Cara Membuat Lantai Mengkilap Mudah dan Sederhana

  • Suriyadi Kolomarsi
  • May 18, 2023
Cara Membuat Lantai Mengkilap Mudah dan Sederhana

Dalam sebuah rumah, lantai memegang peranan penting untuk penampilan. Lantai sendiri menjadi gambaran tentang kebersihan rumah karena jika lantainya mengkilap akan terlihat lebih terawat. Ada cara membuat lantai mengkilap yang harus diketahui agar rumah semakin cantik dan bersih.

1. Rutin Membersihkan Lantai

Cara membuat lantai mengkilap yang pertama bisa dilakukan untuk membuat lantai lebih mengkilap adalah dengan sering-sering menyapu lantai. Rajin untuk membersihkan kotoran yang ada di permukaan lantai bisa menghilangkan semua debu. 

Tidak hanya debu melainkan kotoran yang menempel sebelum akhirnya mengumpul jadi lebih banyak. Lama-lama debu yang terlalu banyak mengumpul dan berpasir bisa membuat keramik tidak cantik dan tergores. 

Jika hal ini dibiarkan begitu saja maka akan menyebabkan lapisan yang mengkilap pada keramik hilang seiring waktu dan keindahannya akan berkurang. Apalagi pada lantai warna putih.

Jadi seringlah menyapu lantai rumah dan jika perlu dibersihkan dengan vacuum agar bisa lebih bersih. Lebih baik lagi jika lantai sering di pel dengan sabun lantai dan air yang bersih agar semakin bersih dan bebas dari bakteri serta kuman.

2. Pel Lantai dengan Air Hangat

Kotoran yang menempel erat dengan lantai tidak bisa hilang begitu saja. Untuk menghilangkan hal ini lantai perlu di pel menggunakan cairan pembersih lantai yang banyak beredar dipasaran. 

Selain membersihkan lantai ini juga akan membuat lantai lebih aman dari bakteri dan kuman. Untuk perawatan lebihnya bisa coba untuk mengepel lantai menggunakan air yang hangat. 

Melakukan metode ini akan berdampak bagus pada keramik dan dipercaya bisa membuat lantai lebih mengkilap dan bersih. Jadi cobalah untuk menggunakan cara ini.

3. Gunakan Lemon

Jika tidak ada bahan pembersih lantai tersedia di rumah, bisa juga membuatnya dari bahan-bahan yang umum ditemukan di rumah. Contohnya ada buah lemon yang bisa dipakai untuk dimanfaatkan jadi pembersih lantai dan membuatnya jadi lebih mengkilap.

Caranya bisa dengan mengikuti langkah yang akan dijelaskan berikut ini:

  • Campurkan air perasan lemon pada air hangat dengan perbandingan 1:3.
  • Masukan cairan tadi kedalam semprotan yang ada di rumah.
  • Semprotkan cairan tadi ke beberapa wilayah lantai di rumah tidak perlu semuanya.
  • Diamkan dalam beberapa saat dan pel menggunakan kain bersih yang lembut.

4. Memoles dengan Baking Soda

Jika tidak ada lemon di rumah juga bisa gunakan baking soda yang tersedia. Bahan tersebut bisa digunakan dalam banyak hal termasuk menyulap lantai rumah yang terlihat kusam jadi lebih mengkilap serta bersih. Untuk langkah penggunaannya bisa ikuti cara ini:

  • Siapkan bubuk baking soda yang ada di rumah.
  • Ambil satu sendok baking soda dan taburkan sedikit demi sedikit ke lantai agar tidak terlalu banyak.
  • Jika terasa kurang boleh ditambahkan lagi beberapa tabur.
  • Campurkan dengan air tidak usah terlalu banyak hanya untuk membuat baking soda bereaksi.
  • Gosok campuran air dengan baking soda dengan kain pel agar nodanya bisa terangkat dan lantai lebih berkilau.

5. Gunakan Pasta Gigi

Ada lagi bahan lain yang tidak akan disangka orang bisa membuat lantai mengkilap. Bahan ini adalah pasta gigi yang pasti dimiliki banyak orang di rumahnya. Bahan ini mampu membuat lantai lebih mengkilap dengan cara berikut:

  • Oleskan pasta gigi yang ada di lantai secara merata dan tidak usah terlalu banyak.
  • Sikat perlahan menggunakan sikat gigi atau sikat lantai sambil dicampurkan dengan beberapa tetes air.
  • Akhiri langkahnya dengan kain yang bersih pastikan tidak ada sisa yang tertinggal karena akan membuat licin.

Itulah sedikit informasi seputar cara membuat lantai mengkilap di rumah. Cara yang disebutkan diatas banyak yang menggunakan bahan-bahan sederhana di rumah jadi bisa lebih mudah diterapkan.

 

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *