Tips Menata Taman Depan Rumah Sederhana, Mudah dan Pasti Indah!

  • Suriyadi Kolomarsi
  • Apr 25, 2023
menata taman depan rumah sederhana

Taman depan menjadi tempat atau posisi sangat penting dalam sebuah perumahan yang akan memberikan kesan estetik. Ada pula banyak rekomendasi menata taman depan rumah sederhana tanpa mengeluarkan biaya besar agar membuatnya semakin menarik.

Selain itu, dengan adanya taman di depan rumah akan mendatangkan suasana nyaman dan tenang. Mengapa tidak, karena akan disuguhi pemandangan indah di depan rumah. Untuk itu mendekor taman adalah salah satu hal terpenting untuk mempercantik tampilan rumah.

1. Menanam Sayur-sayuran

Seiring waktu tentunya kesadaran masyarakat mengenai kesehatan akan semakin tinggi. Banyak yang memanfaatkan taman depan rumah untuk bercocok tanam sayur mayur.

Dengan menanam sayuran di depan rumah menjadi rekomendasi menata taman depan rumah sederhana. Selain itu dengan adanya sayuran di depan rumah akan menghemat biaya untuk pengeluaran setiap harinya.

2. Membuat Bebatuan Jalan Setapak

Jalan Setapak yang terbuat dari bebatuan bisa menjadi solusi yang digunakan untuk menata taman depan rumah agar terlihat estetik. Selain digunakan sebagai dekorasi taman, bebatuan ini juga bisa menjadi penunjuk jalan.

Ada beberapa jenis batu yang dapat digunakan untuk membuat jalan setapak ini. Biasanya digunakan adalah batu kerikil yang dicampur dengan semen karena memiliki tekstur halus dan menyerap air

3. Menata Taman dengan Deck

Deck atau bisa disebut dengan plafon datar tanpa atap bisa digunakan untuk menambah ke estetika taman depan rumah. Biasanya deck dibuat di atas permukaan tanah dari bahan kayu berbahan tahan cuaca dan tidak mudah keropos.

Bukan hanya digunakan untuk area tempat duduk deck ini juga berfungsi agar taman menjadi sedikit lebih luas. Agar tampak lebih cantik dapat dihiasi dengan pergola atau rambat yang membuat taman depan rumah lebih asri.

4. Menambahkan Kursi

Kursi tidak hanya berfungsi untuk duduk saja namun bisa digunakan untuk menikmati taman depan rumah. Agar tampilan taman rumah lebih estetik kursi yang digunakan terbuat dari kayu untuk ditaruh beberapa pot cantik pada sudut taman.

Selain itu, kursi harus dipadukan dengan meja untuk menaruh tempat minum camilan atau buku bacaan. Pilih model kursi sesuai dengan tema taman, misal untuk taman yang bernuansa estetik sangat cocok jika memakai kursi yang terbuat dari kayu.

5. Menambahkan Rak Tanaman

Rak tanaman juga menjadi salah satu rekomendasi menata taman depan rumah agar tampak sederhana. Rak ini membuat taman menjadi lebih berbeda dari sebelumnya. Hiasi rak dengan menggunakan pot-pot yang berisikan tanaman sesuai dengan tema rumah.

Sebelum menghias taman tentunya harus perhatikan bahan rak agar dapat menyatu dengan tema rumah. Hal ini bisa dilakukan mulai dari mengecat rak agar warnanya mencolok seperti kuning atau merah.

6. Meletakkan Hiasan Lampu

Cahaya lampu dapat menyihir taman depan rumah  dan dapat menampilkan kesan romantis dan modern. Selain itu juga dengan adanya lampu-lampu kecil yang melingkari dapat menambah kesan estetik taman depan rumah.

7. Menambahkan Kolam Ikan

Dengan adanya suara gemericik air dan ikan warna-warni yang ada pada kolam ikan depan rumah tentunya akan menambah kesan tersendiri. Kolam ini juga menjadi salah satu aksen yang dapat mempercantik taman.

Tidak perlu besar buat kolam seperti akuarium dan ditambahi dengan bebatuan. Untuk kolam ikan yang minimalis tentunya tidak akan mengeluarkan biaya besar. Dengan harga murah sudah bisa memandang ikan-ikan yang berenang.

Itulah tips menata taman depan rumah sederhana yang bisa dilakukan sendiri tanpa mengeluarkan budget besar. Dengan sedikit sentuhan sudah dapat menghasilkan taman depan rumah yang lebih cantik sekaligus membuat betah penghuni rumahnya.

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *