Inilah Jenis Lantai Vinyl untuk Dekorasi Ruangan yang Menawan

  • Suriyadi Kolomarsi
  • Apr 23, 2023
jenis lantai vinyl

Sebuah hunian memang mencakup berbagai hal di dalamnya, termasuk dalam penggunaan material untuk lantai. Pemilihan jenis lantai Vinyl bisa dijadikan salah satu alternatif material yang bisa dipakai. Selain dapat memperindah hunian, terdapat juga manfaat lainnya.

Lantai Vinyl sendiri merupakan lantai yang menggunakan bahan Vinyl, yakni salah satu material lantai dari bahan sintetis. Meskipun dari bahan sintetis, tetapi kualitas serta beragam kelebihan lainnya tidak bisa dianggap remeh. Berikut ini ulasan lengkapnya.

Jenis Lantai Vinyl

Ada beberapa jenis lantai Vinyl yang bisa diketahui pembaca. Nantinya mungkin bisa menjadi pertimbangan untuk memilih dan menggunakannya. Di antara jenis-jenis Vinyl tersebut, yaitu:

1. Vinyl Tile

Sesuai namanya, Vinyl Tile ini tampilannya terlihat menyerupai corak keramik. Memiliki ketebalan sekitar 1 mm sampai 3 mm, dengan ukuran panjang serta lebar yang berkisar antara 30 sampai 50 cm.

Beragam coraknya yang menarik seperti halnya keramik, bisa dipilih sesuai keinginan masing-masing. Meskipun Vinyl pasti berbeda teksturnya dengan keramik, tetapi tentunya dari segi harga penggunaan material Vinyl ini lebih terjangkau.

Adanya perekat khusus yang digunakan dalam pemasangannya, memungkinkan sekat atau jarak antar lantai dan bahan material tersebut lebih tidak terlihat.

2. Vinyl Plank

Jenis Vinyl yang satu ini biasanya lebih banyak digunakan untuk sebuah hunian atau rumah, tetapi tidak menutup kemungkinan dipakai pada bangunan kantor. Tampilannya menyerupai corak kayu asli, sehingga jika digunakan mirip dengan lantai kayu.

Memiliki ukuran panjang yang berkisar antara 90 sampai 100 cm dan ukuran lebarnya yang berkisar antara 10 sampai 20 cm. Sementara untuk ketebalannya, berkisar antara 2 sampai 3 mm.

3. Vinyl Click

Berikutnya, jenis Vinyl ini memiliki ketebalan berkisar antara 4 sampai 5 mm. Dalam segi pemasangannya sendiri, cenderung lebih mudah dengan adanya sistem penguncian khusus yang biasanya terletak di sisi pinggir tiap lembaran Vinyl.

Jadi, dengan adanya kemudahan tersebut, pengguna Vinyl jenis ini dapat melakukan pemasangan sendiri. Hasilnya pun biasanya lebih rapi karena sambungan dari pemasangan tersebut tidak begitu terlihat.

4. Vinyl Roll

Berbeda dengan beberapa jenis Vinyl sebelumnya, Vinyl Roll ini berbentuk gulungan layaknya gulungan karpet. Namun, jenis Vinyl ini tentunya memiliki tekstur yang cenderung lebih halus daripada karpet.

Memiliki beragam motif yang tidak kalah menarik dengan jenis Vinyl lainnya, bisa didapatkan juga oleh pengguna yang menginginkan corak Vinyl tertentu. Panjangnya kurang lebih sekitar 25 m dan lebarnya 2 m.

Menilik Keunggulan Jenis Lantai Vinyl

Meskipun material lantai Vinyl ini dari bahan sintetis yakni dari polyvinyl Chloride atau PVC, tetapi tetap memiliki keunggulan. Beberapa di antaranya seperti berikut:

  • Motif yang Variatif. Tersedianya beragam variasi motif, membuat material Vinyl ini dapat dijadikan pilihan yang menarik serta bisa memperindah sebuah ruangan.
  • Pemasangan yang mudah. Tanpa tenaga ahli atau profesional sekalipun, pemasangan material Vinyl untuk lantai ruangan bisa dilakukan dengan mudah. Hasilnya pun bisa tetap rapi jika mengikuti prosedur pemasangan yang sesuai.
  • Harganya lebih terjangkau. Meskipun coraknya menawan, bahkan hampir menyerupai keramik atau material kayu asli, harga Vinyl ini cenderung lebih terjangkau.
  • Lainnya. Bahan material yang cukup awet serta tahan lama ini, juga memiliki keunggulan lain dalam hal kualitas. Apalagi jika dibarengi dengan pemasangan serta perawatan yang tepat.

Dengan adanya ulasan terkait jenis lantai Vinyl, pengguna yang nantinya ingin mencoba material ini, dapat memiliki gambaran mengenai bahan alternatif untuk lantai tersebut. Segala hal yang terkait dengan bagian sebuah bangunan tersebut juga dapat disesuaikan.

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *