Perlunya Rencana Anggaran Biaya Rumah 2 Lantai dan Contohnya

  • Suriyadi Kolomarsi
  • Jan 14, 2023
rencana anggaran biaya rumah 2 lantai

Seseorang memerlukan Rencana Anggaran Biaya rumah 2 lantai jika ingin melakukan pembangunan. Tujuannya agar mengetahui budget yang dibutuhkan. Serta biaya bisa menyesuaikan dengan keuangan yang dimiliki agar pengeluaran tidak membengkak.

Pasalnya, kadang kala pembangunan tanpa adanya RAB bisa membuat pengeluaran semakin membengkak dan tidak bisa diatasi. Untuk membangun rumah 2 lantai, maka begini penjelasan lengkapnya.

Mengenal Apa Itu RAB (Rencana Anggaran Biaya) Rumah?

Jika ingin melakukan pembangunan atau renovasi sebuah rumah, maka perlu adanya RAB rumah. Dimana istilah itu singkatan dari Rencana Anggaran Biaya rumah yang dibutuhkan.

Sebenarnya, RAB ini bukan hanya dibutuhkan ketika membangun rumah atau renovasi saja. Tapi setiap tindakan membutuhkan RAB. Harapannya pengeluaran bisa diminimkan dan tidak mengalami pembengkakan di kemudian hari yang bisa membuat pusing.

Olah karenanya, Rencana Anggaran Biaya ini sangatlah penting untuk dilakukan sebelum bertindak. Contohnya saja Rencana Anggaran Biaya rumah 2 lantai yang harus dimiliki oleh seseorang yang ingin membangun. Dimana tujuan dari RAB rumah tersebut yaitu:

  • Alokasi biaya lebih jelas. Melalui RAB, pembaca bisa melakukan perencanaan biaya sesuai budget yang dimiliki. Hal itu membuat alokasi biaya yang dikeluarkan akan lebih jelas terinci.
  • Ada gambaran umum biaya yang dikeluarkan. Selain itu, dengan adanya rencana anggaran ini, dapat mengetahui perkiraan biaya yang akan dikeluarkan selama pembangunan berlangsung.
  • Bisa Memanajemen keuangan. Bahkan dengan adanya RAB, bisa untuk memanajemen keuangan. Dimana pembaca bisa menyiapkan bahan material sesuai budget dengan kualitas yang diinginkan. Serta bisa melakukan kesepakatan dengan kontraktornya.
  • Mudah membuat laporan keuangan. Tujuan lainnya yaitu bisa memudahkan pembaca dalam membuat laporan keuangan di kemudian hari setelah pembangunan selesai.

Cara Membuat dan Contoh Rencana Anggaran Biaya Rumah 2 Lantai

Jika seseorang ingin membuat RAB untuk rumah 2 lantai, maka caranya sangatlah mudah. Dimana dalam pembuatannya ini ada dua opsi yang bisa dipilih oleh pembaca, yaitu sebagai berikut:

  • Melihat Harga Kontraktor di Pasaran. Pembaca bisa memulai dengan memanfaatkan harga kontraktor yang ada. Biasanya para kontraktor ini akan memasang banderol harga sewa jasa untuk pembangunan rumah. Harga yang dipatok oleh kontraktor tergantung luas lahan.
  • Melihat Harga Material. Rencana anggaran biaya rumah yang kedua bisa dibuat berdasarkan harga material. Pembaca bisa melihat-lihat harga material yang kualitasnya sesuai dengan keinginan. Baru setelahnya bisa merancang anggaran biaya yang dibutuhkan.

Jika pembaca menggunakan opsi yang kedua, maka bisa membuat RAB yang detail. Hal itu dikarenakan pembaca harus melakukan rincian untuk bahan-bahan material yang dibutuhkan. Contohnya saja seperti di bawah ini:

  • Pasang pondasi 70 x 40,  Rp. 8.000.000.
  • Pemasangan struktur beton, yaitu sekitar Rp. 21.000.000.
  • Tembok bata, yaitu kisaran Rp. 25.000.000.
  • Tembok railing atap, Rp. 6.000.000.
  • Keramik untuk lantai, Rp. 8.000.000.
  • Pengerjaan jendela dan kusen 2 lantai, Rp. 6.000.000.
  • Atap lantai 1 (Plafon) Rp. 4.000.000.
  • Pengecatan tembok rumah 2 lantai, Rp 5.000.000.
  • Instalasi listrik, Rp 2.000.000.
  • Sanitasi, Rp 10.000.000.
  • Lainnya, Rp 15.000.000.

Jika dihitung totalnya menjadi Rp. 110.000.000 yang dibutuhkan untuk pembangunan rumah dua lantai. Namun pembaca bisa menyesuaikan harga di atas sesuai dengan lokasi tempat yang akan dibangun. Hal itu dikarenakan biasanya beda daerah maka harganya pun juga tidak sama.

Demikianlah tadi pembahasan Rencana Anggaran Biaya rumah 2 lantai. Serta di atas juga telah dibahas cara untuk membuatnya berdasarkan dua opsi. Meski begitu, dua opsi di atas tetap mengharuskan untuk melakukan penelusuran harga di pasaran terlebih dahulu.

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *