7 Cara Menata Ruangan yang Sempit Supaya Terlihat Luas

  • Suriyadi Kolomarsi
  • May 02, 2023
cara menata ruangan yang sempit

Memiliki rumah dengan ruangan yang sempit mungkin membuat penghuninya merasa sulit untuk menambahkan perabotan karena takut akan memenuhi ruangan. Tentunya pengguna perlu tahu cara menata ruangan yang sempit supaya tetap terlihat luas.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menata ruangan yang sempit supaya terlihat lebih lega. Salah satu yang harus diperhatikan adalah model dari perabot yang akan ditempatkan pada ruangan tersebut. Berikut ini beberapa caranya:

1. Menggunakan Konsep Ruangan Terbuka

Cara pertama ada konsep ruangan terbuka yang mungkin dapat menjadi pilihan untuk para penghuni yang memiliki area yang terbatas. Sebelum memutuskan untuk menyekatnya menjadi beberapa ruangan, calon penghuni dapat mempertimbangkan konsep ruangan terbuka.

Ruangan terbuka akan menjadikan rumah terlihat lebih luas karena hanya menggunakan sedikit penyekat ruangan, misal untuk kamar mandi dan kamar tidur saja. Kemudian dapur, ruang makan, dan ruang keluarga dapat disatukan pada satu ruangan terbuka.

2. Memakai Perabot yang Multifungsi

Perabot atau perlengkapan isi rumah yang multifungsi menjadi salah satu solusi tepat untuk menata ruangan yang sempit. Hal ini karena hanya menggunakan satu furnitur untuk memaksimalkan fungsi beberapa perabotan, jadi tidak memakan banyak tempat.

Contohnya menggunakan sofa yang dapat digunakan untuk duduk dan bersantai. Selain itu juga dapat menambahkan meja yang lengkap dengan laci tempat penyimpanan barang pada ruang tamu. Ini membuat ruangan terlihat lebih luas.

3. Menambahkan Cermin di Dinding Ruangan

Menambahkan cermin di ruangan yang sempit ternyata mampu menghasilkan efek luas pada ruangan tersebut. Pilihlah cermin dengan ukuran yang sedang atau yang besar dengan warna yang matching dengan tema ruangan tersebut.

Agar lebih indah dan menarik, gunakanlah cermin yang memiliki gaya dekorasi unik. Misalnya cermin yang berbentuk sarang madu atau yang berbentuk lebah. Selain membuat ruangan terlihat lebih luas, ruangan tersebut juga akan terlihat aesthetic.

4. Memanfaatkan Rak Dinding

Daripada meletakkan lemari di ruangan yang sempit untuk tempat menyimpan buku dan barang lainnya, lebih baik optimalkan area dinding untuk penyimpanan barang. Misalnya dengan rak dinding, penggunaan rak dinding akan membuat ruangan lebih lega.

Untuk menentukan rak dinding pada ruangan yang sempit, usahakan pilihlah rak dinding dengan gaya yang minimalis. Gaya minimalis tetapi tetap terlihat bagus pastinya tidak akan memakan banyak tempat di ruangan yang sempit.

5. Memilih Warna Cat Tembok yang Cerah

Cat tembok yang berwarna cerah seperti warna putih, mampu memberikan kesan terang dan luas pada ruangan yang sempit. Hal tersebut dikarenakan warna yang cerah dapat memantulkan cahaya dari lampu atau matahari.

Selain itu, cat berwarna cerah dapat dikatakan cukup netral sehingga dapat dipadukan bersama dengan berbagai jenis perabot. Pastinya sangat disarankan untuk para penghuni yang akan menata ruangan sempitnya.

6. Memasang Mezzanine

Mezzanine merupakan ruang tambahan yang terletak di antara lantai bawah dan plafon atap rumah. Mezzanine memiliki banyak fungsi yang dapat digunakan sebagai ruang menonton, kantor pribadi, bahkan kamar tidur cadangan. Dipakai sesuai kebutuhan.

Apabila rumah dengan ruangan sempit itu memiliki atap yang cukup tinggi, penghuni dapat  membangun mezzanine di dalam rumah. Dengan memanfaatkan ruang di bagian atas pasti akan membuat ruangan di bawahnya menjadi lebih lapang.

7. Menghindari Banyak Hiasan dan Pasanglah Jendela

Lebih baik hindari memakai banyak hiasan dinding karena hal tersebut akan menjadikan ruangan terlihat penuh dan padat. Disarankan untuk memasang jendela agar sirkulasi udara lebih segar dan membuat ruangan terlihat luas.

Apabila tetap ingin memakai hiasan dinding, pakailah hiasan yang berukuran kecil dan desain yang minimalis. Cara menata ruangan yang sempit satu ini akan membuat ruangan lebih indah dan menawan.

Demikian penjelasan mengenai beberapa cara menata ruangan yang sempit supaya terlihat lebih luas. Cara-cara di atas dapat diaplikasikan oleh para penghuni agar ruangannya menjadi lebih indah dan terlihat lapang.

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *