Ketahui Macam-macam Interior Kantor, Paling Bikin Betah!

  • Suriyadi Kolomarsi
  • May 05, 2023
macam macam interior kantor

Satu hal yang berpengaruh pada semangat dalam bekerja adalah desain interior yang diterapkan pada kantor. Macam-macam interior kantor tidak semuanya bisa memberikan efek yang baik untuk para pekerja.

Interior yang terlalu simpel dan terkesan tidak berkonsep sering membuat pekerja bosan dan kehilangan semangat. Untuk itu simaklah desain interior paling menarik yang mampu membangkitkan mood dan semangat berikut ini.

1. Interior Klasik

Macam-macam interior kantor dari banyak negara di dunia juga dapat ditiru untuk mendapat kesan unik dan berbeda. Interior bergaya klasik akan mengingatkan para pekerja pada suasana kantor di Inggris pada zaman dulu.

Biasanya desain tipe ini banyak menggunakan warna seperti putih klasik, merah, coklat, hingga sentuhan warna emas. Meskipun terinspirasi gaya kantor zaman lampau nyatanya desain ini dapat diterapkan tanpa kesan jadul yang norak.

Tampilan dan kesannya yang mewah namun terasa hangat justru menimbulkan mood kerja yang cukup baik. Apalagi jika furnitur dan penataannya dilakukan dengan tepat, suasana yang terasa akan lebih menarik lagi.

2. Interior Bergaya Rustic

Menampilkan kesan yang alami dan membumi juga bisa membuat para pekerja betah dan bersemangat. Rustic mengutamakan kesan alami dari material yang dibiarkan apa adanya seperti penggunaan kayu yang tidak dihaluskan.

Selain kayu, sering digunakan pula batu dan logam dengan tetap mempertahankan karakteristik aslinya. Warna-warna yang biasanya dipakai dalam gaya ini meliputi coklat, abu-abu, putih atau warna lain yang alami.

Rustic sendiri memiliki arti berkarat atau tua sehingga furniture yang ditampilkan memang terlihat kasar tanpa polesan. Kesan tua akan terlihat pada kayu yang sengaja tidak dirapikan tetapi mempunyai daya tarik tersendiri.

3. Interior Boho Chic

Desain dengan konsep Boho Chic tentu sering terlihat pada bangunan tempat tinggal, cafe dan sejenisnya. Gaya ini memang masih sangat jarang digunakan untuk penataan interior sebuah kantor.

Padahal gaya ini bisa menghadirkan kesan bersemangat dan berjiwa muda yang cocok untuk kantor kreatif. Boho Chic umumnya menghadirkan warna-warna segar dan menarik.

Penggunaan interior tipe ini di ruangan kantor dapat memberikan inspirasi pekerja agar lebih berfikir kreatif. Tentu saja penerapannya akan sangat cocok pada kantor-kantor dengan jenis usaha kreatif, antara lain.

  • Kantor penerbitan majalah, novel, dan buku.
  • Kantor perfilman, videografi dan sebagainya.
  • Penyedia jasa iklan dan sejenisnya.
  • Kantor arsitektur dan yang serupa.
  • Fashion.

4. Interior Nautical

Konsep ini terbilang unik tetapi sering dirasa sulit untuk dapat diterapkan karena nuansa pantai ditakutkan akan aneh. Padahal desain Nautical dapat memberikan perasaan rileks untuk para pekerja sehingga bisa lebih produktif.

Bayangkan saja dalam ruangan kantor pekerja dapat merasakan nuansa pantai dengan ombak serta pasirnya yang cantik. Hal ini bisa disempurnakan dengan penggunaan pengharum yang segar dan khas daerah pantai.

Umumnya konsep ini akan menampilkan furniture berwarna cerah dengan hiasan yang diterapkan di kantor. Kesan yang ditimbulkan akan membantu pekerja lebih ringan dalam menjalankan beban pekerjaannya.

5. Interior Bergaya Retro 

Masih serupa dengan desain lain yang juga mengusung tema lampau yang tetap nyaman digunakan. Gaya Retro ternyata tidak hanya cocok dipakai pada ruangan atau bangunan semacam cafe.

Kantor bernuansa Retro juga bisa menimbulkan kesan yang nyaman untuk aktivitas kerja. Furniture dan aksesoris model lama yang ditata dengan tepat akan terlihat begitu nyaman apalagi menggunakan warna cerah seperti orange.

Demikianlah macam-macam interior kantor yang ternyata bisa menggunakan berbagai gaya. Desain yang unik tentu menimbulkan kesan yang lebih segar dan tidak membosankan.

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *