Begini Cara Pemasangan Keramik Dinding yang Mudah dilakukan

  • Penulis Kolom
  • Jan 31, 2023
cara pemasangan keramik dinding

Pemasangan keramik untuk hunian tidak sebatas pada lantai saja, melainkan dapat dilakukan pada dinding. Cara pemasangan keramik dinding pun bisa dilakukan sendiri tanpa menggunakan jasa tukang bangunan. Tentu dengan tetap memperhatikan tahapan yang sesuai.

Keramik sendiri memang sudah menjadi salah satu bagian yang biasanya tidak terlewatkan dalam pembuatan atau pembangunan sebuah tempat. Bukan hanya berfungsi sebagai bahan material alas lantai atau dinding, tetapi juga untuk keindahan. Berikut cara pemasangannya:

1. Menentukan Keramik

Tahapan pertama yang harus diperhatikan untuk pemasangan keramik adalah menentukan keramik yang akan digunakan. Begitupun dalam hal cara pemasangan keramik dinding.

Penentuan keramik dapat dilakukan dengan menyesuaikan model atau motif yang diinginkan. Kemudian, ukuran keramik yang digunakan juga bisa disesuaikan dengan tempat atau ruangan yang akan dilakukan pemasangan material tersebut.

2. Mempersiapkan Alat dan Bahan

Tidak hanya keramik yang menjadi poin penting untuk ditentukan, alat dan bahan lain yang bisa menunjang pemasangannya juga perlu dipersiapkan. Tanpa alat dan bahan yang lainnya tentu pemasangan keramik tidak akan bisa dilakukan.

Alat dan bahan lainnya yang bisa dipersiapkan di antaranya seperti: paku, benang, meteran ukur, semen, pasir, air dan sebagainya. Semua peralatan dan bahan yang diperlukan sebaiknya dilengkapi sesuai kebutuhan.

3. Melakukan Perendaman Keramik Terlebih Dahulu

Perendaman keramik terlebih dahulu sebelum proses pemasangan, dilakukan dengan tujuan untuk menyalurkan air dengan keramik serta pori-pori yang terdapat pada material tersebut. Selain itu, supaya bisa menyatu dengan bahan perekat keramik nantinya.

Lama proses perendaman keramik pada air biasanya sekitar 15 menit hingga 30 menit. Dapat disesuaikan juga dengan ukuran serta ketebalan keramik dan jumlah keramik yang direndam. Lakukan perkiraan dengan melihat material keramiknya langsung.

4. Memastikan Faktor Lainnya

Sebelum memulai pemasangan keramik, beberapa faktor lainnya yang dapat membantu bisa dipastikan dengan baik. Misalnya, membuat patokan garis pemasangan keramik dengan benang dan paku. Baik secara vertikal maupun horizontal pada media yang akan dipasang keramik.

Selain itu, hal yang perlu dipastikan adalah komposisi perekat keramik. Perbandingan yang dibuat dalam pencampuran bahan-bahan perekat keramik seperti air, semen dan pasir harus sesuai agar keramik dapat terpasang dengan baik.

5. Memasang Keramik

Proses pemasangan keramik dilakukan setelah mempersiapkan dan melakukan tahap-tahap sebelumnya. Keramik yang telah direndam dan ditiriskan, bisa dipasang pada dinding yang telah dioleskan bahan perekat keramik yang telah dioleskan pada dinding.

Biasanya, pemasangan tersebut dilakukan dari bagian dinding paling bawah terlebih dahulu. Kemudian, dapat diratakan dengan mengetuk-ngetuk keramik menggunakan palu karet. Pastikan untuk melakukannya dengan teliti dan hati-hati agar hasil pemasangannya bisa maksimal.

6. Melakukan Tahap Finishing

Bagian akhir adalah tahap finishing. Proses penyelesaian akhir ini dapat dijadikan juga sebagai langkah pengecekan jika ada kekurangan pada proses pemasangan keramik yang telah dilakukan.

Dalam tahap ini, bersihkan bagian-bagian keramik yang kotor menggunakan spons atau bahan dan alat pembersih lainnya. Bisa juga dengan melakukan pengisian nat keramik atau pengisian jarak antar keramik dengan bahan yang sesuai.

Pengisian nat keramik dapat dilakukan dalam jangka waktu beberapa hari setelah proses pemasangan keramik. Tujuannya selain untuk mengisi jarak yang renggang, juga bisa menjadi perekat tambahan antar keramik agar lebih kuat.

Dengan mengetahui cara pemasangan keramik dinding, maka siapa pun bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan tukang bangunan. Tentu hal tersebut dapat menghemat pengeluaran dengan tetap mengikuti tahapan yang sesuai atau baik dan benar.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *