Inilah 7 Cara Pemasangan Lantai Vinyl Dengan Benar

  • Suriyadi Kolomarsi
  • Jan 20, 2023
cara pemasangan lantai vinyl

Saat ini, lantai vinyl mulai banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, hal itu karena motifnya yang sangat beragam dan menarik. Cara pemasangan lantai vinyl juga tidak susah seperti kebanyakan orang pikirkan, melainkan sangat mudah dilakukan.

Lantai vinyl banyak digunakan karena mempunyai daya tahan yang kuat sehingga tidak mudah rusak, selain itu pemasangannya juga mudah. Sehingga terkesan praktis dan mudah penggunaannya. Lalu bagaimana cara memasangnya? Berikut paparan lebih jelasnya

1. Menentukan Tata Letak Lantai

Sebelum memasang lantainya, tentu harus menentukan terlebih dahulu tata letak atau layoutnya, bahkan langkah ini wajib dilakukan sebelum membeli lantainya. Karena jika sudah mengerti tata letaknya maka akan mudah menentukan jenis dan jumlah lantainya.

2. Menyesuaikan Ukuran Lantai

Langkah berikutnya yaitu harus mengukur ukuran lantai yang akan dipasang vinyl. Pemilik rumah wajib mengukur dimensinya dengan memakai meteran. Barulah nantinya akan tahu berapa jumlah lantai vinyl yang dibutuhkan.

Ketika hendak membeli, maka diwajibkan untuk melebihi dari jumlah yang dibutuhkan, karena akan digunakan sebagai cadangan bila terjadi kesalahan pemasangan.

3. Membersihkan Ruangan

Setelah mengukur dan membeli lantai vinyl yang diperlukan, tentu juga harus membersihkan seluruh lantai ruangan yang akan dipasang vinyl. Pastikan semua permukaan lantai telah disapu dan dipel untuk membersihkannya dari debu yang menempel.

Kemudian setelah bersih, silahkan untuk mengeluarkan barang-barang sesuai kebutuhan dan juga melepaskan engsel pintu sementara selama proses memasang lantai vinyl. Hal tersebut akan membuat pemasangannya nanti berjalan dengan mudah dan maksimal.

4. Mengisi Bagian Kosong Keramik

Jika lantai yang akan dipasang vinyl telah berkeramik, maka pemilik rumah harus mengisi bagian kosong (sela-sela) keramik dengan compound. Hal tersebut untuk mencegah permukaan vinyl yang bergelombang akibat sela-sela yang kosong.

Ratakan compound pada seluruh sela-sela keramik pada ruangan lalu tunggu hingga kering. Jika sudah mengering dengan sempurna maka dapat dilanjutkan pada tahap berikutnya.

5. Meletakkan Dengan Terbalik

Cara pemasangan lantai vinyl selanjutnya adalah dengan meletakkannya dalam keadaan yang terbalik. Cukup lebarkan vinyl ke seluruh bagian ruangan dan menyesuaikan pada setiap sudutnya. Hal ini dilakukan agar memastikan vinyl dapat terpasang secara merata.

Selanjutnya tuangkan lem secara merata pada bagian kecil vinyl. Pastikan pemberian lem telah merata, agar permukaan lantai tidak bergelombang.

6. Melakukan Pemasangan Vinyl

Setelah lem telah diberikan dengan merata, angkat permukaan bawahnya lalu putar balikkan menjadi bagian atas. Setelah menempel pada lantai, pukul-pukul secara perlahan dengan palu agar dapat menempel dengan sempurna.

Jangan lupa untuk menyiapkan lap kain basah untuk membersihkan sisa lem pada permukaan atas lantai vinyl. Pada tahap ini, pastikan untuk melakukannya dengan sabar hingga seluruh bagian terpasang dengan sempurna.

7. Melakukan Finishing

Langkah berikutnya adalah sedikit merapikan pada bagian ujung-ujung lantai vinyl. Gunakan cutter untuk memotong ujung vinyl yang kelebihan (terlalu panjang) dan lakukan pemotongannya dengan rapi. Karena akan sangat berpengaruh pada hasil akhir.

Tahap yang terakhir adalah finishing. Yaitu memperhatikan apakah semua lantai sudah terpasang dengan baik dan tidak bergelombang. Jika terdapat yang bergelombang maka tambahkan sedikit lem lalu pukul-pukul kembali hingga rata.

Jika dirasa semua sudah terpasang dengan baik dan rata, maka dapat memasukkan kembali barang-barang ke dalam rumah. Ingat, masukkanlah dengan perlahan agar tidak merusak permukaan lantai vinyl.

Itulah cara pemasangan lantai vinyl dengan benar dan mudah. Lakukan setiap tahapnya dengan teliti agar menghasilkan hasil akhir yang rapi dan enak saat dipandang. Jangan lupa melakukan beberapa perawatan pada lantai vinyl agar menjadikannya awet.

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *