Inilah Cara Membuat Cakar Ayam Rumah 2 Lantai dengan Berbagai Keunggulannya

  • Suriyadi Kolomarsi
  • May 27, 2023
cara membuat cakar ayam rumah 2 lantai

Jika sedang ingin membuat rumah dengan model 2 lantai, maka sebaiknya gunakan pondasi cakar ayam. Dengan menggunakan pondasi model cakar ayam, biasanya bangunan akan lebih kokoh. Ada pun cara membuat cakar ayam rumah 2 lantai juga harus diperhatikan sedetail mungkin.

Pembuatan sebuah cakar ayam memang tidak bisa sembarangan dibuat. Harus menggunakan perhitungan yang tepat untuk membuatnya. Tujuannya sudah pasti agar bisa membuat bangunan menjadi lebih kokoh.

Di bawah ini akan diberikan cara untuk membuat cakar ayam di dalam rumah 2 lantai dengan tepat. Mari, simak bersama untuk cara lebih lengkapnya!

Perhitungan Pembuatan Cakar Ayam 2 Lantai

Di sini akan dibahas bagaimana cara menghitung pembuatan cakar ayam dan apa saja yang mesti diperhatikan ketika ingin membuatnya. Karena, jika salah perhitungan maka akan membuat cakar ayam yang dibuat menjadi tidak kokoh. Inilah caranya:

1. Perhitungkan Fungsi Dan Bobot

Untuk hal pertama yang harus diperhatikan yaitu dari segi fungsi dan juga bobotnya. Jangan sampai antara bobot dan fungsi tidak seimbang. Misal, hanya ingin membuat ruangan sedikit maka gunakan ukuran 60 cm x 60 cm saja.

Namun, jika ingin membuat ruangan yang agak berat, maka gunakan pondasi yang lebih besar lagi. Artinya, dari ukuran standar tinggal dikalikan saja dengan bobot yang akan ditanggungnya. Supaya, bisa menopang lantai 2 dengan sempurna.

2. Perhatikan Jenis Tanah

Perhitungan yang kedua yaitu dengan memperhitungkan jenis tanahnya. Jika tanah yang digunakan sudah keras, maka buat pondasi dengan ukuran yang kecil saja. Sedangkan, untuk tanah yang lembut buatlah pondasi yang ukurannya besar.

3. Perhitungan Kedalaman

Hal berikutnya yang harus diperhitungkan yaitu dengan memperhitungkan kedalaman pondasi. Biasanya kedalaman pondasi cakar ayam bisa mencapai 1,5 hingga 2 meter. Namun, semakin dalam biasanya semakin kuat. Biasanya kedalaman paling maksimal adalah 4 meter.

4. Perhitungan Bahan Baku

Terakhir, yaitu dengan memperhitungkan bahan baku yang akan digunakan. Bahan utama dari pembuatan cakar ayam adalah besi dan juga beton. Besi yang digunakan biasanya mempunyai ukuran 10 mm dengan jarak 20 cm setiap besinya.

Keunggulan Cakar Ayam

Setelah mengetahui cara membuat cakar ayam rumah 2 lantai dengan benar, perlu juga mengetahui keunggulan dari pondasi cakar ayam. Ada berbagai keunggulan yang dimiliki pondasi model cakar ayam. Inilah beberapa keunggulannya:

1. Bisa Digunakan Dengan Fleksibel

Untuk keunggulan yang pertama yaitu bisa digunakan dengan fleksibel atau pada jenis tanah apapun. Bahkan, tanah dengan permukaan yang lembek pun bisa menggunakan pondasi jenis ini. Tinggal di sesuaikan saja dengan ukuran pondasi serta kedalamannya.

2. Mudah Dipasang

Keunggulan yang selanjutnya adalah mudah untuk dipasang. Karena mudah untuk dipasang, pemasangan pun akan lebih cepat. Selain itu, pemasangan pondasi cakar ayam pun bisa dilakukan oleh tukang yang profesional maupun yang masih baru.

3. Mampu Menjaga Bangunan

Pondasi cakar ayam bisa juga untuk menjaga bangunan agar tetap kokoh dan awet. Apalagi, untuk rumah yang lantai 2 wajib untuk menggunakan pondasi dengan jenis ini. Karena, dapat menopang bangunan yang berat dan sederhana.

Jadi, itulah cara membuat cakar ayam rumah 2 lantai dengan tepat dan juga benar. Rumah dengan 2 lantai memang membutuhkan pondasi yang tepat. Supaya, bangunan yang ada di lantai 2 tetap kokoh dan bisa menopang dengan baik juga.

Mengapa harus menggunakan pondasi cakar ayam? Karena pondasi jenis ini mudah untuk dipasang dan bisa membuat bangunan tetap terjaga. Jadi, memang sangat direkomendasikan sekali bagi yang ingin membuat rumah 2 lantai.

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *