkan sebagai penyejuk mata.

Dengan memanfaatkan tembok, trik terasering ala sawah, melubangi teras atau menggunakan ember besar dapat menjadi ide dibuatnya kolam ikan. Maka, perlu diperhatikan pula bagaimana kesesuaian dengan kondisi masing-masing lahan di rumah dengan ide kolam berikut ini:

1. Model Terasering untuk Kolam Ikan

Jika pernah melihat tatanan sawah yang disebut terasering, maka ide pembuatan kolam dapat meniru konsep ini. Pada dinding kolam dapat dibuat dari semen, kemudian dinding dibuat bertingkat agar muat beberapa variasi ikan yang menyejukkan mata.

Untuk mempercantik tampilan dapat pula ditambahkan tanaman air sebagai dekorasi kolam atau juga pancuran yang semakin menambah kesegaran. Selain itu, suara pancuran juga dianggap dapat menenangkan pikiran dengan gemericiknya yang konstan sehingga seolah menghipnotis rasa.

2. Model Selokan Memanjang untuk Kolam Ikan

Lahan sempit kolam ikan depan rumah dapat dibuat dengan model selokan, maksudnya dibuat memanjang seperti selokan dengan aliran air. Aliran air dapat dibuat secara buatan dengan memasangkan pancuran pada dinding-dingin kolam sehingga kesan semakin natural.

3. Model Kolam Ikan di Tengah Teras Rumah

Terpancang dengan lahan sempit tetap dapat menciptakan kolam ikan meskipun mini, yaitu ditempatkan di tengah teras. Yaitu dengan cara melubangi bagian tengah teras kemudian diberi air dan ikan dan juga batu hias serta tanaman penghias.

4. Model Kolam Terbuka untuk Kolam Ikan

Pada teras dapat dibuat ruang berbentuk kotak menyesuaikan lahan yang ada sebagai tempat untuk kolam. Kolam dapat diberi bebatuan sebagai penghidup suasana dan tanaman hias tanpa perlu diberi pancuran namun harus dijaga kebersihannya setiap hari.

Kebersihan perlu diperhatikan karena posisinya ada di teras, sehingga sangat mudah dilihat oleh tamu yang sedang berkunjung. Karenanya setiap hari harus ada kegiatan untuk membersihkan kolam yaitu setidaknya untuk mengangkat kotoran dan menguras setiap minggunya.

5. Model Kolam Ikan di depan Kursi Duduk Tamu

Bila ingin suasana lain selain taman, dapat menggunakan teras dalam bentuk kontak dilengkapi dengan kursi tamu ditambah kolam di depannya. Lalu letakkan meja kecil tepat di samping kolam untuk meletakkan berbagai hidangan cemilan atau minuman.

Saat tamu dipersilakan duduk, kesan kesejukan tersajikan karena tamu langsung menikmati pertunjukan ikan yang menari-nari di kolam. Dengan fungsi ini tentu saja teras juga menjadi tempat favorit keluarga untuk bersantai apabila tidak ada tamu berkunjung.

6. Model Kolam Ikan yang Ada di bawah Tangga

Jika tidak ada lagi tempat untuk membangun kolam, maka lahan di bawah tangga dapat dijadikan referensi. Pembangunan kolamnya dapat ditambahkan dengan air mancur sebagai alunan nada natural yang menenangkan jiwa ditambah dengan tatanan batu alam.

7. Model Plastik untuk Dibuat Kolam Ikan

Pada rumah yang tidak memiliki banyak ruang gunakan ember besar yang disampingnya ditutup batu bata untuk dijadikan kolam ikan. Lalu berikan sentuhan estetik untuk mengatur tanaman penghias di salah satu sisi namun jangan terlalu penuh.

Demikian berbagai ide untuk lahan sempit kolam ikan depan rumah yang dapat dipilih dan disesuaikan dengan kondisi rumah. Karena kolam ikan adalah penghias mata, maka kebersihan menjadi kunci, jangan hanya membangunnya namun malas untuk merawatnya.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *