Sangat Penting, Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Plafon PVC

  • Suriyadi Kolomarsi
  • Jan 26, 2023
kelebihan dan kekurangan plafon pvc

Masalah mengenai plafon PVC pasti banyak yang belum tahu dan jarang didengar oleh banyak orang. Bukan mengenai harga yang jauh dari plafon berbahan triplek, namun lebih kepada kelebihan dan kekurangan plafon PVC ini.

Untuk yang sedang merencanakan proses pemasangan plafon dari PVC ini perlu dipahami jika bahan plafon ini memiliki kualitas yang terbilang baik. Untuk penjelasan lebih lanjutnya akan dijelaskan di bawah ini.

Kelebihan Plafon PVC

Sebelum pengguna ingin menggunakan plafon PVC ini sebaiknya kenali dulu apakah plafon tersebut cocok atau tidak, utamanya mengenai kelebihan dan kekurangan plafon PVC. Berikut bisa disimak terlebih dahulu terkait kelebihannya:

1. Tahan Lama dan Tidak Gampang Pecah

Kelebihan plafon PVC yang pertama yaitu plafon ini tidak mudah pecah. Jadi untuk yang akan membangun rumah atau memasang atap sangat disarankan menggunakan PVC ini.

Selain tidak mudah pecah, banyak sekali kelebihan-kelebihan yang dimiliki plafon PVC ini. Untuk pengguna yang masih belum pernah mengetahui apa itu PVC dijamin tidak akan rugi jika membeli plafon ini.

Selain itu, plafon PVC tahan lama dalam waktu jangka panjang. Bagi para penggunanya tidak perlu khawatir jika nantinya plafon ini cepat rusak karena pada dasarnya ini dibuat dengan menggunakan bahan khusus sehingga dijamin akan awet.

2. Pemasangan Tidak Memakan Waktu Lama

Kelebihan yang ketiga yaitu pemasangan yang tidak memakan waktu lama. Pemasangan plafon PVC ini tidak sama dengan plafon-plafon yang lain karena terbilang proses pemasangannya cukup cepat dan dijamin rapi.

PVC ini memiliki berat yang cukup ringan dan tidak akan menyulitkan para tukang bangunannya. Bisa dipastikan proses pemasangan tidak akan sampai lebih dari satu hari.

3. Plafon Mudah Dibersihkan

Dengan mudahnya dibersihkan plafon akan mempermudah para tukang bangunan sekaligus pemilik rumah. Yang nantinya jika pemilik rumah ingin membersihkan atap yang kotor atau berdebu tidak akan memakan waktu lama.

4. Motif Beragam Dan Desain Yang Menarik

Dengan motif beragam dan desain yang menarik ini, tentu akan sangat mempermudah dan menghemat biaya untuk mendesain plafon tersebut. Karena plafon PVC sudah tersedia dengan berbagai motif pilihan yang bisa disesuaikan.

Kekurangan Plafon PVC

Dibalik penjelasan di atas mengenai kelebihan dari plafon PVC, bahan ini juga memiliki kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan PVC yang dapat diaplikasikan pada langit-langit rumah.

1. Harga Relatif  Mahal

Kekurangan plafon PVC yang pertama yaitu harga yang relatif mahal. Pastinya banyak sekali dari penggunanya yang ingin menghemat biaya pemasangan plafon dengan menggunakan plafon PVC ini akan mengeluarkan biaya yang cukup banyak.

Untuk yang sedang menghemat biaya plafon, maka jenis PVC ini tidak disarankan untuk dijadikan sebagai bahan saat proses pembenahan rumah  atau pemasangan atap. Tentu pemilik rumah bisa memilih alternatif lainnya.

2. Plafon Yang Terlalu Ringan

Dengan bobot yang ringan, nantinya akan menyebabkan plafon tidak tersusun rapi. Kemungkinan jika pemasangannya tidak terstruktur dapat menyebabkan kerobohan pada atap rumah. Jadi, jangan melihat kelebihannya saja karena banyak sekali kekurangan  yang dimiliki plafon PVC.

3. Penggunaan Lem Berlebihan Membuat Plafon Terlihat Kotor

Penggunaan lem yang berlebihan nantinya akan membuat platform terlihat kotor. Nah di sini perlu diperhatikan juga saat proses pemasangan untuk pemilik rumah mengontrol bagaimana cara tukang memasang plafon.

Pastikan tukang menempelkan lem dengan benar, karena biasanya jika kelebihan lem nantinya plafon akan terlihat kotor dan tidak nyaman untuk dipandang. Tentu tidak ingin hal ini terjadi, bukan?

Demikianlah ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan plafon PVC khususnya pada rumah minimalis. Pengguna tidak perlu khawatir karena banyak sekali keunggulan dibandingkan kekurangan dari plafon PVC ini.

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *