5 Cara Menyusun Bunga di Teras Rumah Secara Tepat

  • Suriyadi Kolomarsi
  • Jun 04, 2023
cara menyusun bunga di teras rumah

Keindahan sebuah hunian tidak hanya didapatkan dari dekorasi taman, tapi juga sentuhan bunga pada teras rumah. Lantas bagaimana cara menyusun bunga di teras rumah secara tepat?

Untuk menjawab pertanyaan ini, berikut sejumlah ulasan yang akan membahas seputar teknik menata bunga di teras rumah. Diharapkan dengan menerapkan cara keindahan semakin jelas tercermin pada hunian pribadi.

Cara Menyusun Bunga di Teras Rumah

Terdapat setidaknya 5 cara yang umumnya digunakan dalam menata bunga pada teras rumah. Agar mengetahui apa saja cara tersebut, silahkan perhatikan setiap teknik berikut.

1. Gunakan Pot Gantung

Cara pertama dapat menggunakan pot gantung dalam menyusun bunga di teras. Pot gantung sendiri memberikan kesan space saving atau lebih menghemat ruang karena tidak memakan banyak tempat.

Nantinya pilih pot gantung yang memiliki kualitas terbaik, tujuannya agar saat ditata pot tidak cepat rusak. Jangan lupa untuk mempertimbangkan sudut peletakan pot gantung, alih-alih menghindari kesan yang terlalu penuh.

2. Gunakan Konsep Taman Vertikal 

Cara kedua cenderung dimanfaatkan kalau-kalau area yang diperuntukkan pot bunga dianggap kurang pas. Selain itu, tan vertikal atau yang dikenal Vertical Garden juga kerap dipilih oleh hunian dengan teras minimalis.

Konsep ini dapat diterapkan lewat pengambilan dinding teras sebagai tempat meletakkan bunga. Namun penting diperhatikan, perlu adanya pengetahuan lebih agar Vertical Garden bisa dengan apik diterapkan.

3. Gunakan Pot Berdiri

Apabila sebelumnya pot yang digunakan berupa pot gantung maka berbeda dengan cara yang ketiga. Dimana pot bermodel berdiri atau kaki panjang atau standing planter yang dipilih.

Bisa dikatakan standing planter mampu menciptakan kesan elegan pada teras rumah. Bukan hanya itu saja, standing planter yang berada dengan posisi tinggi membuat tanaman dan bunga mendapatkan sinar matahari secara cukup.

4. Gunakan Jendela

Maksud dari cara berikut adalah memanfaatkan ruang yang ada di jendela rumah. Tetapi sebaiknya penggunaan jendela untuk tempat meletakkan bunga yang langsung berhubungan dengan teras rumah. 

Penataan bunga nantinya memerlukan sedikit usaha lebih agar kesan indah bisa didapatkan. Bagi yang suka dengan bunga berwarna cerah cara menyusun bunga di teras rumah melalui jendela cukup direkomendasikan.

5. Gunakan Pot dengan Sentuhan Unik

Cara terakhir dapat dilakukan apabila pemilik hunian ingin mencoba menata bunga lewat konsep berbeda. Disini yang dimanfaatkan bukan pot-pot yang biasa diperdagangkan.

Penggunaan pot lebih mengarah pada hasil kreativitas diri masing-masing dalam memberikan sentuhan. Bisa berupa sepatu boots atau palet kayu yang sudah tidak dipakai lagi namun tetap masih memiliki fungsi lainnya.

Sekilas Tips Menyusun Bunga di Teras Rumah 

Melalui 5 cara yang dibahas tentu bagaimana menyusun bunga di teras rumah mulai tergambar. Hanya saja sebelum memulai menata bunga dan tanaman kiranya bisa melirik beberapa tips untuk menambah kesan estetik, diantaranya:

  • Pastikan tanaman atau bunga yang ingin ditata bersama kelompok atau sejenisnya agar tampak serasi tapi tetap memperhatikan jarak.
  • Tips selanjutnya dapat dengan mengatur setiap pot sesuai ukuran bunga, pastikan yang berukuran kecil diletakkan di paling depan. 
  • Ciptakan titik pusat dengan memilih bunga cantik nan unik alias yang dianggap menonjol, secara tidak langsung membuat pandangan langsung tertuju.
  • dan Rutin lakukan perawatan bunga atau tanaman termasuk membersihkan area pot dari daun kering sehingga area semakin nyaman dipandang.

Berdasarkan ulasan cara menyusun bunga di teras rumah dengan 5 cara tentu keindahan hunian pribadi bisa didapatkan. Beberapa tips yang diberikan pun turut membantu pemilik hunian dalam menata bunga menarik bagi siapapun yang memandang.

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *