Cara Pasang Plafon Gypsum dengan Baik dan Benar!

  • Suriyadi Kolomarsi
  • Feb 03, 2023
cara pasang plafon gypsum

Plafon Gypsum belakangan ini banyak dipilih untuk pembangunan rumah. Bukan tanpa alasan plafon Gypsum banyak dipilih, cara pasang plafon Gypsum yang mudah jadi salah satu alasannya. Berikut bagaimana cara yang bisa diikuti dengan baik dan benar!

1. Mengukur Garis Ketinggian Langit-Langit

Cara pasang plafon Gypsum yang mudah, membuat plafon jenis ini banyak digunakan. Cara pertama yang harus dilakukan sebelum memasang plafon Gypsum adalah mengukur garis ketinggian langit-langit yang akan dipasang plafon.

Pengukuran ini bertujuan agar saat plafon dipasang jaraknya sama rata dan tidak miring. Untuk mengukur plafon, pengguna memerlukan meteran dan waterpass.

Meteran digunakan untuk mengukur tinggi langit-langit, sedangkan waterpass digunakan untuk mengukur rangka hollow dan papan Gypsum di setiap permukaan. Berikut ini langkah mengukur garis ketinggian langit-langit:

  • Buat titik di tiap sudut langit-langit yang telah diukur dengan meteran menggunakan waterpass.
  • Kemudian, tarik satu garis lurus dari titik satu ke titik yang lain menggunakan pensil.
  • Jangan lupa untuk selalu perhatikan garis elevasi yang terbentuk di dinding rumah.
  • Selanjutnya, pastikan garis sudah lurus. Garis elevasi berguna untuk panduan pemasangan hollow dan plafon Gypsum.

2. Melakukan Pemasangan Wall Angle

Setelah langit-langit diukur, cara berikutnya yaitu pemasangan wall angle untuk menopang plafon Gypsum yang akan dipasang. Pasang wall angle pada garis lurus yang telah ditarik sebelumnya, pastikan wall angle benar-benar pada garis lurus agar presisi plafon sama.

Setelah wall angle terpasangkan dengan lurus, pengguna dapat memaku dengan kuat wall angle yang dipasang dengan menggunakan paku beton 2-3 cm ataupun dengan sekrup yang dibor.

3. Melakukan Evaluasi Pengukuran Langit-Langit Ruangan

Setelah mengukur tinggi langit-langit dan wall angle telah terpasang, selanjutnya adalah mengevaluasi pengukuran langit-langit kembali. Tujuannya agar saat plafon dipasang tidak terjadi salah ukuran yang dapat menyebabkan plafon tidak simetris.

Langkah tersebut harus dilakukan untuk mengukur langit-langit ruangan agar sesuai dengan Gypsum yang akan dipasang. Berikut penjelasan langkah-langkahnya:

  • Beri tanda dengan pensil pada wall angle dari pinggiran dinding dengan jarak 60 cm.
  • Ulangi hal ini pada semua dinding ruangan yang akan dipasang Gypsum.

4. Memotong Rangka Ukuran Panjang Hollow

Tahap selanjutnya adalah pemotongan rangka hollow. Pengguna dapat memotong rangka hollow sesuai dengan ukuran langit-langit ruangan yang telah diukur sebelumnya. Pengguna dapat memotong rangka hollow dengan menggunakan gunting seng.

5. Melakukan Pemasangan Bentangan Hollow Tengah dan Atas

Setelah rangka hollow dipotong sesuai ukuran, selanjutnya pengguna perlu memasang rangka tersebut pada langit-langit. Pasang hollow pada sisi atas wall angle, kunci dengan sekrup dan dibor.

Setelah pemasangan hollow tengah selesai, selanjutnya adalah pemasangan hollow atas untuk mengunci agar hollow tengah tidak goyang. Jika hollow tengah diukur mengikuti panjang dinding, maka hollow atas ini dilakukan pada sisi lebar dinding.

6. Buat Rangka Penggantung Plafon dan Finishing

Barulah selanjutnya buat gantungan rangka hollow atas bawah ke rangka langit-langit ruangan. Gantung dengan kawat atau potongan hollow. Tiap gantungan berjarak 80 cm, sekrup pada setiap gantungan dengan bor agar kuat dan tidak goyang.

Setelah selesai, maka pengguna dapat memasang plafon Gypsum. Pastikan ukuran sudah sesuai, pasang dengan menggunakan sekrup pada rangka hollow atas dan bawah. Setelah semua plafon Gypsum terpasang, maka dapat melakukan pendempulan dan pengecatan.

Itu dia ulasan mengenai cara pasang plafon Gypsum dengan baik dan benar. Memang tidak sulit untuk memasang plafon Gypsum sendiri, tetapi ada baiknya untuk menyerahkan hal ini pada yang lebih profesional agar pemasangan dapat sesuai dengan standar.

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *