Inilah Tahapan Membangun Rumah 2 Lantai, Rencanakan dengan Baik!

  • Suriyadi Kolomarsi
  • May 04, 2023
tahapan membangun rumah 2 lantai

Membangun rumah 2 lantai memang bisa diserahkan kepada para ahli, namun sedikit mengetahui tahapannya akan memudahkan setiap prosesnya nanti. Tahapan membangun rumah 2 lantai ternyata tidak begitu berbeda dengan rumah biasa.

Dengan mengetahui tahapan membangun rumah, persoalan mengenai anggaran dan waktu penyelesaiannya bisa lebih efisien. Secara garis besar tahapan pembangunan rumah dapat dibagi menjadi 3 tahapan, berikut penjelasannya.

Tahap Rencana dan Persiapan

Hal pertama untuk dilakukan yaitu mempersiapkan rancangan desain yang selaras dengan jumlah anggaran yang dimiliki. Desain bangunan bisa mencari di internet, merancangnya sendiri, atau meminta bantuan arsitek.

Saat merancang desain biasanya akan dibahas juga mengenai material yang dibutuhkan beserta biayanya. Persiapan yang dilakukan selanjutnya adalah mengurus izin untuk mendirikan bangunan atau IMB yang biasanya perlu menunjukan desain banguannya juga.

Apabila IMB urusannya berjalan baik dan selesai dengan cepat, maka tahapan berikutnya yaitu membersihkan lahan bangunan. Pastikan bahwa struktur tanah kokoh dan aman untuk didirikan bangunan, pembersihan lahan ini meliputi.

  • Meratakan tanah dengan alat berat agar proses pembangunannya mudah.
  • Lakukan pengujian keamanan lahan.
  • Memindahkan atau menebang pohon yang mengganggu.
  • Membersihkan semak-semak dan juga puing-puing jika ada.
  • Menentukan batas-batas bangunandengan tali atau papan.

Tahap Pembangunan 

Setelah struktur dari tanah yang akan dibangun sudah selesai dirapikan, selanjutnya yaitu mulai pembangunan. Tahapan ini merupakan tahap kedua dan merupakan aktivitas utama dari kegiatan membangun rumah, yaitu sebagai berikut.

1. Membuat Pondasi

Tahapan membangun rumah 2 lantai sama seperti bangunan lainnya yaitu diawali dengan membuat pondasi. Material yang digunakan umumnya adalah batu kali bagian inilah nantinya yang penting agar bangunan berdiri dengan kokoh.

Pekerjaan satu ini cukup memerlukan waktu karena diawali dengan pembuatan struktur dan juga penggalian. Apalagi jika rumah yang akan dibangun adalah 2 lantai dan ukurannya cukup besar.

Struktur sendiri umumnya dimulai dari membuat balok struktur misalnya sloof dan kolom ring balk. Biasanya, proses untuk pengerjaan tahap ini akan dilakukan dalam waktu sekitar 2 minggu atau lebih.

2. Pengerjaan Dinding dan Jendela

Apabila pembuatan pondasi telah selesai, proses berikutnya yaitu mulai pemasangan  dinding dari rumah 2 lantai. Batu bata adalah material umum yang digunakan, setelah dinding selesai nantinya akan dilapisi plester dari semen.

Selain plester, dinding juga bisa dipasangi batu alam atau keramik sesuai dengan desain awal. Pembuatan dinding tersebut biasanya dibarengi juga dengan saluran untuk pipa air, listrik dasar, dan tangga ke lantai dua.

Tahap berikutnya yaitu memasang kusen untuk pintu dan juga jendela pada tempat yang telah disiapkan ketika mengerjakan dinding. Setelah kusen terpasang, selanjutnya adalah pemasangan lantai baik dengan keramik, kayu maupun lainnya.

3. Pengerjaan Atap

Tahap awalnya tentu saja memasang rangka untuk atapnya terlebih dahulu, material rangka yang digunakan sesuai perencanaan awal. Umumnya material untuk rangka atap adalah kayu, tahap ini sekaligus juga menyelesaikan pemasangan genteng.

Selain genteng, atap juga sering menggunakan material berupa baja ringan yang umumnya lebih cepat pengerjaannya dibanding genteng. Tahapan terkait atap ini juga termasuk proses pengerjaan eternit atau plafon sesuai dengan desain.

Tahap Finishing

Paling terakhir adalah proses penyempurnaan tampilan bangunan rumah dengan dua lantai tersebut. Tahap ini meliputi pengecatan dinding, merapikan segala material yang tercecer membersihkan sisa-sisa semen, dan sebagainya.

Tahap ini merupakan proses yang membutuhkan waktu paling cepat dari pada tahap yang lainnya. Namun tentu saja penyelesaiannya tidak bisa dipastikan karena terkait dengan keadaan di lapangan.

Demikianlah tahapan membangun rumah 2 lantai yang perlu diketahui agar dapat merencanakan pembangunannya dengan baik. Jika ingin lebih praktis, pembangunan bisa diserahkan seluruhnya ke kontraktor yang terpercaya.

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *