Inilah Ukuran Besi Hollow untuk Kanopi, Ketahui Cara Mengukurnya

  • Suriyadi Kolomarsi
  • Feb 12, 2023
ukuran besi hollow untuk kanopi

Besi hollow bisa menjadi solusi untuk membuat kanopi. Namun tentunya harus dipahami terlebih dahulu ukuran besi hollow untuk kanopi. Untuk mendapatkan kanopi yang presisi, ukuran besi hollow harus diperhitungkan dengan baik. Karenanya, mari bahas selengkapnya.

Ukuran Hollow yang Tepat untuk Kanopi

Penggunaan kanopi sekarang semakin luas untuk mendukung lingkungan rumah menjadi teduh. Banyak orang yang memilih untuk membuat kanopi dengan besi hollow karena biayanya yang lebih murah. Namun tentunya, harus dilakukan pengukuran untuk hal ini.

Untuk membuat rangka kanopi gunakan hollow hitam karena alasan kekuatannya. Pemilihan besi hollow bukan hanya karena kekuatannya namun juga dari harganya. Selain itu, besi hollow yang tahan tentu akan membuat rangka kanopi tahan lama.

Ketika menggunakan besi hollow untuk rangka kanopi, pilih besi hollow dengan ketebalan 3 hingga 4 milimeter. Untuk dimensinya, gunakan besi hollow hitam pada ketebalan tersebut dengan ukuran besi hollow untuk kanopi sebesar 100 x 50.

Dengan ukuran yang sudah tertera akan didapatkan kerangka kanopi yang sesuai dengan kriteria. Untuk rangka kanopi tentu dibutuhkan besi hollow yang kokoh. Hal ini dikarenakan kanopi terletak di luar ruangan dan akan terkena air hujan serta udara luar.

Cara Menghitung Ukuran Hollow untuk Kanopi

Ketika menggunakan besi hollow untuk membuat kanopi, tentu yang diinginkan adalah kerangka kanopi yang presisi. Kanopi yang diinginkan harus menutupi seluruh rumah bagian luar serta dilebihkan sedikit. Berikut ini langkah penghitungan besi hollow untuk kanopi:

  • Untuk membuat perhitungan yang presisi, pembuatan sketsa diperlukan sebelum melakukan pengukuran untuk mendapatkan gambaran pasti tentang pemasangan kanopi.
  • Setelahnya, lakukan pengukuran luas daerah yang akan diberi kanopi.
  • Pengukuran bisa menggunakan acuan ukuran bangunan saat dibangun.
  • Pertama, hitung luas bagian bangunan yang akan dinaungi dengan kanopi. Panjang dan lebar masing-masing sisi harus ditambah dengan 15 cm untuk pemasangan.
  • Selanjutnya, hitung area tambahan yang bisa digunakan untuk tambahan kanopi, biasanya 50 cm.
  • Terakhir, hitung juga tinggi bangunan dan setinggi apa kanopi bisa dipasang.

Saat menghitung tinggi jangan lupa juga lakukan penghitungan sisi miring untuk bagian besi hollow yang akan menjadi penyangga. Saat melakukan pengukuran, langsung tuliskan hasil pengukuran pada sketsa yang sudah dibuat.

Dengan begitu akan didapatkan gambaran rancangan dari pemasangan besi hollow untuk rangka kanopi. Jika penghitungan sudah tepat dan yakin benar maka, pembelanjaan bahan dan pemasangan kanopi bisa langsung dilakukan.

Besi Hollow untuk Kegunaan Lain dan Ukurannya

Selain untuk keperluan pembuatan kanopi pada rumah, besi hollow juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Berikut ini beberapa kegunaan lain dari besi hollow disertai dengan ukuran sesuai anjurannya agar bisa berfungsi sesuai kegunaannya:

  • Besi hollow untuk pagar: Besi hollow hitam, ketebalan 1.6 milimeter, dengan dimensi 40 x 40.
  • Besi hollow untuk kusen pintu: Besi hollow hitam atau besi hollow galvanis, ketebalan 1.8 milimeter, dengan dimensi 20 x 20.
  • Besi hollow untuk pegangan tangga: Besi hollow hitam, ketebalan 1.2 milimeter, dengan dimensi 30 x 30.
  • Besi hollow untuk rangka plafon: Besi hollow galvanis, ketebalan 1.6 milimeter, dengan dimensi 40 x 40.
  • Besi hollow untuk pinggiran balkon: Besi hollow hitam atau besi hollow galvanis, ketebalan 1.6 milimeter, dengan dimensi 40 x 40.

Nah itu dia sekilas pembahasan tentang ukuran besi hollow untuk kanopi serta langkah pengukurannya. Dengan cara pengukuran yang benar akan didapatkan ukuran besi hollow yang presisi sehingga meminimalisir kerugian serta memaksimalkan produk.

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *