Mengenal Bahan Untuk Mengatasi Dak Bocor Yang Sesuai!

  • Suriyadi Kolomarsi
  • May 24, 2023
bahan untuk mengatasi dak bocor

Bahan untuk mengatasi dak bocor yang mungkin sudah dikenal di beberapa kalangan, yang memang biasa mengalami dak bocor atau retak. Dak yang bocor juga memerlukan sebuah perbaikan yang maksimal dan juga tentunya bahan yang sesuai.

Bahan-bahan untuk mengatasi dak yang bocor memiliki beberapa jenis tergantung kebutuhan dan juga tergantung dengan kondisinya. Nah berikut ini akan ada penjelasan mengenai bahan yang dapat mengatasi dak bocor dan juga penyebabnya.

Kenali Bahan Untuk Mengatasi Dak Bocor

Untuk dapat mengatasi dak yang bocor diperlukan juga bahan yang sesuai dengan kebutuhan dan bahan yang sesuai. Dan berikut ini beberapa bahan yang diperlukan untuk dapat memperbaiki dak yang telah bocor.

1. Bahan Untuk Pelapis Membrane

Pertama yaitu bahan untuk pelapis membrane memang awalnya dijadikan sebagai bahan untuk pekerjaan dalam konstruksi dan jalan raya. Namun semakin majunya perkembangan maka bahan untuk pelapis membrane dijadikan salah satu bahan untuk mengatasi dak bocor.

Dalam penggunaannya maka pengguna perlu untuk membakarnya pada permukaan dak yang telah bocor atau retak. Teksturnya akan langsung melekat di bagian yang bocor atau retak dengan baik dan cocok untuk kasus dak bocor yang lebar.

2. Bahan Untuk Pelapis Lembaran Bitumen

Selanjutnya yaitu dengan bahan untuk pelapis lembaran bitumen yang cocok untuk mengatasi masalah dak yang bocor di area yang cenderung tergenang. Bahan ini sangat mudah untuk diaplikasikan, namun dalam pengaplikasiannya wajib ditutupi oleh lapisan yang lain.

3. Bahan Untuk Pelapis Styrene Acrylic

Bahan berikutnya yaitu dapat digunakan dengan menggunakan bahan untuk pelapis styrene acrylic dengan struktur yang keras dan melekat dengan baik. Bahan yang memang biasanya digunakan untuk dapat melapisi pada permukaan beton pabrik dan bangunan industri.

Penggunaannya masih sangat terbatas dan hanya tersedia untuk industri, terlebih dengan biaya yang cukup mahal dan bahan yang sulit ditemukan. Meskipun bahan ini termasuk bahan yang kuat dan stabil dengan tekstur yang tahan perubahan suhu.

4. Bahan Untuk Pelapis Cementitious

Berikutnya yaitu dengan menggunakan bahan untuk pelapis cementitious yang memiliki biaya yang terbilang lebih murah dari sebelumnya. Untuk mengatasi dak yang bocor yang menggunakan bahan ini bisa dibilang cara yang sangat mudah.

Dengan pengaplikasiannya yaitu melepaskan cairan ini pada permukaan yang retak atau ke permukaan dak yang bocor. Namun bahan ini hanya dapat digunakan untuk menutupi atau mengatasi retakan yang tidak terkena langsung air dan sinar matahari.

5. Bahan Untuk Pelapis Akrilik, Pasir Silika, Dan Aditif

Terakhir yaitu dengan menggunakan bahan untuk pelapis akrilik, pasir silika, dan aditif yang dapat mengatasi dak yang retak atau bocor. Bahan ini mudah untuk mengaplikasikannya yaitu dengan mengoleskan cairan degan kuas ke dak yang bocor.

Kenali Penyebab Dak Bocor

Setelah mengetahui beberapa bahan yang dapat mengatasi dak yang bocor atau retak, perlu juga untuk mengetahui penyebabnya. Berikut merupakan beberapa hal yang diklaim menjadi penyebab dari dak yang bocor atau dak yang retak: 

  • Proses pengecoran yang masih kurang sempurna, karena campuran bahan yang tidak sesuai.
  • Beton yang memiliki permukaan yang kurang merata atau tidak halus.
  • Memiliki hasil coran yang tidak sesuai dengan standar.

Nah itulah penjelasan mengenai bahan untuk mengatasi dak bocor yang sesuai dan juga penyebab adanya dak yang bocor atau retak. Bahan di atas termasuk ke dalam bahan yang mudah untuk diaplikasikan dan bahan yang sesuai.

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *