Tips Menata Dapur Minimalis Ukuran 2×3 untuk Kesan yang Lebih Lega

  • Suriyadi Kolomarsi
  • Mar 08, 2023
dapur minimalis ukuran 2x3

Keterbatasan lahan hunian masa kini berdampak pada ukuran setiap ruangan termasuk dapur. Namun, ada tips menata dapur minimalis ukuran 2×3 yang dapat membantu memberikan kesan tidak sempit. Pemilik rumah hanya perlu memperhatikan serta menerapkan tips tersebut.

Keberadaan dapur pada sebuah hunian memang menjadi poin penting bagi sebagian orang. Apalagi bagi Ibu Rumah Tangga. Untuk itu, perlu penataan yang tepat agar mendapatkan kenyamanan. Beberapa tips yang bisa dilakukan untuk penataan tersebut yakni:

1. Memperhatikan Lokasi Dapur

Lokasi dapur perlu diperhatikan karena letak dapur bisa berbeda-beda pada setiap hunian. Ada dapur yang terletak menyatu dengan ruang lainnya seperti ruang makan, taman di dalam atau luar ruangan dan sebagainya.

Dengan memperhatikan lokasi dapur tersebut, tentu dapat melakukan langkah berikutnya yang masih berkaitan dengan tahap awal ini. Misalnya, berkaitan dengan tema, pencahayaan, serta hal terkait lainnya dalam penataan dapur pengguna.

2. Menentukan Tema Dapur

Beragam desain dapur minimalis ukuran 2×3 bisa diterapkan sesuai dengan keinginan serta kondisi dapurnya sendiri. Tema atau konsep desain yang ditentukan sedari awal dapat membantu untuk melengkapi komponen lainnya dalam penataan.

Pemilik rumah dapat memilih penggunaan beberapa material yang mendukung dengan tema dapur yang diinginkan. Misalnya, adanya unsur batuan alam, kayu dan lain-lain yang sesuai dengan tema yang diusung dapurnya.

3. Menyesuaikan dengan Anggaran Biaya Pengguna

Meskipun ukurannya tidak terlalu luas, tetapi dalam perencanaan serta pengeksekusian penataan dapur tersebut ada baiknya tidak menyepelekan masalah biaya. Jangan sampai dalam pemenuhan komponen pelengkap penataan, justru melebihi anggaran biaya pengguna.

Jadi, masalah budgeting tersebut harus dipersiapkan dengan baik sebelum membeli keperluan penataan dapur. Tujuannya tentu agar tidak terjadi pemborosan dana untuk hal yang tidak begitu dibutuhkan.

4. Memilih Furniture atau Perabotan yang Tepat

Pemilihan furniture atau perabotan harus dilakukan dengan tepat. Pemilik rumah harus menyesuaikan ukuran dan jumlah perlengkapan tersebut agar tidak melebihi kapasitas ruang dari dapur yang tidak luas itu.

Zaman sekarang juga banyak perlengkapan dapur yang memiliki fungsi rangkap agar meminimalisir penggunaan barang-barang yang berlebihan. Misalnya, kitchen set atau kabinet pada dapur yang dapat berfungsi menaruh peralatan dapur sekaligus stok makanan dan sebagainya.

5. Melakukan Pemilihan Warna yang Sesuai

Warna yang dipilih dapat disesuaikan dengan tema yang diinginkan pengguna. Pemilihan warna yang sesuai dapat membantu memberikan kesan yang luas, bersih serta nyaman pada tampilan dapur pengguna.

Penggunaan warna netral seperti putih untuk hunian, termasuk dapur, biasanya banyak dipilih pada cat karena dapat memberikan kesan luas dan terang. Terkait pemilihan warna untuk furniture atau perabotan di dapur lainnya, juga dapat disesuaikan.

6. Mengatur Peletakan Barang

Peletakan barang dalam penataan dapur juga harus diatur dengan tepat. Jika tidak, kesan penuh sesak akan semakin menambah kendala dari luas dapur yang sempit tersebut. Penyusunan peralatan dengan tepat juga dapat memberikan kesan rapi.

Sebaiknya, barang-barang yang mudah pecah dan berpotensi bahaya lainnya juga diletakkan di bagian yang sulit dijangkau anak-anak agar tidak berisiko. Hal tersebut merupakan fungsi lainnya dari pengaturan peletakan barang yang tepat.

7. Memperhatikan Unsur Pendukung Lainnya

Unsur pendukung lainnya yang perlu lebih diperhatikan adalah pencahayaan. Ada baiknya sumber pencahayaan pada dapur yang tidak luas tersebut dicukupi oleh pengguna. Alternatif lainnya selain jendela misalnya dapat menggunakan skylight di bagian atasnya.

Selain itu, menambahkan komponen lain seperti cermin pada bagian tertentu di dapur tentu dapat menambahkan kesan luas. Pastikan menyesuaikannya dengan tema serta kondisi dapur yang ada.

Dengan mengetahui tips menata dapur minimalis ukuran 2×3, tentunya dapat menyiasati keterbatasan lahan hunian terutama pada ruangan dapur tersebut. Sehingga pada nantinya dapat memberikan kesan yang lebih luas serta mendapatkan kenyamanan dalam penggunaannya untuk aktivitas.

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *