Referensi Macam Macam Atap Kanopi Paling Dikenal!

  • Suriyadi Kolomarsi
  • Jan 21, 2023
Macam Macam Atap Kanopi

Keberadaan atap tambahan atau yang sering disebut dengan kanopi tentu sangat penting untuk sebuah rumah. Namun sebelum melakukan pemasangan ketahui terlebih dulu macam macam atap kanopi yang ada. Berikut beberapa jenis kanopi, di antaranya yaitu;

1. Kanopi Go Green

Bagi yang ingin menghadirkan tampilan ramah lingkungan, pengguna dapat memakai kanopi go green sebagai pilihan. Pasalnya macam macam atap kanopi sangatlah beragam. Namun, kanopi yang satu ini bebas akan zat berbahaya.

Selain itu, atap kanopi yang terbuat dari baja ringan ini juga dapat didaur ulang. Membuatnya sangat ramah terhadap lingkungan sekitar karena tidak mengakibatkan limbah. Kelebihan lainnya dari kanopi tersebut yaitu anti karat.

Membuat penggunaanya pun awet dalam jangka waktu yang lama. Untuk harganya sendiri, jenis kanopi tersebut cukup ekonomis dibandingkan yang lainnya. Belum lagi masa garansi yang pada umumnya diberikan, membuatnya semakin diminati.

2. Kanopi Membrane

Selanjutnya, kanopi yang dikenal menawarkan harga yang cukup mahal yaitu ada kanopi membrane. Meskipun begitu, tak sedikit pengguna yang mencari kanopi dengan jenis ini. Pasalnya kekuatan dari kanopi membrane mampu bertahan dalam jangka panjang.

Nah, selain itu tampilan dari kanopi tersebut juga sangat menarik dan cantik. Mengingat para peminta bisa meminta desain kanopi sesuai dengan keinginannya. Tidak jarang permintaan desain kanopi pun disesuaikan dengan bentuk dan style rumah.

Kelebihan dari kanopi tersebut yaitu mampu menahan panas matahari dan tidak mudah rusak. Penggunaan pun dapat dipadukan dengan besi berkualitas. Hal yang perlu diperhatikan saat pemasangannya yaitu desain yang tepat dan sesuai.

3. Kanopi Solar Stuff

Ingin memakai kanopi transparan selain kaca? Pengguna bisa memanfaatkan kanopi solartuff sebagai penggantinya. Sekilas jika dilihat kanopi tersebut sangat mirip dengan kaca asli, tetapi yang membedakannya adalah daya tahannya.

Berbeda dengan kaca, kanopi yang satu ini sukar untuk pecah dan rusak. Hal ini dapat dilihat dari fleksibelnya kanopi ketika dipasang pada rumah. Belum lagi solartuffnya yang bisa menahan dan juga meredam panas matahari.

4. Kanopi Spandek

Selanjutnya kanopi lainnya yang terdiri dari berbagai perpaduan material yaitu ada kanopi spandek. Merupakan kanopi yang terdiri atas alumunium, silicon hingga seng di dalamnya. Dengan adanya kombinasi material tersebut, kanopi mampu memantulkan panas.

Untuk ketebalan bahan dari kanopi spandek yakni cenderung tipis, sehingga perlu berhati-hati saat pemasangannya. Mengingat bahan yang mudah untuk rusak atau penyok ketika dipasang. Oleh sebab itu, disarankan untuk melapisinya dengan alumunium foil.

Hal tersebut dilakukan agar bagian carport dapat menjadi sejuk dan nyaman. Fakta menariknya, lapisan resin mampu menciptakan permukaan yang bersih dan halus. Menjadikannya salah satu kanopi yang tahan terhadap karatan.

5. Kanopi Polycarbonate

Terakhir, kanopi paling populer salah satunya yaitu Polycarbonate yang di dalamnya mengandung bahan yang mirip dengan kaca. Bahan dasar material dari kanopi tersebut yaitu polimer spesial. Membuat tampilannya pun terlihat sangat jernih.

Apalagi bentuk aplikasinya yang tidak hanya mencakup rumah saja, tetapi hotel hingga tempat komersial lainnya.Pemilihan kanopi tersebut biasanya karena daya tahannya yang sangat baik. Mengingat material yang ada di dalamnya ringan, kuat serta tahan pecah.

Berkat banyaknya kelebihan itulah, kanopi polycarbonate banyak diminati. Pasalnya kini, para pengguna lebih mengutamakan kualitas dibandingkan kuantitas. Hal ini tentu berimbas pada jumlah produksi yang semakin meningkat, demi pemenuhan bagi yang membutuhkannya.

Demikianlah pembahasan terkait macam macam atap kanopi yang dapat diketahui. Setelah mengenal berbagai jenisnya, kini pelajari juga kanopi mana yang dibutuhkan. Jika sudah, maka lanjutkan pemilihan kanopi yang sesuai dengan kebutuhan dan selera.

 

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *