Jenis Kusen Aluminium yang Populer dan Wajib Diketahui

  • Suriyadi Kolomarsi
  • Feb 24, 2023
jenis kusen aluminium

Bahan aluminium untuk kusen ternyata semuanya tidaklah sama, masing-masing produsen yang berbeda juga memiliki jenis yang berbeda. Mengetahui jenis kusen aluminium akan membantu untuk menemukan bahan sesuai kebutuhan.

Berbeda dengan jenis bahan atau material bangunan yang lain, jenis kusen ternyata dibedakan berdasarkan produsen pembuatnya. Hal ini karena kusen aluminium yang dihasilkan mempunyai ciri dan kekuatan yang masing-masingnya berbeda.

1. Kusen Aluminium Jenis Alcomexindo

Produsen kusen yang wilayah pembuatan dan operasinya berada di jawa barat ini telah menggunakan mesin canggih. Semua prosesnya dari peleburan, kemudian ekstrusi sampai ke bagian finishingnya diperhatikan dengan cukup mendetail.

Proses yang panjang dengan penggunaan mesin khusus serta pengawasan ketat inilah yang menjadikan kusen ini berkualitas. Meskipun tampilannya terlihat masih umum ketika membandingkannya dengan jenis lain maka akan melihat perbedaannya.

2. Kusen Aluminium Jenis YKK

Terkenal menghasilkan bahan kusen dari aluminium yang paling mahal harganya diantara jenis yang lain. Tentu saja hal ini karena kualitas kusennya yang sudah diakui di kalangan para penggunanya kusen tersebut.

YKK telah memiliki image produk yang baik bahkan sampai di kawasan asia selatan dan asean. Beberapa kelebihan dari kusen produksi dari YKK yang merupakan kelebihan dari  kusen aluminium meliputi.

  • Termasuk kategori yang ramah lingkungan.
  • Tahan dari keropos dan tidak mudah berkarat
  • Tidak gampang memuai maupun menyusut seperti kusen yang berbahan kayu.
  • Material aluminium telah diakui memiliki ketahanan terhadap cuaca.
  • Profil yang tebal pada kusen aluminium membuatnya lebih kuat dan tidak akan mudah penyok atau melengkung.
  • Kusen jenis YKK juga memiliki kelebihan yaitu dapat meredam suara.

3. Kusen Aluminium Jenis HP Metal 

Jenis kusen aluminium berikutnya datang dari produsen HP metal yang produksinya sudah dipakai di berbagai proyek bangunan. Kualitasnya tentu dapat dibandingkan dengan produk serupa yang juga kualitasnya telah diakui cukup mumpuni.

Produsen HP metal ini juga telah menghadirkan bahan kusen dari aluminium untuk bermacam kebutuhan pemakaian. Hal inilah yang membuat produsen ini sering dijadikan andalan ketika para arsitek hendak mencari kusen yang tepat.

  • Kusen aluminium untuk pintu sliding atau pintu geser.
  • Kusen berbahan aluminium khusus jendela biasa.
  • Jendela dengan gaya sliding.
  • Kusen aluminium pada pintu kasa nyamuk.
  • Bahan Aluminium pada kusen untuk pintu berjenis ACP.
  • Kusen pada pintu swing.

4. Kusen Aluminium Jenis Alko Mandiri

Jenis yang berkualitas dari kusen aluminium selanjutnya yaitu yang berasal dari Alko Mandiri yang juga sering diandalkan dalam berbagai proyek. Nilai yang dimiliki oleh produk dari produsen ini memang sangat bisa dijadikan pertimbangan.

Terkenal karena menawarkan harga yang sangat kompetitif dan cenderung lebih ekonomis tentu membuatnya cukup diperhitungkan. Dalam beberapa kondisi dalam dunia proyek bangunan kusen adalah bagian yang dapat dihemat agar biayanya tidak terlalu membengkak.

5. Kusen Aluminium Jenis Alakasa

Melanjutkan pembahasan kusen dengan harga yang kompetitif, berikutnya ada jenis dari Alakasa yang juga cukup kompetitif. Alakasa sendiri memiliki pilihan warna pada produk aluminiumnya seperti silver, hitam sampai coklat, kusen aluminium yang diproduksi meliputi.

  • Kusen berbahan aluminium untuk penyekat atau partisi.
  • Aluminium pada kusen pintu.
  • Kusen dari aluminium khusus untuk jendela.

Itulah  jenis kusen aluminium yang saat ini cukup populer dan telah sering digunakan dalam berbagai proyek. Bahan yang terkenal lebih kokoh dan awet serta pemasangannya yang cenderung mudah membuat kusen aluminium menjadi pilihan utama.

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *