6 Pengganti Keramik Lantai Wajib Diketahui!

  • Suriyadi Kolomarsi
  • Jan 13, 2023
pengganti keramik lantai

Pemakaian keramik pada lantai bangunan terkadang dianggap membosankan karena material tersebut sudah sangat umum. Sebenarnya banyak material pengganti keramik lantai yang dapat dipilih sebagai alternatif bahan untuk lantai sebuah bangunan.

Jenis material yang dapat digunakan sebagai lantai ini juga dapat disesuaikan dengan berbagai tema bangunan. Untuk itu pembaca sangat perlu untuk mengetahui jenis dan karakteristik dari setiap material pengganti ini.

1. Lantai Marmer

Memilih jenis material lantai yang paling tepat nantinya akan membuat para penghuni merasa nyaman. Selain itu, pemilihan material lantai juga sangat terkait dengan anggaran dan juga suasana yang ingin didapatkan dalam bangunan.

Jenis pengganti keramik lantai yang pertama yaitu lantai marmer yang akan membuat Interior tampak mewah. Marmer merupakan pilihan utama ketika ingin menampilkan kesan elegan, beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika akan memilih lantai ini yaitu.

  • Harga material ini terbilang cukup mahal jika dibandingkan dengan material yang lain.
  • Apabila terjadi goresan pada marmer, goresannya akan sangat terlihat, oleh sebab itu lantai jenis ini memerlukan perawatan yang lebih.

2. Lantai Granit

Sama seperti lantai marmer material granit juga terbuat dari bebatuan alami yang ketika diinjak menimbulkan rasa yang dingin. Lantai ini memiliki banyak warna yang membuatnya semakin cantik untuk menyempurnakan tampilan sebuah hunian.

Hal yang perlu dipertimbangkan ketika akan memilih lantai ini sebagai material lantai adalah harganya yang tidaklah murah. Selain itu ketika lantai ini terkena air permukaannya jauh lebih licin dari pada jenis material yang lainnya.

3. Lantai Plester atau Lantai dari Semen

Salah satu jenis material untuk lantai yang terbilang hemat adalah lantai dari semen atau yang biasa disebut lantai plester. Lantai ini biasanya ditemui dalam bangunan yang bertema simpel dan memiliki tampilan yang trendi.

Hampir setiap jenis material untuk lantai memiliki kekurangan yang antara satu dan yang lainya perlu dipertimbangkan. Meskipun harganya relatif lebih murah beberapa kekurangan yang harus dipikirkan untuk memilih lantai ini antara lain.

  • Lantai plester mudah terkena noda.
  • Pada beberapa kondisi lantai ini cukup mudah mengalami retakan.
  • Perlu dilakukan perawatan yang ekstra agar tetap awet.

4. Lantai Parket

Lantai jenis ini materialnya adalah dari potongan kayu yang kemudian disusun geometris untuk menampilkan efek dekoratif. Keunggulan dari lantai parket ini yaitu jauh lebih stabil daripada lantai kayu yang biasa.

Kestabilan lantai kemungkinan terbentuk karena serpihan kayunya saling mengunci satu sama lain dengan begitu kuat. Hal ini menjadikannya sangat sulit mengalami pergeseran, meskipun demikian, kekurangan lantai ini adalah mudah mengalami kelembaban.

5. Lantai dari Material Karpet

Penutup lantai dari karpet adalah satu yang bisa disebut sebagai yang paling populer karena beragamnya pilihan warna, tekstur, dan pola. Secara tampilan penggunaan karpet akan membuat ruangan lebih cantik dengan penggunaannya mudah.

Pemasangan karpet adalah yang paling mudah daripada jenis lantai yang lain misalnya lantai kayu maupun vinyl. Penggunaan karpet cenderung lebih banyak ditemui pada bangunan daerah dingin karena dapat menimbulkan kesan hangat, kekurangan karpet meliputi.

  • Mudah menyerap kotoran halus seperti debu.
  • Sering menjadi tempat hidup tungau dan jamur karena mudah lembab.
  • Harus sering dibersihkan supaya tidak menyebabkan alergi.

6. Lantai Vinyl

Jenis lantai yang sangat direkomendasikan dan telah disinggung  sebelumnya adalah lantai vinyl, Lantai ini sangat mudah dipasang, tidak mudah kotor, serta memiliki banyak warna, desain, bahkan motif yang menyerupai material lantai yang lain.

Itulah 6 rekomendasi material lain pengganti keramik lantai sebagai tambahan inspirasi dan ide bangunan. Beberapa pertimbangan untuk memilih material lantai ini tentu harus dipikirkan secara matang tanpa melewatkan setiap aspeknya.

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *