Begini Cara Pemasangan Aluminium Foil Atap Rumah untuk Perlindungan Hunian Lebih Nyaman dan Aman

  • Suriyadi Kolomarsi
  • Mar 26, 2023
cara pemasangan aluminium foil atap

Pada era modern ini tidak sedikit pada akhirnya yang mencari cara pemasangan aluminium foil atap untuk melindungi bagian atas rumah dari perubahan cuaca. Pemanfaatan aluminium foil untuk atap ini bisa menjadi opsi tepat untuk dekorasi rumah.

Tentunya dengan menggunakan alumunium foil ini pun nantinya atap juga akan lebih tahan terhadap perubahan cuaca. Namun, apa sebenarnya manfaat dari alumunium foil untuk atap serta bagaimana cara penggunaanya? Mari simak ulasan dibawah:

Mengenal fungsi Aluminium Foil untuk Atap Rumah

Atap rumah memang menjadi bagian penting dari bangunan rumah untuk dapat melindungi seluruh isi rumah dari berbagai macam ancaman dari atas. Melalui adanya atap rumah ini pula nantinya rumah juga bisa mendapat perlindungan dari hujan maupun panas.

Hal inilah kemudian yang membuat pemilihan atap rumah begitu penting untuk diperhatikan dengan tepat. Melalui pemilihan atap yang tepat ini nantinya rumah akan mendapatkan perlindungan lebih optimal.

Selama ini, atap yang paling sering digunakan di Indonesia sendiri adalah jenis atap dari batu bata ataupun jenis atap dari galvalum. Pada dasarnya dua jenis atap ini tentu memiliki kekurangan serta kelebihannya masing-masing.

Namun, kini seiring dengan berkembangnya teknologi serta pengetahuan pada akhirnya jenis atap pun juga mengalami penambahan jenis yang dapat dipilih. Jenis atap ini sendiri adalah aluminium foil untuk atap.

Melalui alumunium foil ini nantinya pengguna akan mendapatkan berbagai macam keuntungan saat menggunakannya. Lalu, apa sebenarnya keuntungan dari pemilihan jenis atap dari bahan alumunium foil ini? Mari ketahui 3 poinnya berikut:

  • Pada saat menggunakan alumunium foil nantinya atap rumah akan mendapatkan perlindungan lebih optimal dari setiap tetesan air hujan.
  • Penggunaan alumunium foil ini pun juga bisa menjadi peminimalisir dari terjadinya kebocoran pada atap rumah.
  • Melalui penggunaan alumunium foil ini pun nantinya atap rumah juga akan mendapatkan perlindungan dari sinar matahari bahkan mencapai 97 persen.

Bagaimana Cara Memasang Alumunium Foil pada Atap Rumah?

Apabila sebelumnya telah mengetahui apa saja manfaatnya, maka mengetahui cara pemasangan aluminium foil atap tentu juga penting. Pada dasarnya pemasangan alumunium foil pada atap ini tentu akan mendapatkan hasil lebih optimal bila dilakukan oleh ahli.

Hal ini karena pada dasarnya ada aturan serta ketepatan pada pengukuran dan berbagai hal lain dalam pemasangannya. Lalu, bagaimana sebenarnya proses pemasangan alumunium foil pada atap ini? Berikut ulasan singkatnya:

  • Pada proses pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan pengukuran pada rangka dari atap rumah.
  • Tahap berikutnya yang perlu dilakukan adalah melakukan pengukuran jarak pemasangan dari tumpuan yang akan digunakan untuk memasang alumunium.
  • Pemasangan metal strip atau tumbuhan untuk alumunium ini menjadi proses berikutnya yang perlu dilakukan.
  • Apabila pengukuran telah selesai dan didapatkan angka yang dibutuhkan, maka tahap berikutnya adalah memulai melakukan pemotongan alumunium sesuai pengukuran.
  • Tahap berikutnya silahkan bentangkan alumunium foil pada rangka yang telah diukur sebelumnya.
  • Proses selanjutnya adalah melakukan penjepitan aluminium foil dengan reng atau pun dipaku.
  • Tahap berikutnya adalah membentangkan alumunium foil pada sisi samping dari bidang.
  • Melakukan overlap untuk dilakukan pelapisan bisa menjadi tahap berikutnya yang perlu dilakukan.
  • Menambahkan aluminium tape sebagai perekat tambahan juga bisa menjadi solusi supaya pemasangan lebih kuat.

Itulah tadi sekilas tentang cara pemasangan aluminium foil atap yang bisa menjadi pilihan lain untuk dapat melindungi rumah bagian atas. Penggunaan aluminium ini bisa menjadi solusi untuk mendapatkan hunian lebih nyaman ditinggali.

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *