Inilah Cara Membersihkan Lantai Berminyak, Efektif dan Anti Ribet!

  • Suriyadi Kolomarsi
  • May 14, 2023
cara membersihkan lantai berminyak

Lantai merupakan bagian penting dari bangunan yang harus selalu terjaga kebersihannya, agar seluruh ruangan tetap terlihat rapi dan bersih. Perlu dipelajari bagaimana cara membersihkan lantai berminyak, karena hal ini sering terjadi terutama pada area dapur.

Memang cukup sulit untuk membersihkan minyak pada lantai, karena akan terus terasa licin ketika dilewati. Oleh karenanya, penting untuk mempelajari tips membersihkannya dengan efektif dan cepat. Bagaimana caranya? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Menggunakan Sabun Cuci Piring

Cara membersihkan lantai berminyak yang pertama adalah dengan menggunakan sabun cuci piring. Mungkin terdengar sedikit aneh, tapi hal ini memang terbukti efektif dalam membersihkan minyak pada laptop.

Caranya cukup mudah, siapkan air hangat lalu larutkan satu sendok sabun cuci piring. Setelah itu silahkan pel menggunakan air tersebut. Jika sudah lanjutkan pel kembali dengan memakai air bersih, maka minyak akan hilang secara sempurna.

2. Menaburkan Tepung Terigu atau Garam

Berikutnya juga terdapat bahan unik yang juga dapat membersihkan minyak dari lantai, yaitu garam dan tepung terigu. Unik tapi nyata, inilah sebutan yang cocok untuk cara ini.

Pertama, taburkan garam atau tepung terigu, selanjutnya tunggu beberapa saat agar minyak meresap pada tepung. Jika sudah, sapu sisa-sisa tepung tersebut, maka lantai akan kembali bersih dari licinnya minyak.

3. Memakai Koran

Kertas koran merupakan benda yang sangat baik dalam menyerap air sehingga akan sangat cocok digunakan untuk membersihkan lantai dari minyak yang tumpah. Selain itu, cara ini juga dapat memanfaatkan sampah koran yang menumpuk.

Caranya cukup sederhana, yaitu tinggal berikan kertas koran pada minyak yang ada di lantai kemudian diamkan sejenak. Tekan permukaannya dan jangan digosok agar tidak menyebar kemana-mana, setelah itu bersihkan bekas korannya.

4. Menggunakan Baking Soda

Bahan ini sangatlah ampuh digunakan untuk membersihkan minyak pada lantai. Bahkan tidak hanya itu, kotoran lainnya yang banyak terdapat di dapur juga. Namun perlu diperhatikan, karena baking soda merupakan bahan keras yang berbahaya untuk kulit

Baking Soda mempunyai daya serap yang kuat untuk minyak, sehingga cukup menaburkan sedikit saja di atas lantai kotor karena minyak. Setelah usai, silahkan pel dengan air bersih, maka minyak di lantai akan hilang secara optimal.

5. Menaburkan Serbuk Kayu

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan serbuk kayu. Bahan ini dapat digunakan sebagai alternatif di saat bingung hendak membersihkan minyak pada lantai dengan apa. Hal tersebut karena serbuk kayu memiliki tekstur yang cocok untuk membersihkan minyak.

Caranya cukup kumpulkan serbuk kayu yang cukup, lalu taburkan di atas minyak yang tumpah pada lantai. Diamkan selama beberapa menit hingga serbuk kayu menyerap dengan sempurna. Jika sudah, jangan lupa bersihkan dengan sapu.

6. Menuangkan Thinner

Cara terakhir yang bisa digunakan untuk membersihkan minyak di lantai adalah dengan memberikan thinner. Namun trik ini sebaiknya digunakan jika terdapat bekas yang susah hilang akibat minyak pada lantai.

Karena cukup tuangkan thinner pada noda membandel di lantai karena bekas minyak, lalu diamkan beberapa saat. Setelah dirasa sudah cukup, maka silahkan pel lantai menggunakan air bersih dan keringkan. Lantai akan kembali bersih seperti semula.

Itulah beberapa cara membersihkan lantai berminyak. Sangatlah banyak alternatif caranya, pilihlah hendak memakai cara yang mana. Pastinya, minyak pada lantai harus segera dibersihkan agar tidak membuat lantai kotor dan terlalu licin.

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *