5 Langkah Memasang Sekat Kamar Tidur Dengan Triplek Secara Mudah

  • Penulis Kolom
  • Mar 21, 2023
sekat kamar tidur dengan triplek

Seperti yang diketahui bahwa dinding rumah dapat dibuat mamak beragam material, termasuk triplek. Untuk itulah, supaya sekat kamar tidur dengan triplek terpasang baik harus melalui beberapa tahapan. Mulai dari melakukan pembuatan desain hingga pengecatan.

Nantinya dalam proses pembuatan sekat dinding ini akan diperlukan beberapa alat serta bahan. Terdiri dari triplek itu sendiri, kemudian paku, butuh juga martil dan yang lainnya. Penasaran apa saja langkah untuk memasang sekat triplek? Berikut ulasannya:

1. Membuat Desain Awal

Langkah pertama untuk memasang sekat kamar tidur dengan triplek yaitu melakukan pembuatan desain terlebih dulu. Nantinya proses pembuatan desain ini dapat dijalankan dengan memanfaatkan software yang terdapat di komputer atau bisa juga dengan cara manual menggunakan kertas.

Tiap bagian desain yang dibuat jangan lupa untuk menambahkan keterangan terkait ukuran yang diperlukan. Perlu diperhatikan bahwa desain yang dibuat tersebut harus masuk akal, mudah dipahami serta mempunyai kesan menarik. Sesudah itu, tinggal sesuaikan dengan material.

2. Mempersiapkan Kayu Beserta Triplek

Langkah berikutnya untuk memasang sekat dinding dari bahan triplek yaitu mempersiapkan bahan berupa kayu beserta triplek itu sendiri. Dimana keberadaan dari kayu ini, nantinya akan dipakai untuk kerangka dari dinding triplek.

Dalam hal ini dianjurkan untuk memilih jenis kayu usuk yang mempunyai kualitas bagus. Serta tidak disarankan untuk memilih jenis kayu yang masih muda, serta masih dalam keadaan basah.

Umumnya kayu yang tidak berkualitas akan melengkung ketika sudah mengering. Jika kayu semacam ini dipakai untuk sekat, bisa jadi dinding triplek mempunyai permukaan yang bergelombang. Sementara untuk pemilihan triplek, dapat disesuaikan dengan anggaran yang ada.

3. Memasang Rangka Dinding

Tahapan ini dapat diawali dengan melakukan pemotongan bagian kayu usuk hingga menjadi sejumlah potongan. Untuk memasang kerangka ini, akan diperlukan kayu yang akan dipasang dengan cara vertikal serta horizontal.

Kayu yang dilakukan pemasangan dengan cara vertikal akan diberi jarak sekitar 1,5 cm dengan kayu lain. Sementara itu, untuk kayu yang dilakukan pemasangan memakai cara horizontal alam diberikan jarak 50 cm dengan kayu lain.

4. Memasang Dinding

Jika tahap sebelumnya, sudah diselesaikan dengan baik. Tahap berikutnya yaitu melakukan pemasangan rangka dinding yang sudah dibuat. Bisa dibilang, waktu yang paling baik untuk memasang adalah saat siang hari.

Bahan triplek nantinya dapat dipasang pada kedua sisi dari kerangka yang dibuat, yakni bagian depan sekaligus bagian belakang. Akan tetapi sebagian orang yang ingin berhemat, biasanya hanya memasang triplek ini di bagian depan kerangka saja.

Sementara itu kerangka bagian belakang akan dibiarkan dalam keadaan terbuka. Ternyata hal ini bisa dimanfaatkan untuk membuat rak dinding yang cukup menarik dan berguna sebagai tempat sejumlah barang.

5. Memasang Dempul dan Cat

Tahap terakhir untuk memasang sekat dinding dari bahan triplek yakni mengaplikasikan dempul pada kayu serta mengecat dindingnya. Pasalnya kondisi dinding triplek yang masih dalam keadaan belum rata di bagian permukaannya tidak disarankan untuk langsung dicat.

Hal ini karena berakibat pada hasil akhir pengecatan yang kurang maksimal. Untuk itu dilakukan dempul kayu pada bagian permukaan triplek. Untuk proses pengecatan sendiri bisa memakai jenis cat kayu yang dicampur dengan bahan lain sebagaimana cat biasanya.

Demikian sekilas informasi mengenai cara memasang sekat kamar tidur dengan triplek memakai 5 langkah mudah. Beberapa tahapan tersebut dapat dicoba untuk memasang sekat dinding yang ada di rumah dengan bahan triplek. Bisa dipakai untuk bagian dapur atau ruangan lainnya.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *