Ternyata Cat dasar Pengganti Plamir Punya Fungsi Seperti Ini

  • Suriyadi Kolomarsi
  • May 20, 2023
cat dasar pengganti plamir

Melapisi dinding rumah dengan cat adalah hal yang penting dilakukan, selain membuat rumah lebih cantik ternyata cat rumah juga bisa melindungi dinding dari kerusakan. Cat dasar pengganti plamir biasanya digunakan sebelum mengaplikasikan cat utama. 

Cat dasar pengganti plamir kini mulai digunakan karena dinilai memiliki fungsi yang sama. Berikut ini beberapa fungsinya:

1. Menutupi Noda dan Pori di Dinding

Cat dasar pengganti plamir umumnya digunakan dalam tujuan menutupi permukaan tembok yang didalamnya terdapat pori-pori baik itu kasar maupun halus. Jadi nantinya hasil pengecatan bisa tampak rata dan halus karena pori-pori sudah tertutup.

Noda yang menempel pada tembok juga sudah bisa tertutupi dengan cat dasar. Sementara plamir umumnya digunakan untuk melapisi tembok yang retak atau memiliki pori. Ada beberapa jenis tembok yang saat hasilnya jadi memiliki pori-pori yang cukup besar.

Contoh tembok yang memiliki ciri tersebut adalah tembok yang dibuat dari bata hebel dan jenis bata ringan lainnya. Hal ini membuat penggunaan cat dasar sifatnya jadi wajib agar permukaan lebih halus dan pori bisa disamarkan.

2. Mencegah Logam Alkali yang Timbul

Masalah umum yang seringkali dijumpai pada tembok bangunan adalah munculnya garam alkali. Ini adalah masalah yang serius karena bisa membuat permukaan dari tembok mengapur, menggelembung, dan muncul bercak yang membuat penampilan tidak indah.

Cat dasar sangat berguna untuk mengatasi hal ini karena bisa melindungi tembok. Nantinya tembok tidak akan terjadi reaksi alkali yang bisa merusak cat yang sudah diaplikasikan.

3. Sebagai pelapis Cat Tembok Gloss

Biasanya rumah akan mengalami beberapa kali pengecatan dalam waktu yang lama apalagi jika rumah sudah berdiri puluhan tahun. Jika sebelumnya tembok pernah di cat kemudian di cat ulang maka cat dasar sangat diperlukan agar cat yang baru bisa menempel dengan baik.

Sebelumnya sempat ramai penggunaan cat gloss yang membuat warna rumah tampak mengkilap. Sayangnya cat tipe gloss ini tidak mudah dilapisi dengan cat baru jika ingin berganti warna tembok.  Hal ini dikarenakan cat tembok glossy ini tipikalnya licin buat cat baru untuk menempel.

Jadi penggunaan cat dasar sangat efektif agar cat yang baru bisa menempel sebagai solusi yang baik. Jadi pemilik rumah tidak perlu repot-repot mengelupas cat gloss sebelumnya karena cat baru sudah bisa menempel berkat adanya cat dasar.

4. Memberi Lapisan Dasar

Cat dasar pengganti plamir cocok untuk memberi lapisan yang baik pada tembok sebelum ditimpa cat utama. Tidak semua tembok punya tekstur yang halus dan raya jadi agar permukaan tembok tetap baik maka cat dasar ini diperlukan.

Permukaan dinding yang sebelumnya kasar bisa lebih rata lagi. Jika tembok rata maka cat utama akan bisa lebih mudah mengaplikasikannya supaya penggunaan cat utama lebih efektif dan tidak mengeluarkan biaya tambahan karena kekurangan cat.

5. Membuat Warna Cat Lebih Baik

Cat dasar memiliki fungsi untuk melapisi dinding cat sebelum cat utama yang digunakan. Tujuannya adalah agar cat utama bisa menempel dengan sempurna ke dinding dan cat utama yang digunakan tidak terlalu banyak.

Selain itu jika memiliki dasar terlebih dahulu sebelumnya, warna dari cat utama bisa lebih bagus. Cat utama akan lebih sempurna dan menghemat penggunaan cat. Alhasil saat diaplikasikan terlihat lebih sempurna dan warnanya lebih keluar.

Begitulah sedikit informasi mengenai cat dasar pengganti plamir yang punya banyak fungsi. Sebenarnya penggunaan cat dasar atau plamir sama baiknya, namun cat dasar punya fungsi yang lebih banyak.

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *