5 Jenis Dak Rumah yang Harus Diketahui

  • Suriyadi Kolomarsi
  • Jun 02, 2023
jenis dak rumah

Saat akan membuat bangunan bertingkat, maka akan dikenal yang namanya dak. Sebelum melakukan pemilihan, tentu harus diketahui dulu jenis dak rumah ini secara menyeluruh. Jika sudah dipahami, maka proses penyesuaiannya akan lebih mudah.

Pada bagian ini akan dijelaskan lima jenis dak yang biasa difungsikan. Setiap jenis akan dipaparkan secara mendetail agar proses pemahamannya lebih mudah. Untuk detailnya, simak rincian yang diberikan sebagai berikut:

1. Dak Panel Lantai

Untuk jenis pertama, ada yang namanya dak panel lantai. Sebenarnya, jenis ini tergolong baru dan masih belum banyak difungsikan. Namun karena kelebihannya banyak, maka tidak heran jika tingkat kepopulerannya terus meningkat.

Dak ini dibuat dengan bahan baku berupa bata ringan. Biasanya, bahan ini sering dinamai dengan hebel. Karena dibuat dengan bata ringan, maka proses pemasangannya akan terkonsep lebih cepat dan tidak perlu menunggu lama.

Sedangkan untuk aspek kekuatannya, dak ini juga masih tergolong kuat. Asal pemasangannya dilakukan oleh profesional dan dengan perhitungan pas, maka dijamin tidak akan ada hambatan yang muncul dalam prosesnya.

2. Dak Beton Konvensional

Pada jenis kedua, ada yang namanya dak beton. Jenis ini termasuk yang paling dikenal oleh banyak orang dan sering difungsikan. Bahkan sampai saat ini, dak jenis ini masih dipercaya banyak pihak karena kekuatannya.

Betonnya sendiri dibuat dengan bahan pasir, semen, serta kerikil. Kemudian akan dipasang dengan rangka besi agar lebih kuat. Jadi strukturnya sudah dibuat sedemikian rupa secara menyeluruh sehingga tidak mudah rusak.

Namun sayangnya, waktu pemasangan untuk dak ini jauh lebih lama. Proses menunggu dak kering bisa memakan waktu sampai 25 hari. Jika dibandingkan dengan jenis pertama, maka jenis beton ini akan jauh lebih memakan waktu.

3. Dak Keraton

Jenis dak rumah selanjutnya dinamai dengan keraton. Dak keraton ini berbahan dasar keramik dengan susunan yang sudah dibuat dengan kekuatan tertentu. Jadi meskipun bahannya keramik, namun kekuatannya tidak kalah dengan yang lain.

Namun untuk membuatnya, diperlukan tenaga ahli untuk melakukan proses penyusunan rangkaian yang presisi. Proses ini juga akan memakan waktu lama karena proses pertimbangannya juga harus dilakukan dengan baik.

Sedangkan dari sisi tampilannya, maka dak ini lebih menarik dan indah dibandingkan yang lainnya. Bobotnya juga tidak terlalu besar sehingga struktur bangunan akan lebih aman dan tidak perlu takut terlalu berat.

4. Dak Metal

Biasanya, dak metal dinamai dengan pelat baja. Jenis yang satu ini juga banyak difungsikan karena dianggap sangat kuat. Hal ini sudah terbukti dengan banyaknya bangunan bertingkat dengan pemilihan dak ini sebagai fokus utamanya.

Pada proses pemasangannya, dak metal akan disusun dengan bentuk bergelombang dan tonjolan. Hal ini tidak dibuat tanpa alasan, karena bentuk bergelombang bisa membuat beton tetap kokoh. Pergeseran juga tidak terjadi sehingga aman untuk bangunan.

5. Dak Bondek

Untuk jenis terakhir, ada yang namanya dak bondek. Sebenarnya, dak ini merupakan hasil inovasi dari jenis beton konvensional. Secara struktural, dak ini fungsinya sebagai bekisting atau pengganti papan kayu.

Penggunaan dak ini dinilai lebih ramah lingkungan karena bisa dipakai berkali-kali. Penghematan juga bisa dilakukan seminimal mungkin sehingga pengeluaran untuk pembangunan bisa dipangkas dengan lebih banyak.

Demikianlah deretan jenis dak rumah yang bisa dipilih serta difungsikan. Setiap jenis memiliki karakteristik dan perbedaannya masing-masing. Oleh karenanya, pastikan untuk mendalaminya secara menyeluruh agar proses pemilihannya mudah.

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *