Cara Mudah Dekorasi Rumah untuk Menyambut Hari Raya Lebaran

  • Achmad Kolomarsi
  • Apr 17, 2023
Cara Mudah Dekorasi Rumah untuk Menyambut Hari Raya Lebaran

Hari Raya Lebaran adalah perayaan yang paling diantisipasi oleh seluruh masyarakat Indonesia. Setelah satu bulan penuh berpuasa, saatnya untuk bersyukur dan merayakan kemenangan dalam bentuk berbagai macam hidangan lezat dan berbagai macam aktivitas yang melibatkan keluarga dan teman-teman. Karena itu, sudah seharusnya jika kita menyiapkan rumah dan membuatnya lebih meriah untuk menyambut hari yang spesial ini. Berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk dekorasi rumah agar terlihat lebih cantik dan meriah saat Hari Raya Lebaran.

1. Bersihkan Rumah dengan Baik

Sebelum mulai dekorasi rumah, pastikan Anda membersihkan rumah dengan baik terlebih dahulu. Buang semua barang-barang yang tidak perlu dan sapulah lantai, dinding, dan perabotan dengan baik. Dengan membersihkan rumah terlebih dahulu, Anda akan mendapatkan ruang yang lebih bersih dan terlihat rapi.

2. Tambahkan Aksen dengan Bunga-Bunga

Tambahkan aksen pada ruangan dengan menambahkan bunga-bunga sebagai dekorasi. Bunga-bunga segar seperti mawar, tulip, dan anggrek bisa Anda letakkan dalam vas di meja makan, ruang tamu, dan juga kamar tidur. Selain itu, Anda juga bisa membuat rangkaian bunga di atas pintu rumah untuk memberikan kesan yang indah.

3. Gunakan Aksen Warna Kuning

Warna kuning adalah warna yang biasa digunakan dalam perayaan Hari Raya Lebaran. Anda bisa menambahkan aksen warna kuning pada karpet, gorden, bantal sofa, dan juga meja tamu. Hal ini akan memberikan kesan yang cerah dan memberikan kehangatan pada suasana di rumah Anda.

4. Gunakan Lampu Hias

Lampu hias juga bisa menjadi dekorasi yang menarik saat Hari Raya Lebaran. Pilihlah lampu hias yang memiliki warna-warna yang cerah seperti merah, hijau, atau biru. Anda bisa menambahkan lampu hias pada dinding, jendela, atau pintu masuk rumah Anda. Hal ini akan memberikan kesan yang meriah dan indah di dalam rumah Anda.

5. Tambahkan Gorden dan Karpet Baru

Anda bisa memperbarui tampilan ruangan dengan menambahkan gorden dan karpet baru. Gorden dan karpet baru akan memberikan nuansa yang segar dan baru pada ruangan Anda. Pilihlah gorden dan karpet yang memiliki warna-warna cerah seperti merah, hijau, atau biru untuk memberikan kesan yang lebih meriah.

6. Tambahkan Aksen Emas dan Perak

Tambahkan aksen emas dan perak pada dekorasi rumah Anda. Anda bisa menambahkan aksen emas dan perak pada lampu hias, bantal sofa, dan juga vas bunga. Hal ini akan memberikan kesan yang elegan dan indah pada ruangan Anda.

7. Tambahkan Hiasan Dinding

Hiasan dinding juga bisa menjadi dekorasi yang menarik saat Hari Raya Lebaran. Anda bisa menambahkan hiasan dinding berupa lukisan atau poster dengan tema Lebaran, seperti gambar ketupat atau hiasan yang berhubungan dengan kemenangan. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan kaligrafi atau ayat suci sebagai penghias dinding yang memberikan kesan religius.

8. Buatlah Meja Makan Lebih Cantik

Meja makan juga merupakan bagian penting dari dekorasi rumah saat Hari Raya Lebaran. Buatlah meja makan Anda lebih cantik dengan menambahkan aksesori seperti taplak meja, bunga segar, dan juga hiasan gelas. Anda juga bisa menambahkan pernak-pernik seperti gantungan kunci atau kipas tangan untuk memberikan kesan yang unik pada meja makan Anda.

9. Tambahkan Bantal dan Sarung Bantal Baru

Bantal dan sarung bantal juga bisa menjadi aksesori dekorasi yang menarik. Pilihlah bantal dan sarung bantal yang memiliki motif dan warna yang sesuai dengan tema Lebaran, seperti motif batik atau kain tenun. Anda juga bisa menambahkan aksesori lain seperti tali rafia atau kancing untuk memberikan kesan yang lebih unik pada bantal dan sarung bantal Anda.

10. Buatlah Corner Lebaran

Buatlah corner Lebaran di rumah Anda yang berisi berbagai macam aksesori Lebaran seperti lampu hias, karpet, bantal, dan juga hiasan dinding. Corner Lebaran akan memberikan kesan yang khusus pada rumah Anda saat Hari Raya Lebaran.

11. Tambahkan Hiasan Tanaman

Tambahkan hiasan tanaman seperti pot bunga atau tanaman hijau lainnya pada ruangan Anda. Tanaman hijau akan memberikan kesan yang segar dan alami pada ruangan Anda. Selain itu, tanaman hijau juga dapat membantu menjaga udara di dalam ruangan tetap segar dan sehat.

12. Buatlah Hiasan dari Kertas

Buatlah hiasan dari kertas seperti origami atau paper quilling untuk memberikan kesan yang unik dan kreatif pada dekorasi rumah Anda. Anda bisa membuat hiasan dari kertas dengan tema Lebaran seperti hiasan ketupat atau hiasan dengan motif bunga.

13. Gunakan Hiasan Kain Tenun

Kain tenun adalah kain yang memiliki motif dan corak yang unik dan khas Indonesia. Gunakan kain tenun sebagai hiasan pada meja makan, sofa, atau tempat tidur Anda. Kain tenun akan memberikan kesan tradisional yang kental pada dekorasi rumah Anda.

14. Buatlah Hiasan dari Kain Perca

Kain perca dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat berbagai macam hiasan seperti gantungan kunci, bantal, atau hiasan dinding. Buatlah hiasan dari kain perca dengan tema Lebaran seperti hiasan dengan motif ketupat atau hiasan dengan gambar kambing.

15. Buatlah Hiasan dari Barang Bekas

Anda bisa mencoba membuat hiasan dari barang bekas seperti botol bekas, kaleng bekas, atau kardus bekas. Anda bisa membuat hiasan dengan cara menghias barang bekas tersebut dengan cat atau kain sisa. Buatlah hiasan dengan tema Lebaran seperti hiasan dengan gambar ketupat atau hiasan dengan gambar kambing.

Dekorasi rumah saat Hari Raya Lebaran adalah sesuatu yang sangat penting untuk membuat rumah terlihat lebih indah dan meriah. Dengan melakukan dekorasi rumah, Anda bisa membuat suasana Lebaran semakin terasa dan memberikan kesan yang lebih spesial pada keluarga dan tamu yang datang berkunjung. Selamat mencoba dan selamat merayakan Hari Raya Lebaran!

FAQ:

  1. Apakah dekorasi rumah saat Hari Raya Lebaran harus mahal?

Tidak, dekorasi rumah saat Hari Raya Lebaran tidak harus mahal. Anda bisa membuat dekorasi dengan barang-barang yang ada di rumah atau membeli barang dekorasi dengan harga yang terjangkau.

  1. Apa saja warna yang cocok untuk tema dekorasi Lebaran?

Warna-warna yang cocok untuk tema dekorasi Lebaran antara lain hijau, merah, kuning, dan juga warna-warna pastel seperti ungu muda dan biru muda.

  1. Bagaimana cara membuat hiasan dari kertas?

Anda bisa mencari tutorial di internet atau membaca buku panduan untuk membuat hiasan dari kertas. Ada banyak jenis hiasan yang bisa dibuat seperti origami atau paper quilling.

  1. Apakah saya bisa membuat dekorasi rumah sendiri tanpa bantuan orang lain?

Tentu saja, Anda bisa membuat dekorasi rumah sendiri tanpa bantuan orang lain. Cari inspirasi dari internet atau buku panduan dan mulailah membuat dekorasi sesuai dengan keinginan Anda.

  1. Apa yang harus saya lakukan jika tidak memiliki banyak waktu untuk membuat dekorasi rumah?

Anda bisa memilih dekorasi yang sederhana dan mudah untuk dibuat atau membeli dekorasi siap pakai dengan harga yang terjangkau. Yang terpenting adalah menciptakan suasana Lebaran yang meriah dan menyenangkan bagi keluarga dan tamu yang datang berkunjung.

Author Profile

Achmad Kolomarsi
Achmad Kolomarsi
Achmad adalah seorang profesional di bidang teknik sipil dan arsitektur yang juga dikenal sebagai penulis blog yang berpengaruh. Sejak usia muda, Achmad telah memiliki minat yang mendalam dalam struktur bangunan dan desain arsitektur.

Achmad mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana ia mendalami ilmu perencanaan struktural dan desain bangunan. Selama masa studinya, ia menjadi mahasiswa teladan dan aktif dalam berbagai organisasi mahasiswa yang berkaitan dengan arsitektur dan teknik sipil.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Achmad mulai bekerja sebagai seorang insinyur struktural di sebuah perusahaan konstruksi terkemuka di Indonesia. Ia terlibat dalam berbagai proyek penting, mulai dari bangunan komersial hingga infrastruktur publik, yang memberinya pengalaman berharga dalam industri.

Namun, kecintaannya pada dunia arsitektur juga terus berkembang, dan Achmad memutuskan untuk membagikan pengetahuannya melalui sebuah blog. Blognya segera menjadi sumber informasi utama bagi mereka yang tertarik dalam dunia teknik sipil, arsitektur, dan desain. Di blognya, Achmad menyediakan panduan, artikel, serta ulasan tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *