Warna yang Cocok untuk Rumah Minimalis, Mana Seleramu?

  • Suriyadi Kolomarsi
  • Jun 08, 2023
warna yang cocok untuk rumah minimalis

Rumah bergaya minimalis terus meningkat popularitasnya, terutama di kalangan muda-mudi. Untuk mewujudkan tampilan yang bagus, warna yang cocok untuk rumah minimalis perlu diperhatikan. Sehingga bisa menghadirkan nuansa seperti yang diinginkan.

Cat rumah berperan besar dalam memberikan kesan tertentu. Apalagi selain bentuknya, warna cat juga termasuk aspek yang paling nampak saat melihat sebuah rumah. Warna melambangkan pesan tertentu, sehingga perlu memilih dengan seksama. Apa saja rekomendasinya bagi rumah minimalis?

1. Abu-abu

Penggunaan warna abu-abu cukup banyak digunakan untuk menghasilkan kesan minimalis sekaligus klasik. Cat berwarna abu-abu termasuk pilihan yang menarik untuk menghasilkan nuansa sederhana namun tetap elegan. Terlebih, abu-abu merupakan perpaduan dari hitam dan putih.

Dengan menambahkan interior dan dekorasi yang mendukung, penampilan rumah akan semakin menawan. Misalnya memakai karpet bermotif putih, sofa abu-abu, dan sebagainya. Cocok juga dipadukan dengan warna abu lilac sehingga nuansa klasiknya lebih kentara.

2. Biru

Warna yang cocok untuk rumah minimalis selanjutnya adalah biru langit. Cocok bagi yang menyukai nuansa minimalis sekaligus ceria. Sehingga rumah terasa lebih hidup dan menyenangkan untuk dilihat setiap harinya. Bisa juga ditambahkan interior berwarna kontras agar semakin modern.

Kemudian biru pastel memberikan nada yang lebih kalem serta lembut. Meski begitu, kesejukan yang dihasilkan warna ini tidak membuat bosan karena sangat indah. Hadirkan suasana segar dan natural dengan menambahkan dekorasi misalnya tanaman buatan berupa dedaunan.

3. Putih

Walaupun terkadang dianggap membosankan, warna putih tidak pernah salah untuk menghidupkan nuansa minimalis. Apalagi dikombinasikan dengan beberapa perabot yang bernada serupa dengan tambahan warna berunsur bumi. Misalnya coklat atau abu-abu.

Putih memberikan kesan lebih luas,  cocok dikombinasikan dengan banyak unsur. Meski begitu, untuk memakai warna ini perlu sering memperhatikan kebersihannya. Sebab, mudah terlihat jika terkena kotoran maupun debu.

4. Hijau

Hijau termasuk warna yang cocok untuk rumah minimalis, sebab mengandung unsur natural yang dekat dengan alam. Contoh yang banyak dipilih masyarakat adalah hijau tua. Dipadukan dengan interior hijau muda, ditambahkan tanaman yang meningkatkan suasana segar serta menyenangkan.

Bila ingin memakai hijau yang tidak begitu mencolok namun terasa segar dan nyaman, hijau mint bisa menjadi opsi tepat. Cat warna ini sangat cocok disandingkan bersama warna abu-abu, putih, hingga kuning. Minimalis sekaligus mengasyikkan untuk bersantai.

5. Netral Beige

Warna-warna mendasar yang bernuansa kalem seperti krem hangat (beige) tidak pernah habis kejayaannya. Baik untuk rumah modern hingga minimalis, beige cocok untuk segala suasana.

Warna yang bernuansa hangat seperti ini membuat rumah yang minimalis tidak tampak membosankan dan lebih dinamis. Kesederhanaan yang elegan seperti ini membuat orang yang melihatnya merasa nyaman dan familiar.

6. Coklat

Coklat merupakan warna yang cocok untuk rumah minimalis, sebab mengandung unsur bumi yang kuat (earth tone). Warna yang seringkali digunakan adalah coklat muda, selain nampak minimalis namun juga hangat.

Sangat pas bersanding bersama interior berwarna coklat tua, abu muda, dan tambahan aksen kayu lainnya. Tidak neko-neko namun memiliki kesan kuat, membuatnya terus difavoritkan oleh berbagai kalangan.

7. Kuning

Banyak yang beranggapan bahwa desain rumah minimalis identik dengan kesan kalem serta tenang. Namun, dengan memakai cat berwarna kuning bisa memberikan suasana yang berbeda dari biasanya.

Kuning semakin populer, terutama di kalangan keluarga muda. Desain minimalis namun dipadukan dengan kesan ceria sangat pas untuk menaikkan suasana hati. Selain itu juga menampakkan efek luas di rumah tersebut.

Demikian berbagai opsi warna yang cocok untuk rumah minimalis. Meski bernuansa minimalis, warna yang berbeda menghasilkan kesan berlainan pula. Tergantung dengan selera serta makna yang ingin disampaikan.

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *