Konsep Desain Taman di Indonesia

  • Achmad Kolomarsi
  • Jan 09, 2023
Konsep Desain Taman di Indonesia

Taman di rumah Anda bukan hanya elemen desain untuk dilihat. Dengan sebagian besar dari kita sangat menikmati bekerja dan tinggal di rumah, ini adalah tempat yang aman jauh dari rumah yang sibuk, tempat untuk bersantai dan menikmati tanaman hijau, tempat untuk belajar berkebun, dan bahkan tempat untuk menikmati sinar matahari yang sangat dibutuhkan di pagi hari.

Konsep Desain Taman di Indonesia
Taman Indoor – Sumber: Pinterest

Di Indonesia, jenis taman bisa beragam dari tradisional hingga kontemporer, tergantung dari tipe rumahnya. Jika Anda ingin membuat ruang taman Anda sendiri, gunakan desain taman yang luar biasa ini di Indonesia untuk mendapatkan inspirasi.

Taman di dalam dan di luar

Desain lansekap mewah yang luar biasa di sebuah rumah yang terletak di Surabaya Barat ini menawarkan beberapa area outdoor yang melayani tujuan yang berbeda. Di area luar properti, ada teras yang sempurna untuk menjamu tamu dan duduk di luar ruangan. Di dalam, beberapa area dipisahkan oleh tanaman hijau dan memiliki jalan setapak batu yang menghubungkannya, sepenuhnya merangkul alam dan udara segar.

Teras Taman Tradisional Indonesia

Teras tradisional yang luar biasa ini berada di rumah Perancang Busana Indonesia yang terkenal, Poppy Dharsono. Bagian belakang rumahnya menampilkan pendopo tradisional dengan atap tipe Limasan yang dikaitkan dengan status yang lebih tinggi dari keluarga Jawa. Daerah ini dikelilingi oleh tanaman hijau subur, ruang yang tenang untuk beristirahat dan bersantai sambil menikmati udara segar.

Taman Zen Jepang

Percaya atau tidak, taman Jepang ini terletak di sebuah hunian pribadi di Klaten, Jawa Tengah. Rumah tropis ini dirancang oleh arsitek Frans Gondo dan desainer interior Valdy Wijaya, dan salah satu elemen menarik yang mereka masukkan adalah taman dan teras yang berada tepat di area pintu masuk rumah. Area zen kecil didekorasi dengan pohon bonsai dan pasir putih sebagai fitur penyambutan yang tenang untuk rumah.

Sebuah Grand Central Courtyard

Menyebut area ini sebagai taman sama sekali tidak adil. Halaman yang luar biasa ini terletak di dalam sebuah rumah besar di Bali yang dirancang oleh Arsitek Piter Gan. Halaman besar yang cocok untuk acara besar dan pesta juga dibatasi oleh kolam dan memiliki jalur terapung ke paviliun hiburan. Desainnya pasti layak untuk royalti, dan istana impian bagi siapa pun!

Taman Hemat Ruang

Sebuah keluarga di Serpong memutuskan untuk meningkatkan hobi ramah lingkungan mereka menjadi gaya hidup “pertanian perkotaan” secara keseluruhan dan mengubah rumah mereka menjadi surga berkebun. Dengan bantuan arsitek Sigit Kusumawijaya, rumah mereka diubah menjadi rumah kaca sendiri, menggabungkan tanaman ke dinding dan sampai ke area atap.

Taman Kaktus Dalam Ruangan

Taman kaktus yang menakjubkan ini tergabung dalam Hikari House, sebuah rumah di Bandung Utara yang dirancang oleh duo arsitek Erick Laurentius dan Ronald Pallencaoe dari Pranala Associates. Mereka memutuskan untuk membangun elemen ini di ruang makan untuk memungkinkan cahaya alami memasuki ruang dalam berbagai sudut, menciptakan suasana meditatif.

Author Profile

Achmad Kolomarsi
Achmad Kolomarsi
Achmad adalah seorang profesional di bidang teknik sipil dan arsitektur yang juga dikenal sebagai penulis blog yang berpengaruh. Sejak usia muda, Achmad telah memiliki minat yang mendalam dalam struktur bangunan dan desain arsitektur.

Achmad mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana ia mendalami ilmu perencanaan struktural dan desain bangunan. Selama masa studinya, ia menjadi mahasiswa teladan dan aktif dalam berbagai organisasi mahasiswa yang berkaitan dengan arsitektur dan teknik sipil.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Achmad mulai bekerja sebagai seorang insinyur struktural di sebuah perusahaan konstruksi terkemuka di Indonesia. Ia terlibat dalam berbagai proyek penting, mulai dari bangunan komersial hingga infrastruktur publik, yang memberinya pengalaman berharga dalam industri.

Namun, kecintaannya pada dunia arsitektur juga terus berkembang, dan Achmad memutuskan untuk membagikan pengetahuannya melalui sebuah blog. Blognya segera menjadi sumber informasi utama bagi mereka yang tertarik dalam dunia teknik sipil, arsitektur, dan desain. Di blognya, Achmad menyediakan panduan, artikel, serta ulasan tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *